1

Modalku Raih Pendanaan Seri B Terbesar oleh Platform P2P Lending dari Asia Tenggara Senilai Rp 350 Miliar

Jakarta, 18 April 2018 – Modalku dan Funding Societies, selaku nama operasional perusahaan di Singapura dan Malaysia, berhasil meraih Pendanaan Seri B sebesar Rp 350 miliar. Di tengah-tengah tingkat ketertarikan tinggi dari investor, pendanaan terbesar dipimpin oleh SoftBank Ventures Korea. Investor-investor terdahulu seperti Sequoia India, Alpha JWC dari Indonesia, dan Golden Gate Ventures juga turut berpartisipasi. Line Ventures, Qualgro, dan Mahanusa Capital juga berinvestasi. Ini adalah pendanaan terbesar yang pernah diraih suatu platform P2P lending dari Asia Tenggara.

Didirikan oleh Reynold Wijaya dan Kelvin Teo, Modalku adalah platform P2P lending yang menghubungkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia, Singapura, dan Malaysia dengan pemberi pinjaman individu maupun institusi. Di bulan Januari 2018, Modalku secara regional berhasil mencapai total pencairan pinjaman UMKM sebesar Rp 1 triliun sambil mempertahankan tingkat default di bawah 1.5%.

Modalku telah menerima berbagai penghargaan dan pengakuan, baik secara global maupun lokal. Di akhir 2017, Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB. Modalku menjadi startup Asia pertama dan satu-satunya yang pernah memenangkan penghargaan tersebut. Modalku juga masuk dalam daftar Fintech 250 yang dibuat CB Insights, yaitu daftar perusahaan-perusahaan top dunia yang menciptakan terobosan di dunia teknologi finansial. Dari Warta Ekonomi Indonesia, Modalku telah memenangkan Digital Innovation Award.

Pendanaan Seri B akan digunakan untuk merealisasikan visi Modalku ikut menciptakan inklusi keuangan di Asia Tenggara. Menurut penelitian yang dilakukan Ernst & Young, UOB, dan Dun & Bradstreet, 65.2% dari UKM di Asia Tenggara sulit mendapatkan akses untuk pinjaman usaha. Sedangkan menurut estimasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), setiap tahun terdapat kurangnya pendanaan bagi UKM sebesar Rp 988 triliun di Indonesia. Penyedia pinjaman modal usaha alternatif seperti Modalku dapat mengatasi kurangnya pendanaan yang ada.


Untuk membaca lebih lanjut tentang berita ini, silahkan baca liputan media berikut:

Comments 1

  1. Pingback: Membangun Startup Tidak Mudah, Simak 5 Tips Ampuhnya! – Modalku

Leave a Reply