Memulai Bisnis Baru dengan 5 Peluang Bisnis Online Ini

Seiring perkembangannya teknologi digital, peluang bisnis online juga kian bermunculan. Kesempatan ini tentu menjanjikan, terutama bagi Anda yang memiliki keahlian atau pengalaman di bidang yang belum terlalu banyak diketahui secara umum, seperti trading saham atau forex, atau bidang-bidang populer lainnya seperti desainer, ilustrator, konsultan finansial, dan seterusnya. Berikut lima peluang bisnis baru yang bisa Anda coba.

Tahukah Anda? Bisnis Online Tak Cuma Jualan Lho? Info lengkapnya, klik di sini!

Menjual “Informasi”

Bukan menjual informasi secara harafiah, tetapi lebih kepada membagikan pengetahuan dan keterampilan akan subjek-subjek tertentu, apalagi jika jika Anda memiliki latar belakang khusus dan pengalaman yang cukup. Misalnya seperti Andhika Diskartes, seorang podcaster yang memiliki latar belakang konsultan finansial sekaligus trader yang membagikan pengetahuan dan keahlian melalui kanal podcast miliknya: Podcast Diskartes. Kanal podcast ini jadi saluran alternatif milik Diskartes untuk menunjukkan keahliannya sebagai konsultan sebelum orang memakai jasanya sebagai konsultan finansial mereka.

Jika Anda tidak tertarik di bidang keuangan, Anda bisa “menjual informasi” dari minat atau hobi Anda. Seperti contohnya kanal YouTube Cincy Nerd, seorang penggemar action figure yang membagikan informasi produk-produk mainan berkualitas, harga, dan cara mendapatkannya. Ia sukses setelah konsisten mengunggah video dari tahun 2015. Saat ini Cincy Nerd mendapatkan pendapatan dari iklan di videonya yang ramai ditonton.

Sebelum terjun menyelami peluang bisnis online baru, ketahui dulu lika liku dalam bisnis online

Affiliate Marketing

Affiliate marketing ini pada dasarnya mempromosikan produk atau jasa milik orang lain di platformnya sendiri secara digital. Praktik-praktik endorsing yang selama ini dilakukan oleh selebgram berjalan dengan prinsip affiliate marketing ini.

Namun sebelum Anda memulai bisnis ini, Anda harus membangun platform yang nantinya akan menjadi media jualan, bisa berupa website, YouTube, atau social media lainnya. Begitu platform Anda sudah memiliki visitors, followers, atau subscribers yang banyak dan loyal, Anda dapat menginisiasi bisnis baru ini.

Tentukan tema atau kategori produk atau jasa yang akan dipasarkan di platform Anda sedari awal, ada baiknya yang sesuai dengan profil personal branding Anda. Jika Anda adalah seorang pecinta kopi atau minuman kekinian, maka Anda bisa buat konten mulai dari sana. Atau misal Anda hobi make up, maka Anda bisa mulai membuat konten dengan me-review dan merekomendasikan produk kosmetik.

Jasa Konsultasi dan Pelatihan

Peluang bisnis baru lainnya adalah jasa konsultasi pelatihan, terutama yang dapat dilakukan dengan cara virtual (karena saat ini pandemi COVID-19 masih berlangsung). Jasa konsultasi tersebut dapat berupa konsultasi finansial (baik konsultasi untuk masalah finansial pribadi, keluarga, atau bisnis), konsultasi branding, digital marketing, hingga konsultasi rencana studi lanjut ke luar negeri. Sementara untuk jasa pelatihan, Anda bisa buka pelatihan bahasa asing, graphic design, video editing, penulisan ilmiah, atau penulisan naskah cerita fiksi.

Bermodalkan gadget, aplikasi, dan sambungan internet Anda dapat memulai peluang bisnis online yang satu ini dari rumah saja.

Layanan Digital Marketing

Digital marketing saat ini telah jadi bisnis baru yang digemari karena hampir semua orang sudah beralih ke aktivitas digital. Tidak heran kalau akan semakin dibutuhkan jasa-jasa third party untuk merealisasikan atau membuatkan strategi digital marketing. Ini peluang bisnis online yang baik buat Anda.

Lihat juga: “Ini Pentingnya Digital Marketing untuk Bisnis yang Anda Rintis”

Ada empat komponen penting yang setidaknya harus Anda ketahui dalam digital marketing, yaitu Search Engine Optimization (SEO), manajemen konten digital, manajemen media sosial, serta copywriting dan desain grafis. Keempat poin ini sudah cukup kuat bagi Anda untuk memulai bisnis baru layanan digital marketing.

SEO penting untuk memastikan search engine mengenali entitas bisnis yang sedang dipasarkan. Manajemen konten digital adalah proses kreatif untuk menciptakan jenis sajian konten. Manajemen media sosial untuk menentukan di platform mana dan dengan cara seperti apa marketing akan dilakukan. Sementara copywriting dan desain grafis penting untuk mengemas produk-produk pemasaran itu sendiri, mulai dari logo hingga visual konten.

Asisten Virtual

Bisnis baru yang terakhir adalah asisten virtual. Tidak seperti Google Assitant, tapi lebih kepada layanan yang dilakukan secara individu secara jarak jauh. Jadi tidak menjadi asisten langsung yang bekerja bersisian dengan klien Anda, tetapi membantu menyelesaikan pekerjaannya dari jarak jauh.

Pekerjaan-pekerjaan yang bisa dilakukan oleh asisten virtual seperti menyelesaikan dokumen-dokumen persyaratan atau perijinan dengan mendatangi kantor-kantor tertentu. Termasuk juga membuat presentasi kerja, laporan rapat, dan mengaturkan jadwal harian.

Belum banyak yang mempraktikkan ide bisnis yang satu ini dikarenakan kendala kepercayaan dan kontrak kerja. Biasanya Anda harus menyertakan sistem kerja yang jelas untuk dapat dipahami oleh pemakai jasa Anda nantinya seperti jam kerja yang disepakati, jenis-jenis pekerjaan yang disanggupi, serta lama durasi pengerjaan maksimum. Anda juga harus menentukan lewat media apa komunikasi nantinya berlangsung dan bagaimana sistem pembayarannya: apakah per jam atau per proyek.

Kelima ide bisnis baru ini masih perlu Anda sesuaikan lagi dengan kemampuan serta sumber daya yang Anda miliki sebelum dimulai, terutama modal untuk bisnis online ini.

Jika Anda mengalami kesulitan mendapatkan modal untuk mengembangkan bisnis online, Segera ajukan pinjaman usaha online di Modalku! Dapatkan pinjaman usaha online hingga Rp 500 juta, bunga mulai 2% per bulan dengan syarat mudah dan tanpa jaminan. Ayo klik link di bawah ini!

Ayo Pinjam Sekarang!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply