Dengan Fintech, Mendukung UMKM Bukan Hanya Mimpi

Jakarta, 24 November 2020 – Sebagai salah satu pilar ekonomi negara, dukungan penuh patut diberikan pada UMKM, agar bisnisnya makin maju dan berkembang. Tentu hal ini bukanlah mimpi semata. Melalui Fintech, dukungan tersebut dapat diwujudkan. Tema inilah yang diangkat dalam diskusi Fintech Talk bertajuk “Not Just A Dream: Supporting MSMs Through Fintech”. Acara merupakan rangkaian acara Pekan Fintech Nasional 2020.

Dalam mendukung UMKM, komitmen Modalku sudah tidak diragukan lagi. Kami percaya, dengan mendukung UMKM, secara otomatis kita telah mendukung perekonomian negara. Hingga saat ini, Modalku sudah mendukung sekitar 50.000 UMKM, dengan jumlah pinjaman mencapai Rp 19,08 triliun. Hal ini dikemukakan oleh Co-Founder & COO Modalku, Iwan Kurniawan yang turut hadir sebagai pembicara

Iwan juga menambahkan bahwa melayani UMKM punya tantangan tersendiri. Berbeda dengan Fintech yang berkutat dengan consumer product, melayani pebisnis UMKM lebih kompleks. Misalnya, saat pengambilan keputusan dalam memilih produk finansial. Tentu UMKM tidak mudah mengambil keputusan dalam memilih produk pinjaman. Ini terjadi karena ada beberapa pimpinan dalam suatu bisnis. Untuk mengatasi hal ini, salesforce Modalku akan membantu calon peminjam dari sisi edukasi dan on boarding. Dengan edukasi, UMKM akan mendapatkan gambaran lengkap tentang produk. Pendampingan proses on boarding juga akan mempermudah UMKM saat mereka mengajukan pinjaman kedua.

Selain itu, untuk mempermudah UMKM dalam mendapatkan pendanaan, Modalku memberikan fleksibilitas saat proses KYC (Know Your Customer). Berbagai bentuk usaha mulai dari PT, CV, hingga UD (usaha dagang) bisa diakomodir. Tentu diperlukan pengecekan dokumen-dokumen legalitas usaha. Hal ini penting untuk memastikan bisnis tersebut benar-benar ada. Kedua, Modalku juga perlu tahu transaksi keuangan bisnis UMKM tersebut. “Tidak harus dengan bank statement, transaksi keuangan bisnis juga bisa kita lihat dari transaksi digital bisnis tersebut. Jadi, kita cukup luwes untuk proses ini,” ujar Iwan.

Selain Modalku, acara ini juga dihadiri oleh stakeholder lain seperti Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI, Smesco Indonesia, APINDO, dan Xendit sebagai pelaku industri Fintech Payment. 

Diskusi ini menegaskan bahwa baik dari pemerintah dan pelaku industri Fintech siap bersinergi mewujudkan mimpi kolektif, yakni memajukan ekonomi Indonesia dengan mendukung UMKM. 


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply