7 Jenis Bisnis Online Tanpa Modal untuk Pelajar

jualan online saat libur lebaran

Di era digital ini, segalanya menjadi lebih mudah termasuk memiliki bisnis. Jika Anda pelajar yang ingin mendapatkan pemasukan tambahan mulailah memiliki usaha tanpa modal yang bisa membawa keuntungan. Anda bisa mencoba ide bisnis online tanpa modal untuk pelajar di bawah ini.

1. Dropshipper

Ide bisnis online tanpa modal untuk pelajar yang pertama adalah menjadi dropshipper. Anda tak perlu repot memikirkan biaya produksi atau pun penyimpanan barang. Yang Anda perlu perhatikan adalah teknik pemasaran agar mendapatkan pelanggan. Anda bisa menggunakan sosial media agar pasarnya lebih luas dan bisa menjangkau lebih banyak orang. Dengan menjadi dropshipper, Anda benar-benar tidak mengeluarkan biaya hingga proses pembelian terjadi.

Carilah produsen barang yang berkualitas dan membuka kesempatan bagi dropshipper. Saat ini sudah banyak produsen barang yang menawarkan perlakuan khusus bagi mereka yang ingin menjadi dropshipper. Dengan hal ini memiliki bisnis untuk pelajar tanpa modal menjadi lebih mudah.

2. Bisnis pulsa dan token listrik

Ide bisnis untuk pelajar tanpa modal yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi. Saat ini, hampir jarang melihat orang yang tidak memiliki ponsel, untuk itulah ide bisnis jualan pulsa sangat menarik dan bisa memberi keuntungan tanpa modal.

Bagi Anda para pelajar, bisa dengan mudah mendapatkan pembeli dengan menawarkannya ke teman-teman Anda di sekolah atau kampus. Apalagi jika Anda memiliki teman yang sudah terpisah dari orang tuanya dan memilih untuk tinggal di kost, Anda bisa menawarkan usaha token listrik Anda.

3. Jadi penulis konten

Ide bisnis online tanpa modal untuk pelajar berikutnya sangat cocok bagi Anda yang memiliki kegemaran menulis. Saat ini, pekerjaan content writing sedang naik daun, tidak ada salahnya jika Anda mencoba menyalurkan hobi menjadi sumber keuangan. Anda tak perlu takut memulai bisnis ini karena sekarang banyak perusahaan yang membutuhkan jasa penulis konten freelance. Anda cukup menyediakan laptop atau komputer untuk mendukung bisnis Anda ini.

4. Bisnis affiliate marketing

Bisnis afiliasi juga sedang naik daun. Potensi keuntungan bisnis online tanpa modal untuk pelajar ini cukup besar. Seperti berbisnis sebagai dropshipper, Anda tak perlu memikirkan penyimpanan barang karena produk akan langsung dikirim ke pelanggan. Saat ini banyak e-commerce yang menggunakan sistem ini. 

Anda hanya perlu menawarkan produk dan memberikan link unik kepada calon pelanggan. Jika mereka membeli melalui tautan yang Anda bagikan maka nantinya Anda akan mendapatkan komisi beberapa persen sesuai dengan ketentuan dari perusahaan.

5. Jadi admin media sosial

Anda paham tentang media sosial dan manajemennya? Mungkin Anda bisa mempertimbangkan menjadi admin media sosial. Jika Anda senang membuat video yang menarik atau konten menarik, Anda sangat cocok melakukan ide bisnis tanpa modal ini. Tak perlu tertuju pada perusahaan besar, Anda bisa menawarkan jasa Anda pada pemilik UMKM baru yang masih belum paham cara mengoptimalkan media sosial untuk berjualan.

6. Menjadi penerjemah

Jika Anda mempunyai kelebihan menguasai banyak bahasa asing, pertimbangan memulai bisnis menjadi penerjemah. Saat ini dibutuhkan jasa penerjemah yang bisa menggunakan bahasa China, Jerman, Jepang, Korea atau Arab. Anda bisa menjadi penerjemah verbal atau non verbal. Keduanya membutuhkan keterampilan dalam berkomunikasi yang baik karena Anda akan terhubung dengan orang-orang asing.

7. Menjadi pengulas (review-review produk)

Ide bisnis online tanpa modal untuk pelajar yang terakhir adalah menjadi pengulas. Anda bisa melakukan review terhadap produk-produk tertentu. Jika Anda suka membuat video gunakanlah platform seperti Youtube, TikTok atau pun Reels Instagram. Semakin banyak followers yang kamu miliki juga akan semakin baik. Ide bisnis ini bisa Anda gabung dengan ide bisnis afiliasi. Jadi, untuk setiap produk yang Anda review sertakan pula link unik agar pengikut Anda bisa mengakses dengan mudah. Semakin banyak yang membeli produk ulasan Anda dari tautan tersebut semakin besar juga keuntungan Anda.

Bagaimana? Ide bisnis online tanpa modal untuk pelajar di atas mudah untuk dilakukan, bukan? Jika bisnis Anda semakin besar dan membutuhkan dana yang lebih besar agar bisnis Anda semakin baik, gunakanlah Modalku yang memberi dana pinjaman tunai tanpa agunan. Klik tombol di bawah ini untuk dapatkan pinjaman modal usaha:

Pinjam Sekarang!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Tinggalkan Balasan