Investasi Jangka Panjang Apakah Aman Untuk Anda?

investasi jangka panjang

“Apakah investasi jangka panjang aman?” mungkin menjadi pertanyaan yang banyak diajukan ketika ingin terjun ke dalam dunia investasi. Rasa aman inilah yang bisa menjadi salah satu faktor untuk bisa menentukan apakah seseorang ingin terjun untuk berinvestasi dalam jangka waktu yang panjang atau tidak. Faktor lain seperti masa depan yang masih menjadi misteri menjadi hal lainnya yang membuat banyak orang ragu. Namun, hasil yang besar juga akan menunggu Anda ketika memilih jenis investasi satu ini. Agar tidak ragu lagi dalam memilih investasi jangka panjang, maka beberapa informasi di bawah ini akan bisa membantu Anda.

Mengenal Investasi Jangka Panjang

Investasi jangka panjang adalah aset yang dimiliki oleh individu atau perusahaan untuk jangka waktu lebih dari tiga tahun. Instrumen yang biasa digunakan untuk jangka waktu yang cukup panjang adalah saham, real estate, uang tunai, dll. Investor jangka panjang akan mendapatkan tingkat risiko yang substansial dan mengejar pengembalian yang lebih tinggi untuk aset yang mereka pegang dalam jangka waktu yang lama. Fluktuasi pasar yang berlangsung sementara tidak akan bisa memengaruhi aset-aset investasi jangka panjang Anda. Namun, investasi tersebut dapat mengalami penurunan nilai untuk mencerminkan penurunan nilai pasar.

Keunggulan Dalam Berinvestasi Jangka Panjang

Agar bisa meyakinkan diri Anda untuk memulai investasi dalam bentuk ini, maka mengetahui beberapa kelebihan atau keunggulannya adalah langkah yang tepat. Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika memilih untuk berinvestasi dalam jangka waktu yang panjang ini. Beberapa keuntungan tersebut adalah sebagai berikut ini.

1. Mudah Untuk Dilakukan

Dengan berinvestasi dalam jangka waktu yang panjang, Anda tidak perlu khawatir harus mempelajari beragam gaya trading atau platform yang akan digunakan. Dengan jangka waktu yang panjang ini, secara otomatis Anda akan menjadi “passive trader”, biarkan uang Anda berkembang tanpa perlu memberi perhatian secara berlebihan terhadap keadaan pasar hingga waktu yang sudah Anda tentukan untuk menarik hasil dari investasi ini.

Baca Juga: Perbedaan Saham dan Reksadana yang Harus Diketahui Oleh Pemula

2. Tidak Memakan Waktu Anda

Salah satu keunggulan yang sangat berarti dari jenis investasi ini adalah Anda tidak perlu menghabiskan waktu setiap harinya untuk mengecek apakah portofolio Anda mengalami penurunan atau tidak.

3. Langkah Membangun Kekayaan yang Baik

Nilai investasi yang Anda tanam akan akan selalu meningkat seiring dengan berjalannya waktu, dengan catatan tidak ada kejadian yang sangat berpengaruh terjadi selama waktu investasi Anda berlangsung. Ini akan menjadi passive income yang baik untuk mempersiapkan diri Anda menghadapi masa pensiun nantinya.

Baca Juga: Apa Itu Investasi dan Beragam Hal Penting Lainnya yang Harus Kamu Ketahui

Beberapa Jenis Investasi Jangka Panjang

Ada beberapa jenis investasi yang cocok untuk dipegang dalam jangka waktu yang lama. Beberapa contohnya adalah:

1. Saham

Saham merupakan sebuah bentuk investasi di perusahaan tertentu dengan membeli sebagian kecil dari pendapatan dan aset perusahaan. Risiko dari berinvestasi dalam saham ada pada tingkat menengah hingga tinggi, karena walaupun ada potensi pengembalian yang tinggi, nasib sebuah saham akan sangat tergantung pada kinerja perusahaan.

2. Obligasi

Obligasi adalah bentuk pinjaman yang diberikan kepada perusahaan atau pemerintah. Jadi Anda akan meminjamkan uang dan kemudian penerbit obligasi akan membayar Anda kembali dengan bunga. Dibandingkan dengan sebagian besar investasi, obligasi umumnya dianggap kurang berisiko, tetapi memiliki tingkat pengembalian yang tidak terlalu tinggi.

Baca Juga: 6 Karakteristik Obligasi Negara yang Bisa Buat Anda Tertarik

4. Reksa dana

Melalui Reksa Dana, investor dapat membeli investasi berukuran besar dalam satu transaksi dengan mengumpulkan uang dari banyak investor yang kemudian dikelola oleh manajer dana profesional yang akan menginvestasikan dana yang terkumpul dalam bentuk saham, obligasi, dan aset lainnya.

Apakah Investasi Seperti Ini Aman?

Jawaban dari pertanyaan ini sebenarnya akan tergantung juga oleh instrumen yang Anda pilih. Contohnya apabila Anda memilih saham sebagai instrumen investasi. Saham memiliki tingkat pengembalian yang tinggi, namun membawa risiko yang cukup besar. Jika Anda lebih memilih untuk berinvestasi dengan reksa dana, maka risiko yang didapat tidak akan sebesar saham, tetapi tingkat pengembaliannya juga tidak terlalu tinggi. Penting juga untuk menetapkan kerangka waktu pada tujuan Anda agar bisa menentukan seberapa besar risiko yang harus ditetapkan untuk berbagai investasi Anda yang akan ditahan dalam jangka waktu yang lama.

Semua akan kembali pada bagaimana Anda membangun profil risiko. Pilihlah instrumen yang sudah Anda pelajari dan dirasa nyaman untuk dipegang dalam jangka waktu yang panjang. 

Namun secara umum, investasi jangka panjang merupakan opsi yang aman bagi Anda yang ingin menghindari inflasi atas aset-aset yang dimiliki. Dengan mengalihkannya menjadi investasi, maka Anda bisa terhindari dari inflasi.

Jika Anda memilih untuk berinvestasi dalam jangka panjang, maka salah satu tempat terbaik untuk melakukan investasi adalah melalui Modalku. Disini kamu bisa melakukan pendanaan online untuk membantu beragam UMKM yang ada di Indonesia, tentunya sudah mendapatkan izin oleh OJK serta telah mendapatkan berbagai penghargaan terbaik. Jadi tunggu apalagi?

Tinggalkan Balasan