1

Memulai Bisnis Franchise dengan Modal Kecil

Tertarik memulai usaha dengan modal kecil? Bisnis franchise bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda. Franchise murah saat ini sudah bisa Anda mulai hanya dengan modal Rp 5 juta atau bahkan kurang dari itu. Umumnya, Anda akan diminta untuk membayar sejumlah uang dan mendapatkan berbagai fasilitas penjualan. Selain itu, Anda juga akan menerima perjanjian untuk menjalankan bisnis franchise tersebut sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Nah, pada artikel kali ini, Modalku sudah merangkum cara memulai bisnis franchise dengan modal minim untuk Anda. Yuk, simak!

Lebih Cepat, Lebih Baik

Saat memilih untuk memulai bisnis franchise, Anda tak lagi perlu repot-repot untuk membuat perencanaan bisnis. Segala sesuatu yang Anda butuhkan, termasuk sistem dan strategi pemasaran, sudah tersedia. Artinya, Anda dapat memulai bisnis franchise lebih cepat sehingga bisnis dapat berjalan meskipun Anda masih pemula soal berbisnis. Dengan template bisnis franchise, digabung dengan penyediaan lokasi strategis dari Anda, maka dalam waktu singkat bisnis pun sudah dapat dimulai.

Kualitas dan Kuantitas Terjamin

Dengan bisnis franchise, banyak kebutuhan usaha yang disediakan oleh pihak franchisor. Secara otomatis, konsistensi terhadap kualitas dan kuantitas bisa terjamin. Usaha kecil-kecilan ini pun menjanjikan keuntungan yang cukup besar bagi Anda, sebab pelanggan tak lagi meragukan kualitas maupun kuantitas yang diberikan oleh produk bisnis franchise tersebut. Ditambah, nama brand sudah ada. Tetapi tentu saja Anda harus tetap menjalankan operasional usaha sebaik mungkin.

Pemasaran Lebih Mudah

Menjalankan bisnis franchise menjanjikan pemasaran yang lebih mudah. Hal ini dikarenakan pihak franchisor akan menyediakan media promosi baik secara konvensional ataupun dengan memanfaatkan media sosial. Seperti yang disebut di atas, bila brand dari bisnis franchise tersebut sudah cukup populer di kalangan masyarakat, maka anggaran untuk pemasaran atau marketing akan terpotong. Dengan nama baik bisnis franchise, usaha marketing tidak perlu mulai dari nol.

Teliti Sebelum Memilih Franchise

Jangan lupa, sebelum memilih bisnis franchise, Anda harus terlebih dulu mempelajari ketentuan sistem franchise yang diberlakukan. Pasalnya, setiap franchisor memiliki standard operating procedure (SOP) dan ketentuan masing-masing untuk menjaga kualitas dan nama baik brand mereka di hadapan pelanggan. Sebaiknya Anda tidak tergiur dengan harga bisnis franchise murah, tetapi tidak punya sistem yang jelas ataupun tidak cukup kebutuhan usaha yang disediakan. Selalu lakukan riset agar Anda tidak sulit mengembangkan usaha modal kecil tersebut.

Pelajari Kelebihan dan Kelemahan Produk

Setiap penawaran bisnis franchise sering kali hanya mencantumkan kelebihan-kelebihan produk. Meskipun produknya sudah terkenal, Anda tetap harus memahami kelemahan produk yang akan dijual pada pelanggan. Hal ini akan memudahkan Anda untuk mengantisipasi kemungkinan adanya komplain. Dengan memahami kelemahan produk, Anda juga dapat lebih berhati-hati dalam mengontrol penjualan itu sendiri.

Anda bisa riset soal kelebihan dan kekurangan produk franchise di berbagai tempat, termasuk membaca forum dan menyimak review para pelanggan.

Siapkan Dana Cadangan

Bisnis franchise memang menjanjikan keuntungan yang lebih mudah didapat, tetapi bukan berarti usaha kecil-kecilan ini bisa dengan instan menguntungkan Anda. Apabila franchise Anda sudah berdiri, semua tergantung pada kemampuan Anda mengelola usaha: apakah staf Anda bisa dipercaya dan ramah pada pelanggan? Apakah pembuatan produk bermasalah di hari-hari tertentu? Bagaimana cara mengakali hari-hari sepi? Saat usaha sudah berjalan, walaupun modal usaha awal kecil, banyak faktor yang tidak terduga dalam bisnis. Usahakan untuk menyiapkan dana cadangan setidaknya setengah dari modal usaha Anda.


Itulah tadi cara memulai bisnis franchise dengan modal kecil. Jika ditekuni dengan baik, maka usaha modal kecil ini dapat memberi keuntungan besar untuk Anda. Setelah bisnis franchise mulai berjalan, Anda dapat mulai mengembangkannya. Bila perlu tambahan modal usaha saat mengembangkan bisnis franchise, Anda bisa mendapatkannya dengan mengajukan pinjaman modal usaha melalui platform peer-to-peer lending Modalku.

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, platform peer-to-peer (P2P) lending nomor 1 di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Comments 1

  1. Pingback: 5 Cara Mengembangkan Bisnis Sejak Mahasiswa - Modalku

Leave a Reply