Bisnis Potensial yang Belum Banyak Dilirik di Saat Ramadan

Selama ini, Ramadan identik dengan pengeluaran yang membengkak karena adanya kebutuhan tambahan. Meski demikian, Anda tetap bisa mulai merintis bisnis di bulan Ramadan. Memang ada beberapa jenis usaha yang sangat menghasilkan saat Ramadan tiba, misalnya berjualan makanan atau minuman. Selain itu, ada juga beberapa bisnis potensial yang belum begitu banyak dilirik saat Ramadan, berikut di antaranya.

Lihat juga: “Mengapa Ramadan Cocok untuk Memulai Bisnis Mikro?”

Penyalur Pembantu Infal

Menjelang libur lebaran, banyak asisten rumah tangga (ART) yang mengajukan cuti untuk mudik ke kampung halamannya. Bagi keluarga yang terbiasa dengan keberadaan ART untuk mengurusi urusan rumah tangga, situasi tersebut tentu akan menyulitkan.

Ternyata hal ini bisa menjadi peluang bisnis yang sangat menguntungkan. Anda bisa menjadi agen penyalur pembantu infal (pengganti) untuk menggantikan ART yang mudik. Untuk sumber dayanya sendiri sebenarnya cukup banyak karena biasanya mereka tertarik dengan gaji yang lumayan. Ini karena keluarga yang membutuhkan pembantu infal biasanya bersedia membayar gaji dalam jumlah yang lebih besar.

Jasa Catering Makanan Ramadan – Lebaran

Bisnis makanan memang tidak pernah ada matinya, termasuk saat bulan Ramadan. Jika Anda memiliki keahlian memasak atau mengenal rekan yang jago masak, maka manfaatkanlah hal tersebut untuk merintis bisnis saat Ramadan.

Anda bisa menawarkan jasa catering untuk makanan berbuka atau sahur. Di bulan Ramadan ini pasti ada banyak keluarga yang lebih memilih untuk membeli makanan daripada memasak sendiri. Di samping itu, Anda juga bisa menawarkan makanan untuk hari Lebaran. Makanan bisa berupa makanan berat atau aneka kue lebaran. Dijamin bisnis Anda akan laris manis.

Lihat juga: “Rahasia Sukses Menjalankan Bisnis Kuliner”

Cleaning Service

Sebagian besar masyarakat Indonesia masih mengikuti tradisi bersih rumah sebelum Ramadan. Tradisi tersebut merupakan salah satu cara untuk menyambut bulan Ramadan yang suci. Namun, tidak semua memiliki waktu luang untuk bisa membersihkan rumahnya sendiri. Nah, hal ini bisa menjadi sebuah peluang bisnis yang menjanjikan.

Untuk menjemput peluang tersebut, Anda bisa membuka bisnis yang menyediakan jasa cleaning service. Bisnis ini punya potensi yang besar bahkan di luar bulan Ramadan karena sekarang banyak orang yang membutuhkan bantuan untuk membersihkan rumah, kantor, atau bahkan kamar kos mereka. Menjanjikan, bukan?

Tukang Cat atau Dekorasi

Semakin dekat dengan lebaran, banyak orang yang ingin mempercantik penampilannya. Mereka pun pergi ke salon kecantikan atau membeli baju baru. Tidak sedikit juga yang ingin mempercantik penampilan rumahnya. Biasanya mereka menginginkan bangunan rumahnya dicat ulang atau perabotan rumahnya ditata ulang.

Jadikan hal tersebut sebagai sebuah peluang bisnis di bulan Ramadan. Tawarkan jasa pengecatan atau dekorasi rumah. Anda bisa memanfaatkan internet sebagai media promosi atau langsung menawarkannya pada rekan yang membutuhkan.

Jasa Pembuatan Parsel

Bisnis yang menguntungkan di bulan Ramadan berikutnya adalah jasa pembuatan parsel. Memberikan parsel sebagai tanda terima kasih juga sudah menjadi tradisi tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Bahkan peminatnya tidak hanya dari perseorangan, tetapi juga dari perusahaan dan instansi.

Agar menarik, parsel yang Anda tawarkan sebaiknya tidak menggunakan model kuno yang kurang praktis. Anda bisa membuat parcel dalam kemasan yang lebih bermanfaat seperti kotak penyimpanan. Pertimbangkan juga untuk membuat “parsel digital” yang berisi kumpulan voucher. Inovasi semacam ini tentu akan menarik perhatian.


Bulan Ramadan memanglah bulan yang penuh dengan berkah. Maka, tidak mengherankan jika banyak hal yang bisa berpotensi menjadi bisnis yang menguntungkan. Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis di bulan Ramadan, kelima bisnis di atas bisa dijadikan acuan. Untuk masalah modal bisnis, Anda bisa mengandalkan Modalku. Selamat berbisnis, semoga sukses!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, platform peer-to-peer (P2P) lending nomor 1 di Indonesia. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Leave a Reply