1

Membangun Startup Tidak Mudah, Simak 5 Tips Ampuhnya!

Membangun startup bukanlah hal yang mudah, terlebih saat ini ada lebih dari ribuan startup di Indonesia yang akan menjadi kompetitor Anda. Pastikan Anda terlebih dulu sudah memiliki rancangan yang pasti tentang model bisnis, target pasar, serta ide produk atau jasa yang akan dibangun. Hindari membangun startup hanya karena sekadar ikut-ikutan euforia pebisnis di Indonesia. Agar tidak salah jalan dalam memulai bisnis ini, inilah tips membangun startup.

Jangan Ragu Lakukan Riset

Setelah Anda membuat rancangan bisnis seperti yang sudah disampaikan di awal tulisan ini, cobalah untuk melakukan riset sebelum mengambil keputusan bisnis yang penting. Jangan mengandalkan insting apalagi opini pribadi saat membangun startup, sebab hal ini terkadang berbeda jauh dari keadaan dan keinginan target pasar Anda. Dengan riset, Anda juga bisa menemukan kelemahan kompetitor yang kemudian akan menjadi kelebihan produk Anda.

Bersikap Konsisten

Setiap bisnis yang dimulai dengan persiapan matang tentu akan meningkatkan efektivitas dan kelancaran bisnis itu sendiri, termasuk startup. Oleh karena itu, Anda dituntut untuk selalu kreatif dan terus menelurkan strategi atau taktik baru atau memperbaiki strategi yang ada. Usahakan agar selalu memiliki konsistensi sehingga pelanggan mudah mengenali bisnis Anda berdasarkan ciri khas atau orisinalitas produk yang ditawarkan.

Memahami Cara Mempertahankan Bisnis

Membangun startup dengan jumlah staf minim serta modal usaha yang kecil tentu akan membutuhkan usaha yang lebih maksimal dari Anda. Menjadi kreatif dalam berhemat adalah sifat yang harus Anda miliki. Manfaatkan seluruh SDM yang ada dan temukan cara untuk pembiayaan bisnis, bisa dengan kepemilikan barang, mengajukan pinjaman dana melalui peer-to-peer lending, hingga pengumpulan dana dari investor untuk menjaga agar bisnis tetap bisa bersaing.

Menggaet Investor dan Venture Capital (VC)

Persoalan keuangan menjadi hal yang krusial bagi sebuah startup karena umumnya perusahaan ini dimulai dengan pendanaan yang tidak besar. Dengan menggunakan modal usaha yang diberikan oleh investor, Anda dapat mengembangkan startup dalam waktu yang relatif lebih cepat. Selain itu, dana yang didapatkan dari investasi yang diberikan investor juga dapat digunakan untuk kegiatan marketing dan pengembangan produk bisnis yang Anda jalankan.

Untuk bisa menggaet investor, pastikan Anda memiliki potensi bisnis untuk berkembang dan menguasai pasar dalam skala yang lebih besar nantinya. Ciptakan produk bisnis yang orisinal lengkap dengan strategi dan skenario sukses yang logis. Hal tersebut juga wajib Anda lakukan jika mengajukan proposal ke Venture Capital (VC), pihak yang bertugas untuk menyalurkan dana kepada startup yang berpotensi sukses.

Mendapatkan Product-Market Fit yang Tepat

Pada dasarnya, product-market fit merupakan kondisi di mana startup memiliki pasar yang bagus dan menyediakan produk yang bisa memuaskan kebutuhan konsumen. Dalam hal ini, indikator peluang pasar yang bagus adalah banyaknya orang yang membutuhkan layanan, bahwa bisnis startup memiliki pertumbuhan pengguna yang tinggi, dan akuisisi pengguna yang mudah. Untuk mencapai tahapan ini tentu ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

Salah satu yang paling penting adalah dengan mengetahui ukuran atau nilai sebuah pasar serta memahami bagaimana pasar tersebut tersegmentasi. Dengan begitu, pemahaman yang mendasar terhadap masalah yang dihadapi konsumen bisa dengan mudah Anda dapatkan. Pasalnya, mencapai product-market fit juga bisa diartikan bahwa startup Anda tengah membangun sesuatu yang benar-benar diinginkan oleh banyak orang.


Banyak tantangan yang akan Anda hadapi saat membangun startup, salah satu yang paling krusial biasanya adalah terkait modal usaha. Untungnya, saat ini sudah ada berbagai alternatif pinjaman modal usaha yang lebih praktis. Platform peer-to-peer lending seperti Modalku dapat menyediakan pinjaman tersebut. Proses pengajuannya cepat dan Anda bisa mengantongi pinjaman dalam jumlah yang tepat sesuai kebutuhan. Ajukan sekarang juga!

Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai cara membangun suatu bisnis? Bacalah cara menyusun rencana bisnis dan tips-tips mengecek apakah ide usaha Anda sudah bagus.

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, platform peer-to-peer (P2P) lending nomor 1 di Indonesia. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Comments 1

  1. Pingback: Wirausaha Digital, Pilihan Tepat untuk Generasi Tanpa Kantor – Modalku

Leave a Reply