6 Ide Jualan Online Paling Laris untuk Isi Liburan Kuliah

Liburan kuliah sebentar lagi tiba, barang jualan online paling laris pun akan bergeser. Bagi para mahasiswa, kehidupan sehari-hari yang biasanya penuh dengan tugas tiba-tiba akan terasa lowong. Bagi Anda yang tidak ingin berdiam diri saja saat liburan, Anda bisa coba memulai bisnis baru untuk isi waktu luang. 

Tidak hanya untuk mengusir rasa bosan saja, Anda juga bisa sekalian mencari uang jajan tambahan. Intip beberapa ide jualan online paling laris yang bisa Anda lakukan selama liburan di bawah ini.

Jajanan Sekolah Online

Bisa dibilang produk jualan online paling laris adalah makanan. Bagi Anda yang tertarik berkecimpung di bisnis kuliner, musim liburan adalah saat yang tepat untuk memulai bisnis Anda. Liburan sekolah membuat banyak anak sekolah yang rindu dengan jajanan dekat sekolah yang biasanya tiap hari mereka nikmati. 

Nah, Anda bisa mencoba menjual jajanan sekolah secara online. Karena saat liburan banyak penjual jajanan sekolah yang mungkin tutup, Anda bisa menerapkan sistem pre-order untuk mengundang peminat. 

Content Creator

Profesi content creator sudah tidak menjadi hal yang asing lagi di zaman serba teknologi seperti ini. Media seorang content creator pun sudah semakin luas. Anda bisa berbagi content melalui video via Youtube, foto via media sosial, atau tulisan via blogging. Pertama, Anda harus tentukan dulu fokus content Anda. 

Misalnya selama liburan Anda berencana akan jalan-jalan ke banyak tempat. Anda bisa mencoba untuk membuat content sebagai traveller blogger. Bermodalkan kamera yang bagus dan keahlian menulis, niscaya Anda akan mendapatkan banyak followers setia yang mengikuti perjalanan Anda melalui blog atau media sosial Anda. 

Dari sini, otomatis Anda akan menerima banyak tawaran endorsement dari berbagai macam brand yang tertarik untuk memasarkan produknya melalui blog atau media sosial Anda.

Event Organizer

Untuk Anda yang memiliki banyak koneksi, Anda bisa mencoba menjadi event organizer atau EO. Sebagai permulaan, Anda bisa mencoba mempersiapkan acara-acara kecil seperti pesta ulang tahun atau syukuran. 

Jika Anda memilih untuk menjadi event organizer, pastikan Anda selalu memperhatikan hal-hal detail seperti dekorasi, catering makanan, properti, kenyamanan tamu, dan lain sebagainya. Anda juga harus siap memperluas jaringan kerja Anda agar bisa mencakup berbagai macam vendor.

Kaos Custom atau Desain Sendiri

Pakaian menjadi salah satu produk jualan online paling laris. Untuk ide dan peluang usaha ini, biasanya calon penjual yang ingin memulai bisnis menjual baju akan memulainya dengan menjadi dropshipper atau reseller terlebih dahulu karena lebih mudah mendapatkan stok pakaian yang ingin dijual.

Namun, bagi Anda yang tidak ingin jadi reseller, Anda bisa mencoba jualan kaos yang Anda desain sendiri atau kaos custom sesuai keinginan pembeli. Model bisnis ini tentu mengharuskan Anda untuk memproduksinya sendiri, mulai dari desain sampai pengemasannya. Kelebihan dari kaos custom ini adalah produk Anda yang tidak bisa ditemukan di mana pun kecuali di tempat Anda, sehingga produk Anda akan terlihat lebih menarik dan semakin berpotensi menjadi jualan online paling laris.

Mainan Anak Jadi Barang Jualan Online Paling Laris

Jualan online paling laris berikutnya adalah mainan anak. Saat liburan sekolah, semakin banyak orang tua mencari cara untuk mengisi waktu luang anak-anaknya. Kelebihan menjual mainan secara online tentu adalah kemudahan bertransaksi. 

Dengan dijual online, orang tua tidak perlu pergi ke pasar tradisional ataupun ke pusat perbelanjaan lagi. Apalagi saat musim liburan kebanyakan orang tua masih masuk kantor, sehingga tidak punya waktu untuk mencari mainan anak di pusat perbelanjaan. Dijamin ide dan peluang usaha ini akan menjadi jualan online paling laris.

Online Travel Agent

Untuk menjadi travel agent, dibutuhkan wawasan akan tujuan wisata yang mencukupi. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar siap mengetahui seluk beluk tujuan wisata yang akan Anda jual kepada para wisatawan. Keunggulan ide dan peluang usaha ini adalah tingginya minat saat liburan, sehingga Anda tidak akan susah mencari pelanggan.

Demikianlah enam ide jualan online paling laris yang bisa Anda lakukan selama liburan kuliah. Untuk memulai bisnis baru, tentunya diperlukan modal yang cukup. Bagi Anda yang tidak memiliki modal bisnis yang cukup, jangan patah semangat dulu. Bersama Modalku, Anda bisa memulai bisnis Anda dengan pinjaman online tanpa agunan. 

Pinjaman dengan Modalku sangat bersahabat dengan pengusaha kecil karena mempunyai bunga yang kompetitif dengan tenor yang panjang. Buruan cek laman Modalku dan mulai bisnis Anda sekarang!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Leave a Reply