Bagi Anda yang berkecimpung dalam dunia retail, pasti sudah sering melakukan penghitungan stok barang. Mencatat jumlah barang secara akurat dan menatanya dengan rapi akan membuat pekerjaan Anda semakin terorganisir. Itulah sebabnya stock opname adalah sesuatu yang harus Anda kuasai sebagai pengusaha. Sebenarnya, apa itu stock opname? Mari cari tahu jawabannya di bawah ini.
Stock Opname Adalah Penghitungan Stok, Benarkah?
Ya, stock opname adalah rangkaian proses penghitungan persediaan stok barang yang Anda miliki di gudang. Rangkaian proses ini meliputi penghitungan jumlah stok barang, pemeriksaan barang secara langsung, dan penataan barang agar operasional terkait produk tertentu menjadi lebih mudah sampai produk berhasil dipasarkan.
Sebelum menjual produk kepada para konsumen, Anda tentu harus memastikan stok produknya aman, bukan? Baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya. Nah, stock opname adalah kegiatan penting yang wajib Anda lakukan agar proses bisnis dapat berjalan lancar, terutama dari faktor persediaan produk yang Anda tawarkan.
Mengapa Harus Melakukan Stock Opname?
Tujuan stock opname adalah agar Anda bisa mengetahui stok barang yang Anda miliki di gudang, baik untuk bisnis online maupun offline. Anda pun juga bisa mengecek kesesuaian antara jumlah stok barang dalam pembukuan dengan situasi riil yang ada. Apabila ada ketidaksesuaian antara jumlah barang dengan catatan pembukuan, maka proses bisnis Anda akan terganggu.
Dengan melakukan stock opname, Anda juga tahu kapan harus memperbarui stok persediaan suatu produk. Saat mengetahui stok suatu produk sudah hampir habis, maka Anda bisa langsung melakukan restock. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui produk mana yang paling laris dibeli melalui stock opname. Dengan mengetahui mana produk yang laris dan mana yang kurang diminati, Anda pun jadi bisa menentukan jumlah stok yang akan Anda simpan di gudang.
Di samping itu, tujuan stock opname adalah untuk keperluan audit. Jangan sampai ada kesalahan hitung atau ketidaksesuaian karena hal ini bisa membuat hasil audit bisnis Anda buruk, apalagi jika proses audit perusahaan Anda dilakukan oleh auditor eksternal.
Kapan Sebaiknya Melakukan Stock Opname?
Jika bisnis Anda tergolong fast moving, maka sebaiknya stock opname dilakukan secara rutin setiap hari selama jam operasional perusahaan Anda. Untuk mengetahui kesesuaian jumlah yang tercatat dalam pembukuan dengan kondisinya di gudang secara pasti, maka Anda bisa melakukan stock opname dua kali sehari, yaitu saat jam buka toko dan jam tutup toko.
Selain harian, Anda juga perlu melakukan stock opname secara periodik, yaitu per kuartal. Bisa tiga bulan sekali, enam bulan sekali, atau bahkan per tahun. Sistem seperti ini tergantung juga pada tingkat urgency bisnis Anda. Sebaiknya, Anda juga melakukan stock opname saat ada event besar seperti HARBOLNAS, payday, Hari Raya, dan sebagainya
Cara Melakukan Stock Opname yang Benar
Meski terlihat sederhana, stock opname adalah proses yang tidak boleh dilakukan asal-asalan. Anda harus tahu cara melakukan stock opname yang baik dan benar. Berikut ini cara melakukan stock opname yang tepat melalui tiga tahap.
1. Tahap awal
Tahap awal stock opname adalah tahap yang paling penting. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melabeli produk sesuai kategorinya, bisa dengan menempelkan stiker atau dengan barcode.
Setelah itu, Anda harus mengatur posisi produk sesuai dengan kategori yang sudah Anda buat. Dengan penataan yang rapi seperti ini, proses stock opname menjadi jauh lebih mudah. Berikan label juga pada produk tertentu yang akan masuk selama proses stock opname, maupun pada barang rusak yang tidak bisa diretur.
2. Persiapan
Tahap persiapan adalah tahap ketika sudah mendekati hari-H stock opname. Hal-hal yang harus Anda persiapkan adalah briefing bersama tim gudang, memberi instruksi pada tim gudang terkait mutasi barang, dan memberi tanda kapan mutasi barang dihentikan sampai stock opname selesai.
3. Tahap akhir
Tahap akhir stock opname adalah langkah utama dari keseluruhan prosesnya. Tahap ini dilakukan pada saat stock opname dilaksanakan. Pada waktu ini, Anda harus pastikan kembali bahwa semua hal terkait persediaan barang dalam gudang sudah tercatat dalam sistem pembukuan.
Apabila Anda baru saja membuka bisnis dan belum punya banyak stok produk, Anda bisa pakai dana dari Modalku sebagai modal mengembangkan bisnis. Modalku adalah platform pendanaan digital bagi para pengusaha UMKM agar bisnis yang dijalankan semakin tumbuh hingga berhasil. Tak perlu khawatir, Modalku sudah terjamin keamanannya dan diawasi langsung oleh OJK. Klik di sini untuk info selengkapnya!
Meta desc:
Meta tags:
Main keyword:
Ubaidillah Pratama is Modalku SEO & content marketing, blog writer & FinTech enthusiast.