4 Manfaat dari Memiliki Asuransi Bisnis

Tak hanya kesehatan dan jiwa, bisnis pun membutuhkan perlindungan asuransi. Asuransi merupakan salah satu bentuk pengendalian risiko yang dilakukan dengan mengalihkan risiko ke pihak lain, dalam hal ini perusahaan asuransi. Tujuan asuransi bisnis tentunya untuk memproteksi atau mengurangi risiko kerugian finansial yang bisa saja timbul ketika terjadi sesuatu pada bisnis. Selalu ada risiko, baik kecil maupun besar, selama menjalankan bisnis.

Dengan asuransi bisnis, maka pemilik usaha tak perlu dipusingkan dengan kerugian ketika ada risiko buruk yang menghampiri. Inilah yang membuat asuransi bisnis sangat diperlukan dalam melindungi aset. Untuk mengetahui asuransi bisnis secara lebih jelas, simak penjelasan 4 manfaat asuransi bisnis berikut ini.

Melindungi aset bisnis

Asuransi bisnis diperlukan untuk melindungi aset. Dengan asuransi bisnis, aset akan terproteksi dan kerugian besar dalam bisnis akan ditanggung oleh pihak asuransi. Beberapa proteksi aset dalam asuransi antara lain risiko pencurian, kebakaran, bencana alam, kecelakaan, dan risiko kerugian lain yang masuk dalam proteksi asuransi.

Walau Anda harus membayar premi secara berkala, tetapi dengan adanya perlindungan asuransi bisa sangat membantu dalam menghindarkan semua risiko. Anda pun tak perlu dipusingkan dengan kerugian besar saat terjadi masalah di kemudian hari.

Mengganti kerugian yang ada

Setiap risiko yang muncul pasti menimbulkan kerugian bisnis, baik itu kerugian kecil maupun besar. Dengan asuransi bisnis, kerugian otomatis akan dialihkan ke pihak perusahaan asuransi. Anda pun bisa tetap menjalankan bisnis tanpa harus memikirkan kerugian perusahaan dengan beralihnya tanggungan. Arus kas perusahaan pun lebih stabil karena terbebas dari risiko besar saat terjadi bencana.

Meski risiko yang timbul bisa datang bukan karena kecerobohan kita, setiap kerugian, baik yang disebabkan oleh manusia maupun alam, memiliki potensi ancaman pada bisnis Anda. Jika kerugian yang timbul kecil, mungkin Anda tidak akan berdampak banyak keuangan. Tetapi bagaimana jika kerugiannya besar? Skenario terburuk, perusahaan akan mengalami kebangkrutan karena arus kas yang bermasalah. Kondisi ini membuat Anda sangat membutuhkan asuransi bisnis.

Semakin percaya diri dalam berbisnis

Dengan adanya asuransi bisnis, usaha yang Anda jalankan sudah memiliki pondasi kokoh, sehingga tetap stabil dalam jangka panjang. Disebut demikian karena asuransi memiliki manfaat sebagai perlindungan bisnis dengan upaya pengalihan tanggungan risiko.

Tanpa kepemilikan asuransi bisnis akan membuat Anda kurang berani untuk mengembangkan kegiatan bisnis lebih luas. Dengan asuransi bisnis, Anda akan memiliki keberanian lebih agar perusahaan bisa berkembang dengan pesat.

Asuransi bisnis akan melindungi aset dari segala risiko yang mungkin terjadi. Dengan demikian, tanpa sadar Anda akan menjadi pengusaha yang lebih berani lagi dalam menghadapi risiko karena bisa sepenuhnya fokus pada tujuan perusahaan.

Adanya jaminan pengiriman

Bisnis apa pun selalu terkait dengan pengiriman barang, baik bahan baku maupun barang hasil produksi. Intensitasnya semakin tinggi jika bisnis yang digeluti bergerak di sektor perdagangan. Asuransi bisnis sangat penting untuk bisnis semacam ini. Alasannya karena usaha di sektor perdagangan cenderung memiliki tingkat risiko yang tinggi. Risiko paling besar biasanya terjadi pada saat proses pengiriman.

Asuransi bisnis dilakukan untuk melindungi aset, dalam hal ini barang yang dikirimkan. Apa pun bisa terjadi selama proses pengiriman barang. Dengan proteksi asuransi, maka tanggung jawab otomatis akan beralih ke perusahaan asuransi, baik kerusakan hingga kehilangan barang.

Asuransi bisnis sangat penting untuk melindungi aset yang dimiliki dari kerugian yang diakibatkan karena berbagai faktor. Sebagai pelaku bisnis, Anda bisa memilih menggunakan asuransi yang dirasa perlu.

Jika dirasa penting, tidak ada salahnya untuk menggunakan berbagai jenis asuransi agar Anda tidak perlu pusing memikirkan dana untuk mengatasi kerugian yang bisa saja timbul. Maka dari itu, pastikan untuk mengalokasikan dana yang cukup untuk kebutuhan pembayaran asuransi bisnis yang dirasa perlu.

Jika terkendala dana, Modalku memiliki layanan pinjaman online untuk membantu Anda dalam mengembangkan bisnis. Prosesnya cepat dan aman, tanpa persyaratan rumit. Dana pun cepat dicairkan, sehingga bisnis Anda tetap lancar.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply