Lebaran Sendirian? Ikuti 4 Tips ini Agar Lebaran Anda Tetap Bermakna!

Bagi perantau yang tinggal sendirian, menghadapi Ramadan sendirian sudah merupakan tantangan. Baik yang tinggal di rumah kost, apartemen, hingga kontrakan, yang paling dinanti oleh para perantau ini adalah berkumpul bersama keluarga ketika hari raya tiba. Namun, kini, untuk melindungi keluarga dan orang-orang terdekat di kampung halaman dari risiko tertular COVID-19, momen lebaran juga harus dihadapi sendirian. Maka dari itu, untuk Anda yang akan menghabiskan momen lebaran di perantauan, Modalku telah menyajikan 4 tips ampuh agar Anda tetap bisa merasakan momen lebaran walau sedang sendiri. Yuk, simak!

Ingat, Anda Tidak Sendirian!

Walaupun saat ini Anda sendirian, Anda harus ingat bahwa Anda tidak menghadapi keadaan ini seorang diri. Akibat larangan mudik, terdapat jutaan perantau yang akan menghabiskan hari raya di perantauan. Sebagian besar dari para perantau tersebut mungkin bernasib sama dengan Anda, yaitu harus menjalani lebaran sendirian. Maka dari itu, walaupun terasa sepi, tetaplah ingat bahwa pandemi ini dilalui bersama.  

Tetap Jalin Silaturahmi dengan Keluarga

Terpisah jarak dengan keluarga dan orang-orang terdekat bukan berarti silaturahmi tidak bisa Anda lakukan. Perkembangan teknologi kini telah memungkinkan Anda untuk bertatap muka jarak jauh dengan fitur video call. Manfaatkanlah teknologi ini semaksimal mungkin untuk tetap bisa bersilaturahmi dengan anggota keluarga dan kerabat dekat Anda ketika hari raya.

Selain keluarga, Anda mungkin juga merindukan makanan rumah yang biasa dinikmati di hari lebaran. Untuk mengobati rasa rindu tersebut, Anda dapat meminta keluarga di kampung halaman untuk mengirimkan makanan-makanan yang tahan lama seperti rendang dan kue kering. Tenang, hingga saat ini, jasa pengiriman makanan masih tersedia. Pastikan keluarga Anda selalu berhati-hati dan menerapkan prosedur keselematan diri dan orang sekitar seperti memakai masker, tidak menyentuh bagian wajah, dan selalu menjaga kebersihan tangan ketika melakukan proses pengiriman.

Tingkatkan Skill atau Temukan skill Baru

Jika Anda tidak memiliki kegiatan wajib yang harus dilakukan, seperti bekerja atau berkuliah, carilah aktivitas-aktivitas yang dapat membuat hidup Anda lebih produktif. Salah satunya adalah meningkatkan skill yang Anda miliki atau menemukan skill baru. Jika Anda hobi menulis, lanjutkan hobi tersebut dan mulailah untuk berlatih menulis berbagai macam tulisan, mulai dari tulisan kreatif hingga tulisan yang berbentuk kajian. Karya yang sudah Anda tulis juga akan sangat berharga jika Anda masukkan ke dalam portofolio Anda. Selain menulis, Anda yang memiliki bakat menggambar atau melukis juga akan memiliki lebih banyak waktu untuk mengasah kemampuan Anda. 

Merasa ada perubahan yang terjadi di pasar saham saat Ramadan tiba? Kenapa, ya? Temukan jawabannya di sini!

Selain meningkatkan skill yang sudah Anda miliki, Anda juga dapat menemukan skill baru. Jadikan waktu luang Anda selama libur lebaran sebagai momen untuk mencoba hal-hal baru, seperti memasak, bermain alat musik, hingga mengedit foto. Anda dapat memperoleh kemampuan-kemampuan baru tersebut melalui video tutorial di YouTube hingga kelas-kelas online gratis yang disediakan oleh berbagai komunitas. 

Lakukan Refleksi Diri

Setelah berhasil melalui bulan Ramadan dengan menunaikan ibadah puasa, memang saatnya bagi Anda untuk merayakan hari kemenangan saat lebaran. Pada hari lebaran di tahun-tahun sebelumnya, Anda banyak menghabiskan waktu bersama keluarga dan orang-orang terdekat. Seringkali, momen kebersamaan tersebut tidak memungkinkan Anda untuk melakukan refleksi diri atas tindakan dan perbuatan Anda satu tahun ke belakang. Jadikanlah lebaran tahun ini sebagai momen yang tepat bagi Anda untuk merefleksikan diri agar Anda dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi di masa depan. 

Anda dapat melakukan refleksi diri dengan cara-cara sederhana, misalnya dengan menuliskan hal-hal yang Anda syukuri hingga perbuatan-perbuatan yang Anda sesali. Jadikan daftar hal yang Anda syukuri sebagai penyemangat agar Anda tetap mensyukuri segala hal yang Anda bisa nikmati, dan jadikan daftar perbuatan yang Anda sesali sebagai pengingat untuk tidak melakukannya kembali.

Pusing hadapi krisis? Mulai kelola risiko bersama Modalku melalui artikel ini: “Optimis Hadapi Krisis, Pelajari Cara Kelola Risiko”


Hari lebaran yang dirayakan sendirian memang tidak akan seindah hari lebaran yang dirayakan bersama dengan keluarga dan orang-orang terdekat. Bagi Anda yang harus merayakannya sendiri, tetaplah ingat bahwa situasi pandemi ini kita lalui bersama. Maka, agar lebaran Anda tetap bermakna, lakukanlah hal-hal positif seperti bersilaturahmi dengan keluarga, merefleksikan diri, hingga membangun dan menemukan skill baru. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H untuk seluruh umat muslim di Indonesia!

Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan bunga menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini. Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

close

Dapatkan Info Terbaru dari Blog Modalku

Leave a Reply