5 Cara Agar Bisnis Anda Dapat Pinjam Modal Usaha Tanpa Jaminan

Pinjam modal usaha tanpa jaminan biasanya jadi opsi yang akan diambil pengusaha karena beberapa alasan. Bisa jadi karena hendak menyeimbangkan arus kas atau hendak mengembangkan bisnis serta meningkatkan omzet. Ini dikarenakan pinjaman modal usaha tanpa jaminan dinilai lebih efisien dalam prosesnya dan memudahkan pemilik usaha itu sendiri.

Namun, hal yang harus Anda perhatikan adalah untuk memberi tambahan modal perusahaan atau bisnis, ada beberapa cara yang harus ditempuh. Salah satunya yakni cara-cara pinjam modal usaha tanpa jaminan yang paling tepat. Ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Lihat juga: “Meningkatkan Omzet dengan Pinjaman Kredit tanpa Jaminan”

Pelajari Cara “Pinjaman” Menilai Kelayakan Nasabah

Pinjam modal tanpa jaminan sudah pasti menyertakan beberapa jenis persyaratan yang perlu dipenuhi. Namun, ada hal yang lebih penting dari sekadar dokumen persyaratan, yaitu kelayakan data diri dan bisnis Anda sendiri. Maksud dari kelayakan ini terkait kemampuan Anda ke depannya untuk melunasi cicilan pinjaman.

Anda perlu memeriksa lagi catatan kredit atau pinjaman yang Anda miliki. Sebelum pinjam modal usaha tanpa jaminan, periksa apakah Anda masih berkewajiban membayar cicilan kredit lainnya. Periksa juga arus kas dan laporan keuangan secara keseluruhan. Apakah dari pemasukan dana bisnis memungkinkan untuk dialokasikan pada pos dana bisnis, dana darurat, serta dana untuk mencicil pengembalian pinjaman?

Inilah yang perlu Anda pastikan berada dalam status layak. Secara garis besar, Anda dan bisnis harus memiliki kemampuan finansial yang stabil untuk mengambil pinjaman. Dengan begitu, Anda bisa mantap membayar kembali semua pinjaman dan terhindar dari lilitan utang.

Lihat juga: “Mau Pinjam Modal Usaha dengan atau Tanpa Jaminan? Mana yang Cocok untuk Anda?”

Pilih Tujuan Pinjam Modal Usaha Tanpa Jaminan 

Setelah itu, hal yang tidak kalah penting untuk dilakukan sebelum pinjam modal usaha adalah memeriksa kembali tujuan mengajukan pinjaman. Tujuannya tentu bisa apa saja, namun dengan satu syarat. Tujuan meminjam tambahan untuk modal usaha ini harus dalam cakupan yang sifatnya produktif, bukan konsumtif.

Dengan kata lain, alokasi dana pinjam modal usaha tanpa jaminan ini juga dapat mendatangkan pemasukan. Contohnya seperti mengembangkan bisnis yang bisa Anda ajukan di Modalku dengan layanan Modal Kawan Mikro. Bisa juga tujuannya untuk mengontrol pengeluaran dan menstabilkan arus kas dengan memakai Modalku Virtual Credit.

Bandingkan Penyedia Pinjaman

Perlu Anda ketahui juga, kini ada banyak sekali penyedia dana pinjaman di luar sana. Mulai dari yang offline seperti bank sampai pinjaman online. Penyedia pinjaman ini pun hadir dengan berbagai macam tawaran program kredit pinjaman. Penting bagi Anda untuk memeriksa dan membandingkan antara satu penyedia pinjaman dengan penyedia lainnya.

Tujuannya tentu saja untuk menemukan program pinjaman yang Anda rasa paling cocok. Cocok dengan kebutuhan pembiayaan modal perusahaan yang sudah Anda periksa dan hitung di awal. Periksa juga skema pembayaran yang diterapkan di sana, termasuk persyaratan dari penyedia pinjaman yang perlu Anda lengkapi.

Lihat juga: “5 Alasan Menggunakan Pinjaman Online Resmi dari Modalku”

Siapkan Segala Persyaratan yang Ada

Setelah membandingkan beberapa penyedia pinjaman tadi, Anda harus segera menentukan pilihan akan memakai jasa penyedia yang mana. Berikutnya, pelajari dengan teliti segala persyaratan yang diwajibkan oleh pihak penyedia. Pinjam modal usaha tanpa jaminan pun akan menyertakan beberapa persyaratan yang wajib Anda siapkan.

Persyaratan ini biasanya seperti data diri lengkap sebagai pemilik usaha sampai dokumen-dokumen resmi terkait data diri dan usaha Anda. Beberapa penyedia pinjaman juga ada yang meminta persyaratan seputar laporan atau status keuangan usaha Anda. Jadi, jangan sampai ada yang tertinggal, ya. 

Isi Formulir dan Kirim Pengajuan Pinjam Modal Usaha Tanpa Jaminan

Terakhir, saat semua sudah disiapkan, Anda tinggal mengisi formulir dengan data yang benar dan lengkap. Periksa sekali lagi, lalu kirimlah pengajuan pinjaman Anda tersebut. Untuk durasi atau lama proses pengecekan data dan pencairan dana bisa jadi berbeda-beda, tergantung pada penyedia pinjaman yang sudah Anda pilih.

Jika ingin mendapat proses peminjaman yang jauh lebih cepat dan praktis, Anda bisa menggunakan program pinjam modal usaha tanpa jaminan dari Modalku. Prosesnya yang dilakukan secara online memudahkan Anda. Waktu verifikasi data dan pencairan dana pun tidak begitu lama, hanya dalam hitungan hari saja.

Itu dia beberapa cara mengajukan pinjam modal usaha tanpa jaminan yang perlu diperhatikan. Selamat mencoba dan selamat berbisnis!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Leave a Reply