6 Cara Cari Orang yang Bisa Meminjamkan Uang untuk Modal Usaha

cara mencari 6 pinjaman modal usaha

Di era pandemi ini, keadaan perekonomian dunia belum juga menunjukkan titik terang. Masih banyak perusahaan yang harus melepaskan karyawan karena penghasilannya yang tidak stabil. Dengan keadaan perekonomian yang tak stabil ini, banyak masyarakat yang terombang-ambing karena kehilangan pekerjaannya. Tak jarang, mereka mulai cari orang yang bisa meminjamkan uang untuk memenuhi kebutuhan.

Tak boleh lama-lama bersedih, kebutuhan primer harus tetap dipenuhi sehingga kita harus mencari pundi-pundi Rupiah di tempat lain, misalnya dengan membangun usaha sendiri. Namun, membangun usaha sendiri tentu butuh modal. Lalu, bagaimana cara mendapatkan modal bila baru di-PHK? Tentunya kita harus cari pihak atau orang yang bisa meminjamkan uang untuk modal usaha. Siapa saja, ya? Yuk, kita jabarkan bersama!

1. Pinjam ke orang terdekat

Jika masih ragu untuk pinjam uang ke lembaga besar, carilah orang yang bisa meminjamkan uang untuk modal usaha. Anda bisa memulainya dari orang-orang terdekat. Orang-orang terdekat ini bisa berupa keluarga, kerabat terdekat, atau sahabat. Namun, uang adalah hal yang sensitif, bahkan bagi sesama orang terdekat, apalagi jika kita meminjam dalam jumlah banyak. Agar lebih meyakinkan dan menunjukkan keseriusan dalam meminjam juga membayar pinjaman, ada baiknya Anda membuat surat perjanjian yang disertai materai supaya lebih sah.

2. Ajukan pinjaman bank

Mengajukan pinjaman ke bank masih menjadi solusi saat tidak lagi bisa mencari orang yang mampu meminjamkan uang dalam jumlah banyak. Namun, perlu dicatat, beberapa bank ada yang memberikan pinjaman dengan jaminan, tetapi ada pula bank yang bisa meminjamkan tanpa pinjaman. Anda cukup menyertakan beberapa berkas seperti KTP dan kartu keluarga. 

Program pinjaman tanpa jaminan dari bank ini dikenal dengan nama Kredit Tanpa Agunan (KTA). Program ini bisa memberikan pinjaman tanpa perlu menyediakan aset untuk jaminan. Namun, sebelum Anda mengajukan pinjaman KTA, perlu diingat bahwa pinjaman ini memiliki rata-rata bunga sebanyak 12-14% per tahunnya.

3. Pinjaman koperasi

Koperasi juga menjadi salah satu solusi untuk meminjam uang untuk usaha, tepatnya lewat koperasi simpan pinjam. Di sini, pelaku UMKM yang modalnya tidak terlalu besar bisa meminjam ke koperasi. Pinjaman yang diberikan pun tidak memerlukan jaminan, tetapi dengan konsekuensi jumlah pinjaman yang diberikan tidak terlalu tinggi. Meski begitu, tetap ada bunga yang diberikan.

Selain koperasi pada umumnya, Anda juga bisa meminjam di koperasi berbasis syariah. Programnya disebut dengan Baitul Mal Wat Tamwil (BMT) yang sistemnya tak jauh berbeda dari koperasi pada umumnya. Pinjaman ini juga mudah diajukan karena persyaratannya biasanya hanya KTP dan Kartu Keluarga (KK). Beberapa koperasi bahkan bisa mencairkan dananya dalam satu hari!

4. Meminjam di Pegadaian

Jika usaha cari orang yang bisa meminjamkan uang belum juga berhasil, beralihlah ke Pegadaian. Lembaga nonbank ini memiliki program pinjaman dana tunai yang bisa menjadi solusi atas kebutuhan pinjaman modal usaha.

Seperti namanya, Pegadaian akan meminta barang berharga seperti motor, alat elektronik, atau emas untuk dijadikan jaminan. Nantinya, juru taksir Pegadaian akan menilai barang tersebut, baru kemudian memberikan pinjaman dana tunai untuk Anda. Anda bisa mendapatkan kredit tunai dari Rp50.000 sampai Rp200 juta. Perlu diketahui pula bahwa barang yang digadaikan tidak boleh yang masih kredit.

5. Ajukan pinjaman di Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah kredit yang mendapatkan fasilitas subsidi dari pemerintah. Pinjaman ini diberikan oleh semua bank BUMN atau bank pemerintah. Keunggulan dari KUR adalah memiliki waktu pinjaman yang lebih fleksibel, mulai dari 12 bulan, 18 bulan, dan 24 bulan. Jika KTA memberikan bunga hingga 14%, bunga yang diberikan KUR ini lebih ringan, yakni sekitar 5-7%. Bahkan per 2021, pemerintah baru memperpanjang plafon kredit KUR tanpa jaminan hingga Rp100 juta dengan subsidi bunga mencapai 3%!

6. Pinjaman tanpa jaminan di Modalku

Pilihan terakhir jatuh pada pinjaman tanpa jaminan dari Modalku. Modalku adalah layanan pinjaman usaha pendanaan yang memberikan kemudahan penggunanya dalam penyediaan dana modal tanpa jaminan. Tersedia tiga jenis layanan yang bisa dipilih, yaitu Modal Kawan Mikro dan Invoice Financing.

lihat juga: Inilah Cara Mendapat Pinjaman Modal Usaha!

Ketiga pilihan ini bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan usaha Anda. Tak main-main, pinjaman yang diberikan bisa mencapai Rp2 Miliar! Dengan pinjaman sebesar itu, tidak perlu lagi cari orang yang bisa meminjamkan uang untuk modal usaha. Yuk, ajukan pinjaman modal usaha ke Modalku sekarang juga!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Tinggalkan Balasan