Vacation vs Staycation Artinya Berbeda, Sudah Tahu?

staycation artinya berlibur dalam kota

Staycation artinya liburan dengan destinasi yang tidak terlalu jauh, benarkah demikian? Istilah staycation sangat populer akhir-akhir ini. Di masa pandemi, model liburan yang satu ini bahkan menjadi alternatif favorit masyarakat Indonesia.

Namun, kadang-kadang masih banyak orang yang salah mengartikan staycation dan menganggapnya sama dengan vacation. Lantas, di manakah letak perbedaan antara vacation dengan staycation? Agar tidak tertukar, simak ulasan mengenai perbedaan arti vacation vs staycation berikut ini!

Vacation vs staycation, apa yang berbeda?

Vacation dalam bahasa Inggris berarti mengambil liburan. Sedangkan, staycation artinya mengambil liburan dengan destinasi yang tidak terlalu jauh dari rumah. Kata staycation sendiri berasal dari dua kata, yakni “stay” dan “vacation”. Kadang, ada juga yang menganggap bahwa staycation artinya liburan tanpa bepergian ke tempat wisata, hanya tinggal di hotel atau akomodasi yang dipilih. Sebenarnya, perbedaan vacation vs staycation bisa dilihat dari beberapa aspek, di antaranya:

1. Dari segi biaya

Jika dilihat dari segi biaya, biasanya vacation memerlukan biaya yang lebih besar. Ini karena destinasi yang dituju saat vacation cenderung lebih jauh dari rumah, bahkan mencapai luar negeri. Otomatis, biaya yang dikeluarkan pun lebih besar.

Dari segi biaya, staycation adalah opsi liburan hemat karena destinasi yang dituju lebih dekat. Terkadang, staycation juga bisa dilakukan tanpa harus memesan akomodasi atau bahkan packing barang bawaan. Dengan rencana perjalanan yang lebih ringkas, maka biaya yang dikeluarkan pun lebih sedikit.

2. Dari segi persiapan

Durasi vacation umumnya lebih panjang dari staycation. Oleh karenanya, persiapan yang harus dilakukan pun lebih banyak. Anda harus memesan akomodasi, memikirkan transportasi ke destinasi, hingga menentukan pilihan tempat rekreasi. Tak lupa, Anda juga harus mengemas pakaian dan keperluan lain yang dibutuhkan selama vacation.

Sementara itu, staycation lebih singkat karena tujuannya sebagai “istirahat” sejenak dari rutinitas harian yang melelahkan. Itu berarti, barang bawaan yang harus dibawa pun tidak terlalu banyak. Persiapan yang harus dilakukan pun jadi lebih simpel.

Baca juga: Tips Mengatur Keuangan untuk Liburan

3. Dari segi kegiatan

Vacation pada umumnya bertujuan untuk menikmati suasana baru yang berbeda dari kebiasaan sehari-hari. Banyak yang menjadikan vacation sebagai kesempatan untuk mencoba pengalaman baru atau mempelajari suatu budaya baru. Misalnya, dengan mencicipi kuliner setempat atau melihat pertunjukan kesenian lokal.

Terkadang, vacation juga menjadi kesempatan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan orang-orang terdekat. Beberapa memilih untuk mengunjungi kerabat yang tinggalnya berjauhan. Ada juga yang memilih untuk bonding dengan teman yang sudah jarang ditemui.

Sementara itu, staycation biasanya dilakukan untuk mengobati kelelahan akibat lelah menjalani aktivitas sehari-hari. Kegiatannya pun relatif simpel, seperti menonton atau sekadar beristirahat di kamar hotel. Ini karena kegiatan staycation cenderung lebih fokus pada diri Anda sendiri. Goal akhirnya adalah agar Anda bisa punya “me time” di sela-sela kesibukan.

Baca juga: Vacation & Staycation juga dapat dihabiskan bersama ibu tercinta lho!

Vacation dan staycation artinya sama-sama melepas penat

Dari sini, bisa disimpulkan bahwa baik vacation maupun staycation artinya sama-sama melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Perbedaannya terletak pada segi biaya, persiapan, serta kegiatan yang dilakukan. Terkadang, durasinya pun berbeda. Vacation perlu waktu lebih lama karena destinasi yang dituju lebih jauh dan kegiatan yang dilakukan pun lebih banyak.

Jadi, mana yang lebih baik?

Jawabannya tentu menyesuaikan kebutuhan dan jadwal Anda. Misalnya, Anda lelah dengan pekerjaan dan ingin refreshing, tapi waktu yang ada sangat terbatas. Jika seperti itu kondisinya, maka Anda bisa memilih staycation. Cukup pesan hotel di dalam kota dan Anda pun bisa bersantai sejenak.

Namun, jika Anda punya lebih banyak waktu luang dan ingin mengeksplorasi pengalaman baru, vacation adalah jawabannya. Siapkan itinerary berisi kegiatan-kegiatan yang ingin Anda lakukan. Anda juga bisa mengajak orang-orang terdekat seperti keluarga atau sahabat. Jadi, di saat penat hilang, pengalaman Anda pun bertambah.

Jadi, di antara vacation vs staycation, manakah yang Anda pilih untuk melepas penat dari rutinitas harian? Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Mana pun destinasi pilihan Anda, mendatangi tempat baru atau mencoba pengalaman baru adalah cara yang menyenangkan untuk mendukung UMKM lokal. Sambil berlibur, Anda sudah bantu pergerakan ekonomi setempat. Jadi, selamat berlibur!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Reference:
https://travel.kompas.com/read/2020/07/29/094500127/apa-itu-staycation-liburan-yang-diprediksi-jadi-tren-selama-pandemi?page=all

https://www.hipwee.com/travel/beda-vacation-dan-staycation/

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan