5 Kesalahan yang Terjadi Saat Pinjam Modal Tanpa Jaminan

Opsi pinjam modal usaha tanpa jaminan biasanya dipilih jika Anda sebagai pengusaha merasa butuh tambahan dana guna memperlancar jalannya bisnis. Kembali lagi, kesuksesan bisnis memang tidak semata-mata bertumpu pada besarnya modal. Namun tidak bisa dipungkiri kalau modal yang

cukup jadi penentu apakah bisnis Anda bisa bertahan atau tidak. Sayangnya, muncul banyak kasus di mana pengusaha melakukan kesalahan saat pinjam modal usaha tanpa jaminan.

Ada banyak sekali alasan mengapa orang meminjam uang untuk modal usaha. Bisa jadi karena modal yang terkumpul belum memenuhi target, atau alasan ingin memulai usaha sesegera mungkin. Nah, agar Anda tidak terjebak pada kesalahan pinjam modal usaha tanpa jaminan, ini beberapa kesalahan yang harus Anda kenali dan hindari.

Pakai prinsip gali lubang tutup lubang

Ingat kembali tujuan Anda di awal, yakni meminjam uang untuk modal usaha, bukan untuk membayar tagihan atau utang. Kesalahan seperti inilah yang membuat bisnis jadi sulit berkembang, karena pengelolaan keuangan yang tidak sehat pula. Jika memang Anda masih memiliki tanggung jawab untuk membayar utang tertentu, sebaiknya lunasi dulu segala utang yang Anda miliki sebelum mengambil pinjaman modal.

Anda bisa tetap pinjam modal usaha tanpa jaminan walau masih memiliki utang, dengan catatan modal yang dipinjam benar-benar dialokasikan untuk membiayai bisnis Anda. Jika Anda fokus, bisnis Anda bisa menghasilkan profit dan profit tersebut bisa Anda alokasikan untuk melunasi utang dan pinjaman Anda.

Pinjaman tidak pas dengan kebutuhan

Sebelum mengajukan pinjaman modal usaha tanpa jaminan, Anda harus benar-benar melakukan perhitungan kebutuhan pembiayaan yang tepat. Tujuannya agar Anda bisa mengajukan pinjaman dalam jumlah yang lebih akurat, sekaligus menyesuaikannya dengan kemampuan finansial Anda.

Ini karena kesalahan lain yang sering terjadi adalah pinjaman yang tidak pas dengan kebutuhan. Sebenarnya modal yang dibutuhkan itu sekian, tetapi pinjaman yang diajukan jauh di bawah kebutuhan. Bila sudah demikian, Anda pun harus mengajukan lebih dari satu pinjaman modal. Akibatnya, biaya yang Anda kucurkan juga akan lebih mahal daripada pinjaman dalam satu kali pengajuan.

Pengajuan menggunakan data palsu

Saat pinjam modal usaha tanpa jaminan, Anda diwajibkan untuk mengisi informasi data diri dengan benar dan jujur. Tujuannya agar penyedia jasa pinjaman pun bisa memastikan kalau Anda adalah orang asli dan memiliki kredibilitas yang terjamin. Selain itu, pihak peminjam juga lebih mudah menghubungi Anda bila sewaktu-waktu terjadi kendala selama proses peminjaman modal usaha tersebut.

Kesalahan lainnya yang kerap terjadi adalah beberapa orang justru mendaftar dengan informasi palsu. Bisa jadi alamat atau nomor telepon yang dimasukkan tidak benar karena takut data diri akan dibobol. Tenang saja, ada beberapa langkah proteksi yang bisa Anda lakukan.

Contoh sederhananya adalah dengan membuat alamat email baru khusus untuk mengajukan pinjaman. Jadi, alamat email utama Anda tidak berpotensi dibobol. Ini tentunya tidak terhitung sebagai pemalsuan data karena data diri yang lain masih tetap Anda isi dengan benar dan sesuai dengan dokumen resmi yang Anda miliki.

Pinjam modal usaha tanpa jaminan untuk kebutuhan konsumtif

Seperti yang sudah disebut di awal, Anda harus selalu fokus dengan tujuan Anda pinjam modal usaha tanpa jaminan: untuk membiayai bisnis Anda. Jadi, awasi sikap impulsif Anda agar dana pinjaman yang sudah didapat tersebut tidak raib. Jangan sampai modal pinjaman ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang bersifat konsumtif.

Kesalahan yang harus Anda hindari adah mengajukan pinjaman untuk modal usaha dan menggunakannya untuk membayar kebutuhan seperti cicilan motor atau rumah. Jelas sekali kebutuhan tersebut tidak ada hubungannya dengan bisnis yang akan atau sedang Anda kelola. Selalu pisahkan kepentingan pribadi dan kepentingan bisnis, termasuk dengan memisahkan rekening keduanya. Jangan sampai kesempatan untuk mengembangkan usaha terhalang karena kecerobohan kita dalam mengambil tindakan. Anda juga dapat menyimak tips berikut, cara ideal untuk mengelola dana pinjaman.

Asal pilih platform pinjaman modal usaha

Terakhir, bisa jadi ini adalah kesalahan yang paling umum terjadi, yaitu asal memilih platform yang menawarkan pinjaman modal usaha tanpa jaminan. Anda harus memeriksa dengan teliti kredibilitas suatu platform pinjaman. Jika tidak, justru Anda nantinya yang akan merugi karena adanya potensi penipuan dan pencurian data. Oleh karena itu, Anda bisa memeriksa ciri pinjaman online yang aman dan diawasi oleh OJK.

Agar lebih tenang, Anda bisa menggunakan Modalku. Pinjam modal usaha tanpa jaminan bisa Anda lakukan bersama Modalku yang memiliki sistem keamanan yang ketat demi menjaga privasi dan dan transaksi yang Anda lakukan. Anda juga akan dibantu dalam melakukan pengajuan pinjaman dengan proses yang cepat dan mudah untuk dilakukan!

Pelajari di sini


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply