Jastip Adalah Bisnis Mengasyikkan Minim Modal

jastip adalah bisnis yang menguntungkan

Belakangan ini, kata “jastip” sering kali kita dengar. Jastip adalah gabungan dari kata ‘jasa’ dan ‘titip’. Jasa ini bertujuan membantu orang untuk membeli barang yang mereka mau, namun secara jarak tidak terjangkau sehingga perlu menitip orang lain. Fenomena belanja jastip ini makin gencar saat pandemi. Pandemi membuat orang tidak leluasa bepergian sehingga mengandalkan jastip untuk membeli keperluan atau barang yang diinginkan.

Keuntungannya, kita tetap bisa membeli barang meski dari rumah saja. Bisnis satu ini pun semakin hari semakin menjanjikan karena bisa dilakukan semua orang. Apakah Anda berminat terjun ke dalam bisnis ini? Simak serba-serbi jastip, si bisnis asyik minim modal berikut ini!

Tahukah Anda? Jastip adalah salah satu bisnis modal kecil yang menguntungkan lho!

Apa Itu Jastip dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Jastip adalah sebuah bentuk jasa yang menawarkan pembelian barang dari satu tempat ke tempat lain untuk mendapatkan keuntungan dari harga barang yang menjadi titipan. Bisnis jastip ini makin kiat digeluti karena Anda hanya akan membeli barang sesuai permintaan dengan harga yang lebih tinggi lagi, sehingga hampir tak memiliki modal.

Bisnis Jastip semakin digemari masyarakat karena beberapa alasan, misalnya saat tidak sempat datang ke bazaar tertentu, tempat belanja terlalu jauh, dan sebagainya. Dengan alasan-alasan tersebut, jelas jastip menjadi solusi praktis untuk mendapatkan barang yang diinginkan atau memang dibutuhkan.

Apa Saja Keuntungan Bisnis Jastip?

Salah satu keuntungan jastip adalah tidak memerlukan modal yang banyak. Bahkan Anda hanya perlu mengandalkan smartphone saja untuk berinteraksi dengan calon pembeli. Namun, Anda harus mengetahui cara menghitung keuntungan jastip dengan benar.

Jumlah keuntungan yang diambil wajib disesuaikan dengan rata-rata pasar dan sebaiknya tak terlalu tinggi. Setidaknya Anda bisa mengambil untung sebesar 10-15% dari harga barang yang dipesan. Semakin besar dan semakin mahal harga barang yang dibeli, tentunya pelaku bisnis jastip akan mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi lagi.

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Jastip?

Setelah mengetahui bagaimana jastip adalah bisnis yang menguntungkan, wajar jika And ajadi tertarik menjalaninya. Agar tidak salah langkah, begini cara memulai bisnis jastip yang perlu Anda perhatikan!

1. Cari akses ke penyedia produk

Cara pertama memulai bisnis jastip adalah mencari akses ke penyedia produk. Akses yang dimaksud adalah berupa koneksi ke penyedia produk yang memberikan harga lebih murah dibandingkan toko pada umumnya. Dengan begini, Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah, namun dengan keuntungan lebih tinggi. Untuk bisa mendapatkan akses, sering-seringlah bergaul dengan warga lokal atau riset tempat-tempat yang menyediakan banyak diskon

2. Tentukan target konsumen

Selanjutnya, tentukan target konsumen. Tanpa target konsumen, bisnis jastip yang dijalankan tentu tidak akan tepat sasaran. Dengan adanya target pasar, Anda bisa menentukan cara promosi hingga barang apa yang akan dijual sesuai daya beli mereka. Misalnya, jika ingin membuat jastip skincare high-end, berarti target pasar yang tepat adalah wanita dewasa yang sudah berpenghasilan. Jika produk yang mereka gunakan cocok, ada peluang besar mereka menjadi pelanggan setia Anda.

3. Tetapkan tarif jastip yang masuk akal

Keuntungan lain dari bisnis jastip adalah adanya tarif yang ditetapkan dari setiap barang yang dititip. Meskipun umumnya pelanggan jastip adalah kalangan menengah ke atas, bukan berarti tarif yang dikenakan harus tinggi. Jika tarif yang Anda berikan terlalu tinggi, jangan heran bila pembeli kabur. Minimal tentukan tarif sekitar 10-15% dari harga barang yang dibeli.

4. Rajin lakukan promosi

Promosi adalah hal yang penting dilakukan dalam bisnis jastip. Misalnya Anda ingin melakukan perjalanan ke luar negeri, sebaiknya lakukan promosi bahkan sejak H-2 minggu Anda pergi ke negara tersebut. Anda bisa membuka pre-order di mana pembeli mendapatkan kesempatan untuk memesan terlebih dahulu barang yang diinginkan. Promosi ini juga berguna meningkatkan daya beli pembeli karena mereka bisa menabung terlebih dahulu.

Lihat juga: 6 Ide Konten untuk Promosi Bisnis di TikTok

5. Atur waktu Anda dengan baik

Kunci keberhasilan jastip adalah pengaturan waktu yang baik. Sebagai penjual, Anda harus bisa mengatur waktu untuk memulai promosi, belanja, chat, live shopping, dan tentunya harus loncat dari satu toko ke toko yang lain. Supaya tidak keteteran, sebaiknya Anda sudah membuat itinerary yang berisi jadwal dan lokasi-lokasi mana yang akan Anda tuju.

Jastip adalah bisnis yang menawarkan peluang menjanjikan, terutama cocok bagi Anda yang juga hobi belanja. Bisnis jastip memang minim modal. Namun, jika Anda membutuhkan tambahan dana, Modalku bisa jadi solusinya. Modalku siap memberikan pinjaman modal bagi pelaku UKM hingga pengusaha online. Cek info selengkapnya di sini!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Tinggalkan Balasan