Begini Cara Pintar Membayar Cicilan Pinjaman Online Tanpa Jaminan

Dewasa ini, aplikasi pinjaman online tanpa jaminan sudah semakin menjamur. Aplikasi pinjaman online seperti ini mempunyai keunggulan dapat mencairkan pengajuan pinjaman dalam hitungan jam. Oleh karena itu, pinjaman jenis ini sangat disukai oleh banyak orang, terutama oleh generasi milenial. 

Namun, karena kemudahannya dalam mengajukan pinjaman, banyak juga yang tidak mampu membayar cicilan pinjaman ketika waktunya tiba. Mari simak tips-tips di bawah ini agar Anda tidak kesulitan membayar utang Anda, ya.

Komunikasikan dengan Penyedia Pinjaman

Seringkali jika merasa terdesak untuk membayar pinjaman, banyak orang memilih untuk berlari dari tanggung jawab karena merasa tidak sanggup membayar. Bila hal ini terjadi, biasanya penagihan utang oleh debt collector pun dimulai. Bagaimanapun juga, utang tetap harus dibayar. Oleh karena itu, daripada memilih untuk kabur, akan lebih baik jika Anda menunjukkan itikad baik kepada penyedia pinjaman.

Bukalah komunikasi dengan penyedia pinjaman untuk menegosiasikan bayar utang Anda. Jika Anda menunjukkan komitmen untuk tetap membayar utang Anda, maka penyedia pinjaman mungkin akan memberikan keringanan atau perpanjangan pembayaran utang Anda. Gunakan seluruh kanal komunikasi yang tersedia seperti email, call center, atau online chat.

Adakah Aset yang Bisa Dicairkan untuk Bayar Utang?

Sembari berkomunikasi dengan penyedia pinjaman, mulailah cari sumber daya lain untuk solusi bayar utang Anda. Buat daftar aset yang Anda punya dan cek mana saja aset yang bisa Anda jual untuk memperoleh dana segar. Contohnya seperti mobil, motor, simpanan emas, handphone, atau peralatan elektronik lain. 

Cek harga pasaran aset Anda dan pastikan hasil penjualannya mencukupi untuk membayar utang Anda. Solusi lainnya adalah menggadaikan aset Anda. Lewat pegadaian, setidaknya Anda bisa membeli kembali aset Anda setelah selesai bayar utang.

Diskusikan Solusi Terbaik dengan Penyedia Pinjaman

Jika Anda sudah berhasil berkomunikasi dengan penyedia pinjaman, selanjutnya Anda bisa bernegosiasi lebih lanjut agar pembayaran utang Anda bisa diselesaikan. Hal yang paling utama adalah Anda setidaknya bisa mencoba meminta perpanjangan tenggat pembayaran Anda dengan memberikan beberapa opsi. 

Pertama, Anda bisa ajukan opsi refinancing. Di sini, Anda akan membayar utang lama dengan utang baru yang biayanya lebih murah. Tentu saja opsi ini akan ditawarkan dengan persyaratan yang lebih ketat untuk memastikan Anda tidak akan lalai membayar. Pastikan utang yang baru ini bunganya lebih murah dengan tenor yang memadai. 

Kedua, Anda bisa coba agunkan aset kepada penyedia pinjaman. Tawarkan aset yang bisa dikonversi sebagai pembayaran utang atau digunakan sebagai jaminan pelunasan utang.

Cari Tambahan Pendapatan

Cara lain untuk membayar utang adalah Anda bisa mencoba mencari pekerjaan sampingan untuk menambah pendapatan Anda. Salah satunya tentu dengan cara menjual aset seperti yang sudah dijelaskan di atas. Anda bisa juga meminta bantuan dari keluarga jika memang sudah tidak ada jalan lain.

Sebelum itu, Anda bisa mencari pekerjaan kedua atau kerja lepas untuk menambah pendapatan. Lowongan kerja lepas saat ini sudah banyak variasinya dan tidak akan mengganggu pekerjaan utama Anda. Beberapa pekerjaan lepas bahkan bisa dilakukan bersamaan dengan pekerjaan utama Anda. Contohnya menjadi driver aplikasi transportasi online. Pekerjaan ini bisa Anda lakukan saat berangkat atau pulang kerja dan dijamin tidak akan mengganggu pekerjaan utama Anda.

Buat Anggaran dan Rencana Pembayaran Pinjaman Online Tanpa Jaminan

Sambil mencari tambahan pendapatan, ada baiknya Anda mulai membuat anggaran pengeluaran sehari-hari. Membuat anggaran dapat memberi gambaran berapa besar porsi pendapatan Anda yang dapat disisihkan untuk pembayaran utang setiap bulannya. Cobalah membuat budget yang rapi di atas kertas Anda bisa melihat sendiri perhitungan pendapatan dan pembayaran utang Anda.

Cara lain membayar utang adalah dengan mengambil pinjaman lain untuk menutupi pinjaman utama Anda. Cobalah cari pinjaman online tanpa jaminan yang pembayarannya tidak akan memberatkan Anda nantinya. Dewasa ini, sudah banyak pinjaman online tanpa jaminan yang memberikan bunga yang kompetitif dengan tenor yang panjang. Contohnya saja Modalku.

Semua program peminjaman yang ditawarkan oleh Modalku adalah pinjaman online tanpa jaminan. Pengajuan pinjamannya bisa mencapai Rp250 juta dengan tenor hingga 12 bulan. Bunga yang ditawarkan pun sangat bersahabat, mulai dari 2% per bulan. Yuk, segera dapatkan pinjaman online tanpa jaminan Anda dari Modalku


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Leave a Reply