Apa Pentingnya Membuat Skala Prioritas?

Membuat skala prioritas akan membantu Anda menyelesaikan berbagai hal atau tugas meski dengan waktu yang terbatas. Daftar prioritas yang disusun berdasarkan urgensi dan manfaat memungkinkan Anda untuk mengenali pekerjaan mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu sehingga menghemat waktu. 

Jika Anda tidak memiliki atau menetapkan skala prioritas yang tepat dalam bekerja, maka aktivitas pekerjaannya akan terganggu, seperti tidak dapat menyelesaikan tugas tepat waktu dan kurang tahu bagaimana cara membagi waktu. Untuk itu, pengaturan skala prioritas sangat diperlukan dalam melakukan tugas atau pekerjaan. Mari simak informasi lengkap tentang pentingnya membuat skala prioritas berikut.

Tidak Perlu Capek Menuntaskan Pekerjaan

Saat Anda sudah memiliki skala prioritas, Anda dapat memastikan energi yang dikeluarkan untuk menyelesaikan setiap pekerjaan tidak akan terbuang percuma. Ini karena energi tersebut dikeluarkan lewat perencanaan matang, sehingga Anda menyelesaikan pekerjaan dengan tepat tanpa mengulang yang berpotensi mengeluarkan lebih banyak energi.

Triknya adalah mengidentifikasi tugas mana yang penting untuk diselesaikan dan tugas mana yang mendesak. Seringkali, masalahnya terletak pada kebiasaan menyelesaikan sesuatu hanya dengan menjadi sibuk. Sedangkan, sibuk cenderung menumpuk lebih banyak pekerjaan yang sebagian besar mungkin sama sekali tidak perlu untuk hasil yang harus difokuskan.

Jadi, penting untuk membuat rencana yang matang agar Anda tidak perlu capek menuntaskan pekerjaan. Skala prioritas juga memastikan Anda tidak membiarkan tugas yang benar-benar penting tertunda hingga menjadi krisis yang memaksa Anda untuk meninggalkan pekerjaan-pekerjaan yang lain dan menyelesaikannya dalam mode panik. Ini bukan hanya cara yang tidak menyenangkan untuk melakukan pekerjaan, tetapi juga ceroboh dan tidak profesional.

Lebih Efektif dalam Membagi Waktu

Waktu sangat terbatas, sedangkan pekerjaan menumpuk. Mudah untuk merasa seakan Anda tenggelam dalam tumpukan pekerjaan yang seperti tidak ada habisnya. Terkadang, faktanya mungkin memang demikian, namun Anda selalu bisa lebih efektif dalam cara membagi waktu berdasarkan prioritas pekerjaan.

Untuk lebih efektif membagi waktu, pertama Anda harus tahu semua pekerjaan yang harus diselesaikan dengan membuat daftar pekerjaan dan deadline (tenggat waktu). Kemudian, uraikan daftar tersebut menjadi tiga jenis pekerjaan, yakni tugas tunggal, tugas berulang, dan proyek. Terakhir, prioritaskan pekerjaan dengan deadline mendesak pada awalnya, sampai Anda dapat menangani berbagai hal lain dan semuanya berjalan lebih lancar.

Skala Prioritas Dapat Meningkatkan Produktivitas

Sebagian besar orang tidak seproduktif yang diinginkan karena dua alasan: memiliki kebiasaan buruk yang mengganggu produktivitas dan lebih reaktif daripada proaktif, atau terlalu malas untuk membuat kemajuan menuju tujuan. Solusinya sederhana, yaitu mengganti kebiasaan buruk dan pola reaktif dengan kebiasaan baik yang akan membuat Anda lebih proaktif dan bertanggung jawab atas pekerjaan, seperti membuat rencana berdasarkan prioritas.

Produktivitas akan meningkat jika Anda tahu apa saja yang menjadi prioritas. Ini karena semua upaya yang Anda lakukan tepat sasaran dan didukung dengan prinsip penghematan energi, efisiensi waktu, dan kondisi tubuh yang prima. Jika Anda menjadi lebih produktif, karier Anda akan semakin maju dan mendapatkan kepercayaan lebih untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan lebih besar di masa mendatang. 

Tahu Apa yang Harus Dilakukan dan Tujuannya

Memiliki daftar prioritas juga akan membuat Anda mengetahui apa yang harus dilakukan dan apa tujuannya. Ini karena menyusun rencana akan membuat Anda tidak kebingungan saat akan melakukan sesuatu. Anda hanya perlu mengikuti rencana yang sudah disusun satu per satu dan dengan begitu terbiasa bekerja sesuai rencana dan mampu berpikir lebih jauh ke depan.

Terhindar dari Stres

Terakhir, skala prioritas juga akan menghindarkan Anda dari stres. Mengetahui bahwa Anda tidak harus menyelesaikan semua tugas sekaligus atau dalam satu hari akan memberi Anda waktu yang lebih fleksibel untuk fokus pada hal yang paling penting terlebih dahulu.

Saat Anda menyelesaikan tugas lebih awal dari deadline, Anda memiliki waktu yang cukup untuk bersantai dan refresh untuk tugas-tugas di masa depan. Cara membagi waktu ini tentu saja membuat Anda terhindar dari stres dan dapat mengalokasikan waktu istirahat di antara tugas-tugas yang diselesaikan.

Sekarang Anda sudah tahu, kan, apa saja pentingnya membuat skala prioritas? Jika prioritas Anda saat ini adalah memulai usaha sendiri, Anda bisa menyiapkan modal usaha dengan menggunakan pinjaman online dari Modalku yang memiliki bunga kompetitif dan pencairan dana hingga Rp2 Miliar. Semoga bermanfaat!


Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Leave a Reply