Baru! Ini Serba-serbi Cara Daftar Bantuan UMKM 2023

cara daftar bantuan UMKM

Memulai usaha membutuhkan modal, dan sebagai pemilik UMKM, mungkin Anda kesulitan mendapatkannya. Tapi, jika Anda mencari lebih jauh, Anda akan menemukan berbagai bantuan yang tersedia untuk mendukung operasional UMKM. Pelajari daftar bantuan UMKM yang tersedia pada tahun 2023 dan cara mendaftarnya untuk memajukan bisnis Anda.

Wujud Bantuan UMKM dari Pemerintah

Peranan UMKM bagi kemajuan ekonomi sangatlah penting, dan pemerintah menyadari hal tersebut melalui daftar bantuan UMKM di bawah ini.

1. Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah satu program dalam daftar bantuan UMKM yang bertujuan untuk memperkuat modal usaha suatu bisnis kecil agar lebih cepat berkembang. Bagaimana cara kerjanya?

Pada dasarnya, pemohon KUR harus menyerahkan jaminan berupa objek tertentu atau usaha yang mereka jalankan. Lalu, mereka akan memperoleh pinjaman kredit bersubsidi dari bank maupun Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) yang bekerja sama dengan pemerintah.

Selain dari kredit, Anda juga dapat mencari investor untuk mengembangkan usaha

2. Subsidi program PEN

Juga dikenal sebagai Program Pemulihan Ekonomi Nasional, suntikan modal yang termasuk dalam daftar bantuan UMKM ini sangat populer pada era awal serta puncak Covid-19. 

Seperti yang sudah diketahui, pembatasan aktivitas untuk mencegah penularan penyakit tersebut sangat berdampak bagi operasional serta pendapatan bisnis kecil. Jadi, dengan adanya subsidi kredit hingga Rp10 miliar, pebisnis dengan track record yang bersih diharapkan tidak perlu gulung tikar karena pandemi.

3. Program BPUM

Berbeda dengan jenis bantuan lainnya yang ada di daftar bantuan UMKM, program Banpres Produktif untuk Usaha Mikro (BPUM) adalah pinjaman tunai yang bersumber langsung dari APBN pemerintah. Nominal yang dapat diperoleh pemohon juga lebih kecil dari wujud bantuan lainnya, tepatnya sekitar Rp1 sampai 2 juta. Maka dari itu, hanya pelaku usaha individu berskala kecil yang dapat memperoleh pinjaman ini.

Baca juga: Level Up Penjualan Toko Onlinemu Biar Cuan

Cara Daftar Bantuan UMKM

Anda harus mengikuti sejumlah langkah dari cara daftar bantuan UMKM untuk memperoleh tambahan modal bagi operasional bisnis. Sebelum memulai, pastikan Anda telah memenuhi syarat umum dari setiap program yang tersedia dalam daftar bantuan UMKM. 

Secara umum, Anda harus berkewarganegaraan Indonesia, tidak terdaftar sebagai aparat negara atau pegawai BUMN, serta tidak terikat oleh pinjaman bank maupun KUR yang sedang berjalan.

Kemudian, siapkan sejumlah berkas yang dibutuhkan seperti KTP, KK, NPWP, Nomor Induk Bisnis, dan surat bukti kepemilikan usaha mikro dari Dinas Koperasi dan UKM terdekat. Setelah mengumpulkan semua dokumen yang disebutkan, Anda cukup mengunjungi kantor Dinas Koperasi dan UKM terdekat untuk menyerahkan berkas pendaftaran. 

Terakhir, tunggulah beberapa hari sebelum mengecek status penerimaan di website khusus dan ikuti langkah-langkah yang tertera untuk mendapatkan bantuan dana.

Klik tombol di bawah ini untuk ajukan kredit usaha:

Ajukan Sekarang!

Alternatif untuk Bantuan UMKM dari Pemerintah

Karena situasi ekonomi saat ini sudah lebih baik dibandingkan dengan awal pandemi Covid-19, ada kemungkinan pemerintah akan menghentikan salah satu atau beberapa program dari daftar bantuan UMKM yang sudah disebutkan. Walaupun penghentian tersebut masih belum pasti, sebaiknya Anda berjaga-jaga dengan mempertimbangkan alternatif bantuan UMKM sebagai berikut.

1. Bantuan dari koperasi

Jika Anda menginginkan pinjaman tunai dengan bunga yang rendah serta pencairan yang cepat, bantuan modal dari koperasi simpan pinjam dapat menjadi bahan pertimbangan. Untuk mendapatkan bantuan ini, Anda harus mendaftar sebagai anggota koperasi terdekat dulu. Setelah pendaftaran Anda diterima, Anda dapat mengajukan pinjaman dengan mengumpulkan sebuah proposal bisnis yang menjelaskan rencana penggunaan dana tersebut.

2. Bantuan dari swasta

Jumlah perusahaan swasta yang memberikan bantuan modal untuk pengusaha kecil sekarang tidaklah sedikit. Jadi, Anda tidak akan kehabisan pilihan cara daftar bantuan UMKM. Jika Anda ingin mempertimbangkan solusi bantuan dari lembaga swasta, Anda harus mempersiapkan proposal yang menjelaskan garis besar serta kebutuhan bisnis Anda. Tidak hanya itu, Anda juga perlu memikirkan tentang imbal balik yang harus diberikan kepada perusahaan.

Baca juga: Mengapa Usaha Mikro Lebih Tahan Krisis?

3. Platform Pendanaan Digital

Anda juga bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk mendapatkan modal usaha sekaligus calon investor melalui platform pendanaan digital untuk UMKM. Di sini beberapa individu yang tertarik mendanai sebuah usaha akan menilai riwayat, pendapatan, serta risiko bisnis Anda sebelum memutuskan kesediaan mereka meminjamkan dana. Oleh sebab itulah persyaratan serta proses pendaftarannya juga relatif lebih sederhana dibandingkan dengan kredit pinjaman bank.

Cara daftar bantuan UMKM pada umumnya sangat mudah, sehingga Anda tidak perlu takut saat membutuhkan modal tambahan untuk memulai atau mengembangkan UMKM. Daftar bantuan UMKM yang tersedia dapat menjadi referensi untuk masa depan, tapi bagaimana jika Anda butuh solusi kredit modal usaha yang fleksibel dan 100% online? Modalku akan membantu Anda kapan saja. Klik tombol di bawah ini untuk ajukan kredit:

Ajukan Sekarang!

Dana yang akan Anda dapatkan sangatlah cukup untuk mempertahankan serta memajukan bisnis ke tahapan yang lebih tinggi. Dengan demikian, Anda bisa memanfaatkannya untuk mencukupi modal usaha yang ada.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi dana.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan