Mengisi Kemerdekaan Indonesia: Bantu Saudara Sebangsa dengan ST005

Dirgahayu Indonesia, Dirgahayu Tanah Airku!

Bulan ini kita memperingati kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74. Meski sudah berusia 74 tahun, masih banyak tantangan yang dihadapi masyarakatnya. Salah satunya adalah infrastruktur yang belum merata. Masih banyak wilayah yang belum tersentuh pembangunan infrastruktur seperti jalan tol, jalur kereta api, sumber air, tempat ibadah, hingga gedung perkuliahan. Ketertinggalan tersebut akan menghambat perkembangan ekonomi maupun sumber daya manusia, khususnya anak-anak. Mereka adalah masa depan bangsa kita.

Sebagai warga negara, tentu kita tidak boleh berpangku tangan karena memajukan negara juga menjadi tanggung jawab kita semua, termasuk Anda. Mereka yang wilayahnya belum tersentuh pembangunan adalah saudara kita, saudara sebangsa dan setanah air. Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita peduli pada nasib mereka.

Pembangunan yang Belum Merata

Pembangunan infrastruktur yang tidak merata akan berdampak pada berbagai sektor. Pendidikan adalah salah satunya. Dengan kondisi jalan yang buruk, para siswa jadi kesulitan untuk pergi ke sekolah. Inilah yang dialami oleh puluhan siswa SDN 3 Sajira Kabupaten Lebak, Banten. Untuk pergi ke sekolah, mereka harus menggunakan rakit, karena jembatan gantung yang biasa mereka lewati kondisinya rusak parah. Setiap hari, siswa-siswa tersebut harus bertaruh nyawa untuk mengenyam pendidikan.

Tak hanya jembatan, kondisi fasilitas pendidikan lainnya banyak yang rusak. Dari sekitar 1,7 juta ruang kelas di Indonesia, 1,2 juta di antaranya tergolong rusak. Upaya renovasi banyak terhambat oleh kondisi geografis dan sulitnya akses transportasi. Fakta tersebut merupakan bukti bahwa keterbatasan infrastruktur dapat memengaruhi kelancaran pendidikan. Tak hanya sulit pergi ke sekolah, para siswa juga tidak nyaman karena terpaksa belajar di ruang kelas yang rusak.  

Keterbatasan infrastruktur akan mengancam masa depan dan potensi anak-anak bangsa. Kita bisa berpartisipasi untuk memperbaiki kondisi ini. Kepedulian Anda menentukan masa depan mereka!

Menggenjot Pembangunan

Kini, pemerintah sedang menggenjot pembangunan di sektor infrastruktur. Ini dilakukan agar semua warga negara dapat menikmati fasilitas dan kesempatan yang sama. Infrastruktur jalan yang baik akan memperlancar arus logistik, sehingga harga barang-barang kebutuhan lebih terkontrol. Bisnis-bisnis UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) akan tumbuh dan perekonomian di daerah tersebut akan berkembang.

Dengan membangun infrastruktur yang bagus, cerita pelajar yang bertaruh nyawa di SDN 3 Sajira, Lebak, Banten tidak akan ada lagi. Karena, sudah ada jembatan yang aman untuk diseberangi. Geliat ekonomi juga akan dirasakan oleh para orang tua siswa di daerah tersebut. Para orang tua jadi punya kemampuan untuk memberikan makanan bergizi bagi anak-anaknya. Fasilitas pendidikan yang baik, infrastruktur jalan memadai, dan makanan bergizi menjadi bahan bakar untuk meraih masa depan gemilang.

Partisipasi Kita

Republik Indonesia masih punya banyak pekerjaan rumah. Pemerintah telah bekerja keras agar warganya dapat menikmati berbagai fasilitas dengan layak. Namun, pemerintah perlu bantuan kita semua. Bagaimana caranya?

Anda bisa berkontribusi dengan membeli Sukuk Tabungan ST005. Sukuk Tabungan adalah produk investasi syariah yang ditawarkan pemerintah kepada individu Warga Negara Indonesia (WNI). Hasil penjualan ST005 akan digunakan untuk membangun infrastruktur seperti pembangunan jalan tol, jalur kereta api, sumber air, tempat ibadah, taman nasional, asrama haji, madrasah, taman nasional, laboratorium hingga gedung perkuliahan.

Selain berkontribusi, Anda juga akan mendapatkan imbal hasil mengambang (disesuaikan setiap 3 bulan) dan menguntungkan, yaitu sebesar minimal 7.40% per tahun, dan akan dibayarkan tanggal 10 setiap bulan. Sistem penjualan ST005 dilakukan secara online dan dapat diakses oleh pengguna Modalku.  Masa penawaran ST005 yaitu 8-21 Agustus 2019 (09.00 WIB). ST005 jatuh tempo pada tanggal 10 Agustus 2021.

Dengan membeli Sukuk Tabungan ST005, Anda sudah ikut membantu memperbaiki jutaan ruang kelas yang rusak, membangun jembatan, mengembangkan laboratorium, hingga membangun gedung perkuliahan. Ini menjadi wujud kontribusi Anda dalam mengisi kemerdekaan Indonesia. Tindakan Anda sangat berarti untuk masa depan anak-anak bangsa. Ayo, jadikan hidup lebih berarti dengan investasi!

Lihat juga: “Mengenal Surat Utang Negara”

Mau beli Sukuk Tabungan ST005? Caranya gampang, simak video di bawah ini!


Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Leave a Reply