Istilah Keberlanjutan dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) tengah menjadi perhatian dalam beberapa tahun terakhir. Kita sering mendengar kedua istilah ini digunakan secara bergantian dalam bisnis, tetapi apakah artinya sama?
Apa itu CSR?
Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR), adalah praktik sukarela yang diterapkan oleh perusahaan untuk menunjukkan tanggung jawab dan dedikasi mereka untuk meningkatkan kesejahteraan komunitas dan masyarakat secara keseluruhan (Reckman, 2023). CSR muncul ketika sebuah perusahaan semakin dikenal dengan reputasi yang baik. Sebagai pemangku kepentingan yang penting di masyarakat, perusahaan didorong untuk memprioritaskan praktik etis untuk mengatasi masalah sosial dan lingkungan di luar keuntungan bisnis. Inisiatif CSR berfokus pada kegiatan seperti filantropi, kerelawanan karyawan, dan keterlibatan masyarakat. Sederhananya, CSR berfokus pada proyek yang dilakukan perusahaan untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat sebagai bagian dari tanggung jawab mereka.
Apa itu Sustainability?
Di sisi lain, keberlanjutan atau sustainability mencakup perspektif yang lebih luas dari CSR. Keberlanjutan bertujuan untuk menyeimbangkan faktor ekologi, ekonomi, dan sosial untuk memastikan planet yang berkembang untuk generasi mendatang (Dyllick, 2016). Keberlanjutan berfokus untuk menciptakan solusi yang bertahan lama dan mengatasi tantangan global seperti perubahan iklim, penipisan sumber daya alam, dan ketidaksetaraan sosial.
Kesimpulannya, perusahaan atau bisnis diharuskan untuk memperhitungkan dampak sosial, lingkungan, dan ekonomi jangka panjang. Perusahaan dapat menerapkan keberlanjutan dengan mengintegrasikan keberlanjutan ke dalam strategi bisnis inti.
Lihat juga: Ini Dia Aspek Sustainability pada ESG!
Perbedaan Utama Antara CSR & Sustainability
Poin Utama | CSR | Sustainability |
Cakupan | Berfokus pada tanggung jawab perusahaan terhadap masyarakat dan pemangku kepentingannya. | Fokus pada faktor lingkungan, ekonomi, dan sosial di setiap sektor operasi bisnis. |
Pendekatan | Filantropi, kerelawanan karyawan, dan keterlibatan komunitas. | Mengadopsi praktik bisnis yang berkelanjutan serta melaksanakan kegiatan dengan dampak sosial dan lingkungan jangka panjang. |
Jangka Waktu | Jangka pendek dan berbasis proyek. | Jangka panjang. |
Pemangku Kepentingan | Masyarakat setempat atau penerima manfaat lain yang ditargetkan. | Berbagai pemangku kepentingan: karyawan, pelanggan, pemasok, komunitas, dll. |
Bagaimana Sustainability dan CSR dapat berkaitan?
Dalam penerapannya, CSR merupakan aspek yang dapat melengkapi keberlanjutan. Karena kegiatan CSR hanya memenuhi kebutuhan sosial yang mendesak. Integrasi kegiatan CSR ke dalam strategi keberlanjutan dapat membantu bisnis menciptakan nilai jangka panjang dengan menyeimbangkan faktor lingkungan, ekonomi, dan sosial. Pada akhirnya, keberlanjutan dapat dilihat sebagai evolusi CSR, yakni dengan mengintegrasikan praktik yang bertanggung jawab ke dalam strategi bisnis inti dan mempertimbangkan faktor lingkungan dan sosial yang lebih luas. CSR memiliki kelebihan dalam menangani kebutuhan sosial yang mendesak, sedangkan keberlanjutan menawarkan pendekatan yang lebih komprehensif dan berpikiran maju untuk membangun masa depan yang tangguh dan adil bagi bisnis dan masyarakat.
Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!
Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan kredit modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi pendanaan dengan pengembalian menarik bagi pemberi dana.
Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.
Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.
Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.