Informasi Kegiatan

#EmbraceEquity: Mengambil Langkah Menuju Equity (Kesetaraan)

Dalam rangka Hari Perempuan Internasional 2023, mari kita bahas tema kampanye tahun ini yaitu #EmbraceEquity serta bagaimana langkah untuk dapat maju menuju Kesetaraan.

Apa itu Equity, apa bedanya dengan Equality?

Meskipun kedengarannya serupa, equity dan equality adalah konsep yang berbeda, baik dalam konteks masyarakat yang lebih luas maupun di tempat kerja.

  • Equality (Persamaan) artinya setiap individu atau kelompok diberikan sumber daya atau kesempatan yang sama (equal input).
  • Equity (Kesetaraan) artinya setiap orang memiliki hak dan peluang yang berbeda, sesuai dengan kebutuhan untuk mencapai hasil yang setara.

Source: Robert Wood Johnson Foundation – Visualizing Health Equity: One Size Does Not Fit All Infographic

Pentingnya Equity (Kesetaraan) di Tempat Kerja

Fondasi untuk kesetaraan di tempat kerja adalah rasa memiliki, transparansi, dan equality (persamaan). Menciptakan tempat kerja yang sepenuhnya bebas dari bias dan diskriminasi bukanlah hal yang mudah, bahkan di tempat kerja yang sudah beragam sekalipun. Meskipun memprioritaskan kesetaraan membutuhkan upaya, studi McKinsey & Company menunjukkan bahwa bisnis dapat memperoleh keuntungan dengan menciptakan tempat kerja yang adil. Bisnis dengan kepemimpinan yang beragam dalam hal gender, etnis dan budaya cenderung memiliki kinerja yang lebih baik secara finansial.

Di Grup Modalku, kami berupaya untuk menciptakan tempat kerja menjadi lebih setara, beragam dan inklusif bersama dengan Cassandre Debonneville, Spesialis Inklusi, Keanekaragaman dan Kesetaraan (IDE) kami. Setelah fokus pada tema kebahagiaan di tempat kerja pada tahun 2022, Cassandre meluncurkan program pembelajaran Inklusi dan Keberagaman pada tahun 2023.

Cassandre Debonneville selaku Inclusion, Diversity, and Equity (IDE) Specialist Grup Modalku, mengatakan “Dengan berfokus pada inklusivitas, program inklusi dan keberagaman ini akan menciptakan lingkungan kerja yang menghargai dan menghormati semua individu, tanpa memandang latar belakang, ras, gender, atau orientasi mereka. Rasa memiliki adalah kunci, karena dapat menumbuhkan keterlibatan yang mengarah pada peningkatan produktivitas dan kepuasan kerja.”

Berikut adalah inisiatif yang dijalankan oleh Grup Modalku menuju Equity (kesetaraan), antara lain:

  • Mengubah pola pikir karyawan dan manajer, melalui pelatihan, workshop dan keterlibatan sosial.
  • Menciptakan lingkungan yang aman dengan memperbarui prosedur, kebijakan dan pedoman untuk mendukung strategi perusahaan, seperti menciptakan keamanan psikologis, memasukkan tenaga kerja yang beragam, menangani diskriminasi dan menawarkan kesempatan yang sama kepada karyawan wanita yang ada di Grup Modalku.
  • Dengan tim People Experience yang kuat, sejak Agustus 2022, Grup Modalku telah meningkatkan rasio karyawan wanita terhadap pria sebesar 5,5%, sebagai langkah menuju kesetaraan gender.
  • Mendukung pemberdayaan perempuan melalui beberapa workshop seperti mengadakan sesi pelatihan bulanan #IamRemarkable, mendukung para Ibu di tempat kerja dengan memberikan fasilitas asuransi, cuti melahirkan, memfasilitasi percakapan di grup #BossMoms dan membagikan kisah sukses karyawan wanita Grup Modalku di postingan blog #MakingHERStory.

Grup Modalku juga berkomitmen dalam platform One Global Women Empowerment (OGWE), sebuah inisiatif oleh B20 Women in Business Action Council (WiBAC) selama kepresidenan Indonesia G20 2022, yang mempromosikan pertumbuhan ekonomi global yang inklusif, tangguh, dan berkelanjutan melalui pemberdayaan pengusaha perempuan dan perempuan dalam angkatan kerja.

Yuk ambil satu atau dua langkah menuju kesetaraan! #EmbraceEquity


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi dana.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. 

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Recent Posts

Mengunggah dan Membagikan Dokumen Dengan Aman

Di dunia digital saat ini, berbagi dokumen secara online telah membuat komunikasi menjadi lebih mudah…

2 hari ago

Tips Manajemen Stok Barang untuk Bisnis UKM Offline

Manajemen stok barang yang efektif tidak hanya menguntungkan toko online, tapi juga bisnis yang beroperasi…

6 hari ago

Seluk-beluk Modal Ventura untuk Kesuksesan UKM

Bagi UKM yang sedang membutuhkan dana untuk menjalankan bisnis, modal ventura layak dipertimbangkan. Yuk, kenali…

2 minggu ago

Manfaat Transparansi Keuangan dan Cara Menerapkannya

Bagaimana cara menerapkan transparansi keuangan dalam bisnis agar meningkatkan kepercayaan pegawai hingga mendukung pengambilan keputusan?

2 minggu ago

6 Cara Mengurangi Beban Pajak Usaha untuk UKM

Mengurangi beban pajak usaha efektif untuk menekan pengeluaran UKM. Begini cara yang bisa Anda lakukan…

3 minggu ago

Manfaat dan Tips Pengembangan SDM dalam UKM

Tanpa SDM berkualitas, UKM Anda akan lebih sulit bertahan di tengah persaingan pasar. Simak bagaimana…

4 minggu ago