Investasi yang Menguntungkan? Apa Saja Ciri-ciri yang Wajib Diketahui?

investasi yang menguntungkan

Berinvestasi adalah cara yang baik untuk bisa menghasilkan keuntungan dalam jumlah yang besar. Namun risiko untuk mengalami kerugian tidaklah kecil. Salah langkah, maka semua modal, waktu, dan semangat yang sudah Anda tuangkan akan menjadi sia-sia. Lantas, seperti apa ciri-ciri investasi yang menguntungkan? Ketahui informasi yang sangat penting tersebut hanya di sini.

Mengenal Ciri-ciri Investasi yang Menguntungkan

Berinvestasi merupakan salah satu cara yang cukup andal untuk bisa menjadi mandiri secara finansial. Hanya segelintir orang yang bisa memiliki penghasilan yang cukup untuk ditabung sebagai persiapan pensiun nanti. Uang yang hanya disimpan tidak akan mengikuti inflasi, apalagi tumbuh. Hal ini tentu akan merugikan Anda. Investasi adalah solusi bagi Anda untuk bisa mempersiapkan diri di kemudian hari.

Investasi memang salah satu cara yang menjanjikan dalam mempersiapkan masa depan Anda, namun perlu dipahami juga jika hal ini memiliki risiko tersendiri yang harus diperhatikan. Sebuah investasi bisa memberikan hasil yang Anda harapkan, sebaliknya juga bisa memberikan Anda hasil yang tidak diinginkan.

Perbedaan antara peluang investasi yang menguntungkan atau tidak akan terletak pada tingkat risiko dan seberapa besar peluang return yang akan bisa Anda dapatkan. Sebuah investasi yang baik akan memiliki kemungkinan sukses yang tinggi.

Tingkat risiko untuk suatu investasi juga harus rendah. Kerugian dan volatilitas adalah bagian dari berinvestasi. Sebuah investasi yang baik seharusnya hanya memiliki kemungkinan yang untuk kehilangan jumlah total yang diinvestasikan. Untuk jangka panjang, investasi tersebut harus bisa meningkatkan nilainya seiring dengan berjalannya waktu. Sedangkan itu, investasi jangka pendek harus memiliki tingkat keamanan dan likuiditas yang tinggi.

Untuk bisa memilih bentuk investasi yang menguntungkan, maka beberapa ciri di bawah ini akan bisa membantu Anda.

1. Hemat dari Segi Biaya 

Portofolio dengan biaya yang rendah dan bisa mencapai hasil yang diinginkan tentu menjadi salah satu ciri-ciri investasi yang menguntungkan. Jika portofolio Anda berharga lebih dari sekitar 0,20 persen untuk dimiliki, mungkin lebih baik memilih yang lain.

2. Efisien dari Segi Risiko. 

Risiko adalah sesuatu yang harus dihindari, terlebih ketika Anda harus menginvestasikan uang pada sebuah portofolio investasi. Untuk mengetahui kualitas dari investasi Anda, cari tahu berapa banyak pengembalian yang diharapkan dan seberapa besar kemungkinannya untuk bisa gagal. Investasi yang baik memberikan pengembalian yang diharapkan dengan risiko seminimal mungkin.

Baca Juga: 8 Prinsip bagi Investor Pemula dan Berpengalaman

3. Transparansi dari Segi Informasi. 

Anda harus memahami dengan jelas beragam hal mengenai setiap elemen yang ada di dalam investasi Anda dan apa yang seharusnya dilakukan. Dalam bisnis investasi, kepercayaan sangatlah mahal. Hal ini harus diperoleh dan kemudian diberikan dengan cermat dan jika benar-benar diperlukan.

4. Bisa Memberikan Anda Pemasukan

Ini adalah hal yang paling penting untuk memilih investasi yang menguntungkan. Jika dirasa investrasi Anda tidak bisa tumbuh dari segi nilai, maka mereka harus bisa memberikan yield. Bentuknya bisa berupa dividen saham, kupon obligasi atau pendapatan sewa dari properti.

Baca Juga: 3 Jenis Investasi Modal Kecil yang Menguntungkan

5. Terlindungi dan Teregulasi

Produk investasi apa pun harus menawarkan perlindungan bagi investornya. Ini berlaku untuk perusahaan, produk investasi, dan strategi. Bagaimana investasi Anda akan dilindungi dari penipuan, kebangkrutan, dan potensi risiko lainnya harus dipertimbangkan ketika memilih instrumen Anda. Perusahaan yang terdaftar di bursa harus menawarkan sejumlah perlindungan kepada pemegang saham.

Pertimbangkan Campuran Investasi yang Tepat

Memiliki lebih dari satu instrumen dalam portofolio investasi Anda akan bisa memberikan dampak yang berbeda daripada hanya fokus pada satu jenis aset saja. Hasil investasi bisa bergerak naik dan turun di bawah kondisi pasar yang berbeda. Investor dapat membantu melindungi diri dari kerugian yang signifikan dengan cara memiliki campuran investasi yang tepat. Kondisi pasar yang menyebabkan satu kategori aset berjalan dengan baik sering kali menyebabkan kategori aset lainnya memiliki pengembalian yang biasa saja atau bahkan lebih buruk. Dengan berinvestasi di lebih dari satu kategori aset, Anda akan mengurangi risiko kehilangan uang dan hasil investasi portofolio yang dimiliki secara keseluruhan akan lebih lancar. Jika hasil investasi satu kategori aset turun, Anda akan berada dalam posisi untuk mengatasi kerugian dengan hasil investasi yang lebih baik di kategori aset lainnya.

Baca Juga: Perbedaan Saham dan Reksadana yang Harus Diketahui Oleh Pemula

Selain itu, alokasi aset penting karena berdampak besar pada apakah Anda akan memenuhi tujuan keuangan yang diinginkan. Jika tidak berani mengambil risiko yang cukup dalam portofolio, investasi yang sedang Anda jalani mungkin tidak menghasilkan pengembalian yang cukup besar untuk memenuhi tujuan yang diinginkan. Mungkin selain berinvestasi dalam saham, reksa dana dalam bentuk obligasi mungkin bisa membantu dalam mencapai tujuan Anda.

Itulah beragam ciri dari sebuah investasi yang menguntungkan. Untuk berinvestasi tentu akan dibutuhkan modal. JIka dana Anda belum mencukupi, maka tidak ada salahnya meminjam dana tambahan di Modalku. Modalku adalah platform pendanaan online yang sudah mendapatkan izin oleh OJK serta telah mendapatkan berbagai penghargaan terbaik. Jadi tunggu apalagi?

Tinggalkan Balasan