Tips Memulai Franschise Minimarket untuk Bisnis yang Menjanjikan

bisnis franchise yang menjanjikan

Keberadaan minimarket untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari memang tidak tertandingi. Popularitas ini membuat minimarket menjadi usaha dengan omset yang stabil dan risiko investasi yang rendah. Karena itulah franchise minimarket menjadi ide bisnis yang menjanjikan serta menggiurkan. Apa Anda tertarik dengan usaha seperti ini? Pelajari kiat di balik bisnis minimarket yang menguntungkan!

Meski jenis usahanya sudah cukup menjanjikan, Anda butuh persiapan matang sebagai berikut jika ingin mendapatkan keuntungan dari franchise minimarket.

1. Survei lokasi sekitar Anda

Franchise minimarket yang sukses membutuhkan lokasi yang strategis. Jika Anda ingin timbal balik bisnis yang menjanjikan, pastikan Anda melakukan survei secara menyeluruh di lokasi yang Anda inginkan. Spesifiknya, pertimbangkan apakah daerah tersebut memiliki infrastruktur penunjang seperti komplek perumahan, sekolah, kantor, atau pusat transportasi umum karena bergantung dari wilayah yang Anda pilih, produk yang dijual pun juga akan berbeda.

Selain minimarket, Anda juga bisa mempertimbangkan memulai bisnis franchise minuman lho!

2. Cek kesiapan modal Anda

Bisnis yang menjanjikan juga memerlukan modal, jadi Anda harus memiliki pendanaan yang memadai. Memulai franchise minimarket akan menghabiskan biaya yang cukup besar, tetapi Anda masih bisa membuka toko berukuran kecil terlebih dahulu apabila itu lebih memungkinkan dengan keterbatasan budget yang ada. Pada tahap ini, jangan sungkan untuk mencari dana tambahan dari pinjaman bank atau orang terdekat selama Anda bisa melunasinya.

3. Ketahui cara menghadapi persaingan

Jumlah minimarket belakangan ini sudah semakin menjamur, sehingga kompetisi bisnis pun tidak dapat dihindari. Namun, selama Anda tahu cara menghadapinya, bisnis akan tetap menguntungkan. Caranya, ketahui apakah ada franchise minimarket lain yang buka di dekat lokasi usaha Anda dan amati bagaimana mereka bisa menarik pelanggan. Kemudian, buatlah strategi bisnis yang unik berdasarkan kelebihan bisnis Anda.

Baca juga: Strategi Menyikapi Persaingan Ketat Bisnis F & B

4. Pelajari ukuran standar bangunan minimarket

Dimensi bangunan yang akan Anda gunakan sebagai lokasi minimarket bisa disesuaikan dengan ketersediaan lahan serta budget. Tapi, berapa pun ukurannya, jangan lupa menyisakan lahan kosong sebesar minimal 6 meter di bagian luar gedung sebagai tempat parkir. 

Kemudian, usahakan untuk tidak memasang terlalu banyak tiang beton di bagian tengah minimarket agar pembeli dan pegawai Anda bisa lalu-lalang dengan lebih leluasa di antara setiap lorong. Kedua hal ini akan meningkatkan kenyamanan mereka, sebuah elemen wajib bagi bisnis yang menjanjikan.

Baca juga: 9 Jenis Usaha yang Cocok di Pedesaan

5. Lakukan riset franchise

Menjalankan bisnis franchise minimarket berarti Anda akan bekerja sama dengan pemilik waralaba yang sudah ada terlebih dahulu. Maka dari itu, supaya bisnis Anda semakin menjanjikan, mulailah dengan menelusuri track record usaha waralaba yang ingin Anda gandeng. 

Jika riwayatnya bagus, lanjutkan dengan mempelajari syarat jumlah pemesanan minimum rak yang ada dan produk yang akan didapatkan. Langkah ini akan membantu Anda merencanakan tata letak lorong yang sesuai dengan ukuran toko dan anggaran keuangan.

Agar bisnis Anda makin cepat berkembang, Anda dapat mengajukan kredit modal usaha di Modalku. Caranya mudah, klik tombol ini saja:

Ajukan Sekarang!

6. Pilih supplier yang terpercaya

Setelah mengetahui produk-produk apa saja yang diperlukan oleh calon pelanggan, Anda bisa membeli semua barang tersebut dari supplier grosiran. Akan tetapi, jangan mengincar harga murah saja! 

Pelajari baik-baik apakah supplier tersebut menawarkan lini produk yang lengkap, pelayanan yang cepat, dan kebijakan pembayaran yang bersahabat. Pasalnya, kunci dari bisnis yang menjanjikan adalah menjalin hubungan baik dengan pemasok, dan proses tersebut memerlukan pembayaran tepat waktu.

7. Seleksi calon karyawan dengan teliti

Agar operasional minimarket tetap lancar, tentunya Anda harus mengandalkan bantuan ekstra dari pegawai. Nah, pekerja yang jujur, kompeten, serta ramah akan menjamin keberlangsungan bisnis Anda karena berbagai alasan. Kira-kira apa saja?

Pertama, Anda bisa mencegah risiko kehilangan barang jualan dan penggelapan laporan keuangan. Kedua dan yang tidak kalah penting, pelanggan lebih menyukai karyawan yang dapat melayani mereka dengan cepat serta bersahabat. Oleh sebab itu, Anda wajib menjalankan proses seleksi yang ketat, terutama pada tahap wawancara untuk menakar kepribadian dan karakter calon karyawan.

Dengan menjamurnya kebutuhan akan minimarket di lingkungan sekitar, franchise minimarket merupakan ide bisnis yang menjanjikan dengan risiko yang relatif rendah Namun, kesuksesan dari model bisnis tersebut hanya akan terasa jika Anda sudah memiliki rencana bisnis yang matang dengan mengikuti tips-tips di atas.

Tidak bisa dimungkiri bahwa bisnis minimarket hanya bisa berjalan dengan dana yang memadai. Nah, Anda dapat mempertimbangkan pinjaman fleksibel dari Modalku untuk mencukupi modal bisnis yang diperlukan. 

Supaya tidak terlalu membebani Anda selaku pebisnis baru, Anda juga tidak membutuhkan jaminan apa pun untuk memperolehnya! Tertarik? Klik tombol di bawah ini:

Ajukan Sekarang!

Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi dana.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan