Gampang! Ini Dia Cara Menghitung Bunga Deposito!

cara menghitung bunga deposito

Saat ini, ada berbagai cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan selain pekerjaan utama. Dengan begitu, Anda dapat menyimpan uang dan mendapatkan keuntungan di waktu bersamaan.  Jika ingin mulai menyimpan uang dan mendapatkan keuntungan, Anda dapat melirik deposito. Secara sederhana, deposito adalah instrumen investasi dengan imbalan berupa suku bunga.

Umumnya, Anda dapat membuat deposito melalui Bank tempat menyimpan tabungan. Nantinya, bunga deposito yang didapatkan akan dihitung berdasarkan suku bunga sesuai ketetapan dari Bank Indonesia. Bunga inilah yang akan menjadi keuntungan setiap bulannya sehingga tabungan Anda menjadi bertambah dalam kurun waktu tertentu. Lantas, bagaimana cara menghitung bunga deposito yang benar?

Pengertian deposito

Menurut Otoritas Jasa Keuangan atau OJK, Deposito merupakan layanan yang diberikan pihak bank berupa simpanan. Nantinya, simpanan Anda akan bertambah sesuai suku bunga yang telah ditetapkan. Akan tetapi, Anda tidak dapat langsung mengambil deposito secara tiba-tiba. Diperlukan sejumlah waktu bagi bank untuk dapat mencairkan deposito tersebut.

Layanan ini biasa digunakan oleh masyarakat yang memiliki penghasilan berlebih untuk melakukan investasi. Dengan begitu, mereka dapat memiliki penghasilan pasif sebagai sumber pendapatan selain gaji dari pekerjaan utama. Satu hal yang harus dicatat adalah biasanya deposito memiliki jumlah minimal untuk disetor pada awal pembuatan. Karena itulah, Anda wajib menyiapkan dana besar dan tidak akan digunakan pada waktu dekat sebagai modal awal deposito.

Kelebihan deposito

Terdapat sejumlah kelebihan yang didapat ketika Anda membuat deposito. Kelebihan tersebut di antaranya sebagai berikut.

1. Risiko kerugian kecil

Kelebihan deposito yang pertama adalah memiliki resiko kerugian kecil. Hal itu dapat dilakukan dengan menaruh dana deposito Anda ke instrumen dengan resiko kerugian rendah. Instrumen dengan resiko rendah ini tidak akan mengurangi dana awal Anda. Akan tetapi, keuntungan yang ditawarkan biasanya juga tidak terlalu tinggi. Namun, hal tersebut dapat menjadi modal awal sebelum mencoba instrumen dengan resiko menengah untuk keuntungan berinvestasi lebih tinggi.

2. Mudah bagi pemula

Deposito juga ramah untuk Anda yang masih dalam usia muda dan baru ingin memasuki dunia investasi. Hal ini mengingat dana minimum setoran yang tidak terlalu besar hingga resiko kerugian yang kecil. Sehingga, Anda akan terhindar dari resiko merugi dan dapat belajar seiring waktu untuk investasi lebih baik.

3. Suku bunga lebih tinggi daripada tabungan biasa

Kelebihan lain dari deposito adalah menawarkan suku bunga lebih tinggi daripada tabungan biasa. Deposito menjanjikan suku bunga hingga tiga kali lipat dari tabungan biasa. Namun, Anda bisa mendapatkan suku bunga lebih tinggi dengan menaruh dana setoran lebih banyak.

4. Dijamin oleh LPS

Menyimpan deposito bank juga aman dan nyaman karena dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan atau LPS. Lembaga ini akan terus melakukan audit terhadap arus uang yang dijalankan bank untuk memastikan keamanan deposito Anda.

Cara menghitung bunga deposito

Cara menghitung bunga deposito dapat dilakukan dengan menggunakan rumus sebagai berikut:

(Setoran Pokok x Suku Bunga Deposito x Tenor*dalam satuan hari) / 365 (hari)

Sementara itu, berikut ini rumus untuk menghitung jumlah pajak deposito:

Tarif Pajak x Profit dari Bunga Deposito

Contoh cara menghitung bunga deposito

Berikut contoh dari cara menghitung bunga deposito untuk memudahkan Anda dalam memahami rumus tersebut.

Richard ingin melakukan deposito dana dengan jumlah Rp 10.000.000 untuk jangka waktu enam bulan, dengan suku bunga deposito sebesar 4% dengan potongan pajak 15%.

Total profit yang didapat Richard adalah;

(10.000.000 x 4% x 180 hari)/365

72.000.000/365

= Rp 197.260,00

Lalu, tarif pajak yang dibebankan kepada Richard adalah;

15% x 197.260

= Rp 29.589,00

Jenis-jenis deposito

Terdapat sejumlah jenis deposito yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Jenis-jenis dari deposito adalah;

1. Deposito berjangka

Deposito berjangka merupakan deposito yang menjanjikan Anda untuk mendapat keuntungan dalam kurung waktu tertentu sesuai kesepakatan dengan pihak bank. Untuk Anda yang berencana melakukan investasi jangka pendek dapat meminta keuntungan dibagikan dalam kurun waktu satu hingga enam bulan. Namun, untuk Anda yang menginginkan investasi jangka panjang dapat meminta keuntungan dibagikan dalam kurun waktu satu tahun.

2. Sertifikat deposito

Jenis lain dari deposito adalah sertifikat deposito. Deposito ini cukup ini karena dapat Anda jual belikan atau dijadikan sebagai jaminan kredit. Biasanya, deposito ini terbit dalam kurun waktu satu hingga enam bulan.

3. Deposito on-call

Deposito on-call sendiri merupakan jenis deposito yang menawarkan keuntungan besar dalam waktu singkat. Biasanya, keuntungan sudah bisa dinikmati dalam satu bulan. Namun, Anda wajib menyetor dana awal dalam jumlah besar.

Cara menghitung bunga deposito dapat dipahami untuk mengoptimalkan keuntungan investasi. Selain deposito, Anda juga bisa menjadi pendana Modalku yang menawarkan banyak keuntungan. Modalku merupakan lembaga pinjaman finansial yang dikhususkan untuk membantu usaha UMKM masyarakat Indonesia. Dengan menjadi pendana di modalku, Anda tidak hanya mendapat keuntungan, namun turut berpartisipasi dalam kegiatan ekonomi di Indonesia. 

Anda akan mendapat keuntungan yang menjanjikan dengan tenor tertentu untuk memastikan kenyamanan sebagai pemberi dana. Klik tombol di bawah ini:

Danai Sekarang


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan kredit modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi dana.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat ModalkuĀ di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? KlikĀ di sini.

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan