Ingin Mencari Peluang Usaha? Coba 6 Kreasi Bisnis Hamper Ini!

Bisnis hamper merupakan bisnis yang bisa Anda jadikan peluang di masa pandemi ini. Hamper atau parcel merupakan bingkisan kreasi yang biasa diberikan sebagai tanda terima kasih, ulang tahun, atau perayaan hari raya tertentu. Menurut CNN, popularitas hamper meningkat tajam di tengah pandemi Covid-19 yang melanda. Karena itu, bagi Anda yang sedang mencari peluang usaha baru, atau ingin mewujudkan ide jual online, hamper bisa dijadikan peluang bisnis karena jumlah permintaan yang banyak pada masa sekarang.

Lihat juga: Bisnis Lesu Akibat COVID-19, Simak 4 Tips Ini! 

Untuk memulai bisnis hamper, Anda harus kreatif dalam mengkreasikan apa saja barang-barang yang bisa dikemas dalam bentuk bingkisan. Berikut ide-ide mengenai barang apa saja yang bisa Anda jadikan hamper namun masih sesuai dalam budget Anda.

Hamper Makanan

Selama pandemi, orang-orang harus membatasi dirinya dalam berkegiatan di luar rumah. Hal ini menyebabkan terbatasnya jam operasional pada restoran dan rumah makan dikarenakan adanya kebijakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dari pemerintah. Karena itu makanan makin banyak dicari selama pandemi ini. Sebagai variasi dari makanan yang dijual, Anda dapat mengemas hamper berisi makanan yang tahan lama atau makanan kemasan.

Tak cuma dinikmati sendiri, banyak orang juga ingin berbagi kebahagiaan, semangat, atau sekedar menyambung persaudaraan melalui makanan. Saling mengirimkan makanan adalah kuncinya. Anda dapat mencari peluang usaha dalam situasi ini. Apalagi saat ini orang mengurangi frekuensi berkunjung karena pandemi, tentu saling mengirimkan hamper makanan bisa menjadi bisnis yang menarik. 

Jadi, gimana? Udah siap bisnis hamper makanan? Nah, biar bisnis kamu makin ngehits, kamu bisa dapatkan modal tambahan dari Modalku lho! Penasaran? Klik di sini. 

Vitamin untuk Hantaran, Mengapa Tidak? 

Imun yang kuat merupakan kunci untuk melawan virus Covid-19. Karena itu, permintaan akan vitamin mulai melambung tinggi dikarenakan khasiatnya. Anda bisa memanfaatkan hamper yang berisi vitamin dan obat herbal  lainnya seperti jamu-jamuan karena permintaan pelanggan akan barang tersebut terus mengalami peningkatan. 

Tingginya permintaan suplemen kesehatan bisa jadi peluang yang menarik. Jika, orang di luar sana sekedar menyediakan vitamin atau jamu, maka membuat bisnis hamper vitamin atau jamu menjadi pilihan yang menarik. Jadi, selain mendapat keuntungan, Anda juga membantu banyak orang membagikan kepeduliannya pada kerabat hingga kolega melalui hamper. Rindu mereka juga akan terobati karena kehadiran hamper tersebut. 

Peralatan Sanitasi

Selama pandemi ada alat yang harus dibawa jika Anda terpaksa untuk pergi meninggalkan rumah, yaitu alat-alat sanitasi. Alat-alat sanitasi sangat dibutuhkan untuk menjaga kehigienisan terutama untuk Anda yang harus sering bepergian. Pilih alat sanitasi dengan aroma yang menyenangkan seperti buah-buahan atau aroma bunga untuk hamper Anda. Selain alat sanitasi, Anda juga dapat mencampur isi hamper Anda dengan lotion atau sunscreen yang dapat melindungi kulit Anda selama bepergian atau beraktivitas di luar ruangan.

Alat Rumah Tangga

Kebutuhan akan alat rumah tangga mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini dikarenakan masyarakat yang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah sehingga konsumsi barang rumah tangga menjadi lebih tinggi dibandingkan biasanya. Alat-alat rumah tangga yang berguna dan tetap bisa Anda kemas dalam hamper yang rapi adalah pengharum ruangan, tisu, dan sandal rumah. Anda juga bisa mengkreasikan alat rumah tangga yang dipersonalisasi seperti handuk atau peralatan makan yang diberi nama.

Fashion

Lebih banyak waktu di rumah berarti lebih banyak waktu luang yang didapat. Banyak orang menggeluti hobinya di bidang fashion, terlebih lagi dengan bantuan sosial media seperti TikTok yang menyalurkan beberapa ide baru di dunia fashion sehingga pelanggan tertarik untuk mencoba berbagai macam fashion yang sedang populer. Ditambah lagi, dikarenakan social distancing yang mengharuskan masyarakat tetap berada di rumah, pelanggan dapat lebih leluasa mengeksplorasi fashion yang ada tanpa kecemasan akan adanya judgment dari orang lain mengenai selera fashion-nya.

Tanaman Artificial

Untuk memberi ucapan selamat kepada orang yang dituju, tanaman artificial adalah pilihan yang tepat karena tidak akan layu. Selain itu, tanaman artifical juga dapat lebih beragam sesuai dengan keinginan. Tanaman artificial banyak dipilih untuk menghias kamar salah satunya karena tren do it yourself yang sedang populer di TikTok. Tanaman artificial yang banyak dipakai untuk menghias kamar adalah monstera, aglaonema, dan bunga-bungaan.

Selain untuk hiasan kamar, tanaman artificial juga bisa diberikan sebagai hadiah lho! Kemas bunga artificial dalam bentuk bouquet untuk diberikan kepada pasangan atau teman Anda yang sedang berulang tahun. Bouquet tanaman artificial juga dapat diakali dengan menggunakan makanan kemasan yang dibentuk menjadi bouquet bunga. Bagi Anda yang sedang mencari peluang usaha baru, bisnis ini layak dicoba.

Buku

Karena adanya social distancing, maka buku adalah barang yang bisa dimanfaatkan dalam mengisi waktu luang. Saat ini di Instagram, buku-buku klasik preloved sedang banyak dicari karena kelangkaan buku tersebut serta harganya yang murah karena menggunakan sedikit modal. Komik-komik lama juga sedang meningkat permintaannya karena banyak yang bernostalgia melalui komik. 

Kreasikan buku dalam berbagai bentuk dan ukuran supaya hamper yang Anda kemas terlihat unik. Nah, untuk mencari pelanggan, cobalah untuk masuk ke dalam berbagai komunitas baca, klub buku, hingga komunitas pecinta komik. Mereka sangat berpotensi saling mengirimkan buku dalam kemasan hamper yang menarik. Tentu, selain jadi ide jual online yang menguntungkan, hamper buku juga sangat bermanfaat. 

Itulah kreasi hamper yang bisa Anda manfaatkan sebagai peluang bisnis online di tengah pandemi. Jangan lupa gunakan kreativitas Anda sehingga modal yang dibutuhkan untuk membuat hamper tidak melampaui batas. Jika Anda membutuhkan modal untuk memulai kreasi bisnis hamper Anda, Modalku dapat menawarkan solusi tersebut dengan klik di bawah ini.

Ajukan Pinjaman!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply