Saat ingin memulai bisnis, pastinya Anda membutuhkan banyak analisis dan pertimbangan. Anda harus jeli melihat peluang bisnis sehingga dapat memastikan bahwa bisnis yang akan Anda jalankan adalah usaha yang menjanjikan. Lalu, apa yang disebut sebagai peluang usaha dan bagaimana cara menganalisisnya menggunakan metode 5W + 1H? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!
Apa Itu Peluang Usaha?
Supaya Anda betul-betul memahami apa itu peluang bisnis, mari kita bedah dua kata ini secara satu per satu terlebih dahulu. Pertama, peluang dapat diartikan sebagai kesempatan yang memungkinkan seseorang untuk mencapai tujuannya. Sementara itu, usaha adalah daya yang dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Dengan begitu, peluang usaha artinya adalah peluang yang dimanfaatkan seseorang demi mencapai tujuannya.
Di sisi lain, peluang usaha juga bisa diartikan sebagai kesempatan yang hadir untuk memperluas atau memperlancar kegiatan ekonomi seseorang, khususnya dengan cara berbisnis. Oleh karena itu, peluang bisnis tidak bisa didapatkan hanya dengan bersantai saja. Anda perlu melakukan analisis agar dapat memperoleh peluang usaha yang menjanjikan dan dibutuhkan oleh sekitar.
Ingin mencoba peluang usaha baru? Perlu dana tambahan? Coba klik tombol di bawah ini untuk mendapat kredit usaha:
Mengapa Perlu Menganalisis Peluang Usaha?
Peluang bisnis itu harus dianalisis terlebih dahulu sebelum dijalankan, sebab usaha yang menjanjikan tidak lahir begitu saja tanpa adanya proses analisis mendalam. Makin mendalam hasil analisis Anda, makin baik pula pencegahan hingga penanggulangan yang dapat diterapkan.
1. Memastikan usaha layak dijalankan
Sebelum menyiapkan strategi pencegahan dan penanggulangan masalah, analisis peluang usaha dapat memberi Anda jawaban apakah bisnis yang akan dirintis ini punya masa depan baik. Saat bisnis memiliki demand yang bagus di pasaran, tandanya produk yang Anda hasilkan itu diperlukan oleh konsumen. Artinya, bisnis Anda punya masa depan karena memiliki calon pembeli yang akan mendukung kelancaran usaha Anda.
2. Melihat prospek usaha
Berbeda dengan poin sebelumnya, analisis peluang usaha di sini dapat menghasilkan informasi lebih detail mengenai potensi bisnis tersebut. Misalnya, dengan melakukan analisis bisnis, Anda jadi bisa mengetahui secara detail tentang kebutuhan dan keinginan pasar. Setelah itu, Anda pun dapat menentukan segmen pasar sendiri.
Segmentasi pasar yang tepat dapat membuat bisnis Anda punya pangsa pasar sendiri. Sehingga, dapat dikatakan bahwa usaha Anda tidak berdiri di kaki bisnis lainnya, melainkan memiliki identitas dan penggemarnya sendiri.
Nah, agar proses melihat prospek usaha ini bisa berjalan lancar, ada kebiasaan yang perlu diperhatikan oleh Anda selaku calon pengusaha. Pertama, perhatikan selera konsumen di sekitar. Kedua, jangan lupakan kebiasaan masyarakat. Setelah itu, barulah Anda bisa menentukan saluran distribusi terbaik sekaligus perkembangan teknologi yang paling pas.
Menganalisis Peluang Usaha dengan Metode 5W + 1H
Anda bisa melakukan analisis peluang usaha dengan metode 5W + 1H. Memangnya, seperti apa konsep metode satu ini? Sebelum masuk ke poin-poin spesifiknya, pahami dulu bahwa 5W + 1H itu kependekan dari What (Apa), Who (Siapa), Why (Kenapa), When (Kapan), Where (Di mana), dan How (Bagaimana). Berikut pengimplementasiannya jika dibuat dalam poin-poin pertanyaan.
- What – Sebelum mendirikan usaha, tanyakan diri Anda sendiri, apa jenis usaha yang ingin diambil atau diwujudkan? Bidang bisnis yang seperti apa yang menarik perhatian Anda dan dibutuhkan oleh sekitar?
- Why – Setelah tahu jenis usahanya, perdalam lagi dengan pertanyaan mengapa memilih usaha tersebut? Mengapa harus membukanya tahun depan, dan mengapa tempatnya harus ada di X?
- When – Tanyakan pula pada diri sendiri, kira-kira usaha tersebut kapan bisa dimulai? Apakah tahun ini juga, atau baru bisa dimulai tahun depan bahkan beberapa tahun kemudian? Lalu, berapa lama estimasi bisnis akan bertahan?
- Where – Selain waktu, perhitungkan juga soal pemilihan tempatnya. Untuk jenis usaha yang Anda pilih itu, di manakah lokasi usaha yang paling pas? Adakah opsi tempat lain yang tak kalah bagus?
- Who – Satu hal yang tidak kalah penting saat menjalankan bisnis adalah menentukan jumlah personel. Siapa saja yang akan terlibat dalam proses pembangunan usaha Anda? Lalu, keahlian seperti apa saja yang mesti dimiliki?
- How – Terakhir, tentukan usaha seperti apa yang akan dijalankan dan bagaimana proses produksinya. Misalnya, apakah usaha Anda bisa dilakukan dengan prinsip kerja tradisional, atau dengan memanfaatkan kemajuan teknologi?
Menganalisis peluang usaha adalah langkah yang sangat penting. Jika usaha Anda sudah menunjukkan tanda-tanda kelayakan, segeralah menyiapkan modal usaha. Untuk tambahan modal, jangan ragu untuk mengajukan kredit usaha di Modalku! Bersama Modalku, Anda bisa peroleh pendanaan untuk UMKM maupun UKM yang limitnya sampai Rp2 miliar! Cukup ajukan pendanaan secara online dan semuanya beres! Yuk, klik tombol di bawah ini:
Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!
Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan kredit modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi dana.
Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.
Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.
Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.