Apa Itu Paylater dan Bagaimana Keuntungan serta Kekurangannya?

tahukah Anda? aoa itu paylater?

Layanan pembayaran Paylater saat ini telah banyak disediakan oleh berbagai marketplace. Tak hanya mampu memberi pinjaman di awal untuk kebutuhan mendadak, Paylater juga bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk mengembangkan bisnis yang Anda jalankan. Dengan syarat yang begitu mudah, Paylater bisa jadi solusi untuk membeli beberapa kebutuhan bisnis Anda. Jadi, sebenarnya apa itu Paylater?

Apa itu Paylater?

Paylater adalah metode pembayaran yang bisa dikatakan mirip dengan kartu kredit. Metode ini memberikan pinjaman uang untuk membeli beberapa kebutuhan mendadak maupun bisnis, lalu dibayarkan kembali pada akhir bulan. Perbedaannya, paylater bisa dilakukan melalui jaringan internet tanpa harus menggesek kartu seperti halnya kartu kredit. Metode ini banyak digunakan karena dinilai mempunyai banyak keuntungan.

Keuntungan Menggunakan Paylater

Setelah mengetahui apa itu Paylater, sekarang mari mengetahui berbagai keuntungan yang ditawarkan oleh fitur pembayaran ini. Berikut beberapa di antaranya.

  1. Banyak promo menarik

Salah satu keuntungan Paylater adalah banyaknya promo menarik. Marketplace yang menyediakan metode pembayaran Paylater biasanya telah berkolaborasi dengan beberapa merchant supaya bisa memberikan promo yang dapat menarik perhatian pengguna. Strategi ini dilakukan untuk meningkatkan pengguna Paylater. Beberapa promo yang biasanya diberikan adalah voucher dan potongan harga. Tak sia-sia, saat ini telah banyak sekali kaum muda yang mulai menggunakan Paylater untuk kebutuhan pribadi maupun bisnis.

  1. Pendaftaran mudah

Keuntungan lain yang dapat dirasakan saat akan menggunakan Paylater adalah proses pendatftarannya yang sangat mudah. Beberapa marketplace hanya mewajibkan penggunanya untuk mengunggah swafoto dan kartu identitas. Selain itu, seluruh proses pengajuan dapat dilakukan melalui smartphone saja.

  1. Bisa digunakan untuk segala jenis transaksi

Selain pendaftarannya yang mudah dan dipenuhi banyak promo, Paylater juga bisa Anda gunakan untuk berbagai macam jenis transaksi, baik online maupun offline. Tak perlu bingung ketika kehabisan uang tunai karena Paylater dapat menjadi solusi pembayaran bagi Anda. Selain itu, Paylater juga telah memiliki standar keamanan yang hanya bisa diakses oleh penggunanya saja.

  1. Masa tenor fleksibel

Keuntungan Paylater yang terakhir adalah tenggat pembayarannya yang fleksibel. Kebijakan yang ditawarkan biasanya berbeda-beda pada setiap e-commerce, mulai dari 1-3 bulan. Bahkan, beberapa e-commerce tidak memberikan biaya tambahan jika Anda memilih tenor yang kurang dari tiga bulan. Menarik, bukan?

Kekurangan Menggunakan Paylater

Meskipun menawarkan berbagai keuntungan, apa itu Paylater tetap memiliki beberapa kekurangan yang bisa membahayakan Anda jika tidak mengetahuinya sejak awal. Berikut adalah beberapa kekurangan dari metode pembayaran Paylater.

  1. Bisa membuat Anda lebih boros

Karena memberikan pinjaman uang di awal, Paylater sering kali bisa membuat Anda lebih boros karena terlalu banyak melakukan transaksi. Metode ini dapat memberikan efek yang membuat penggunanya mengira masih memiliki uang sebanyak limit yang ditetapkan. Hal ini cukup berbahaya, apalagi jika pinjaman uang yang disediakan berjumlah besar.

  1. Adanya bunga dan denda

Beberapa penyedia layanan Paylater menerapkan sistem bunga dan denda bagi pengguna yang telat mengembalikan uang. Hal ini tentu harus Anda pertimbangkan ketika akan menggunakan Paylater untuk kebutuhan pribadi maupun bisnis. Jangan sampai Anda malah merasa rugi karena harus membayar bunga yang ditetapkan oleh penyedia layanan Paylater.

  1. Tagihan membengkak

Penggunaan Paylater dapat membuat tagihan Anda membengkak. Hal ini disebabkan oleh penambahan biaya eksternal, seperti administrasi bulanan, bunga, hingga denda yang ditetapkan oleh berbagai penyedia Paylater. Karenanya, selain mempelajari apa itu Paylater, Anda juga tetap perlu melakukan penghitungan keuangan guna mengontrol pengeluaran bulanan Anda.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Tinggalkan Balasan