Mau Tingkatkan Penjualan? Ini 3 Cara Live di TikTok Shop!

live tiktok

Dengan meningkatnya popularitas tren live shopping di media sosial, banyak pengguna yang beralih dari platform e-commerce konvensional ke TikTok untuk pengalaman belanja yang berbeda. TikTok, sebagai salah satu platform media sosial terbesar di dunia, telah menciptakan fenomena baru dengan memungkinkan pengguna untuk berbelanja secara langsung melalui siaran langsung. Kelebihan dari live shopping di TikTok sangat menarik bagi para penjual dan konsumen. Jika Anda ingin mengikuti tren ini dan memasarkan bisnis di TikTok, ada rahasianya, kok! Yuk, simak cara live di TikTok Shop selengkapnya di sini! 

Baca juga: Usaha Modal Kecil, Untung Besar

Bagaimana Cara Live di TikTok? 

Bagi Anda yang ingin memulai live di TikTok, pertama-tama Anda perlu mendaftar sebagai seorang penjual di TikTok Shop. Proses pendaftarannya cukup mudah dan dapat dilakukan melalui aplikasi TikTok. 

Pastikan Anda memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh TikTok, seperti memiliki akun yang sudah diverifikasi, setuju dengan kebijakan TikTok Shop, dan menyelesaikan proses pendaftaran dengan lengkap. Selain itu, Anda juga harus sudah berusia 16 tahun ke atas dan akun sudah memiliki lebih dari 1000 pengikut. Setelah pendaftaran Anda disetujui, Anda akan mendapatkan akses ke fitur live streaming di TikTok Shop.

Untuk memulai live, ikuti 3 langkah ini:

1. Buka aplikasi TikTok di smartphone Anda, lalu klik ikon “+” di bagian bawah layar.

2. Selanjutnya, geser layar sampai Anda menemukan tab Live. Sebelum memulai Live TikTok, pilihlah gambar dan tulis judul Live.

3. Terakhir, klik tombol “Go Live”. Untuk mengubah peraturan di tengah-tengah Live, tinggal klik ikon tiga titik.

5 Cara Berjualan di TikTok Shop supaya Laris

TikTok Live menjadi salah satu strategi marketing yang kerap dijalankan oleh bisnis. Sebab, hal ini membawa keuntungan yang besar untuk mereka. Supaya makin laris, Anda perlu melakukan beberapa cara berjualan di TikTok Shop di bawah ini.

1. Ketahui waktu yang tepat untuk mulai livestreaming

Salah satu keunggulan TikTok adalah audiens yang aktif dan terlibat. Berdasarkan pengalaman pengguna TikTok yang sukses, mereka merekomendasikan untuk membuat jadwal posting yang konsisten, terutama pada saat-saat di mana audiens potensial Anda paling aktif. 

Cobalah untuk mengamati pola perilaku pengguna TikTok dan mencatat waktu-waktu yang paling banyak pengguna aktif. Dengan menyesuaikan jadwal posting Anda berdasarkan informasi ini, Anda dapat menjangkau lebih banyak calon pembeli.

2. Perhatikan durasi video livestreaming Anda

Para pengguna TikTok cenderung memiliki perhatian yang singkat, jadi penting untuk memperhatikan durasi video siaran langsung Anda. Sebaiknya jangan melebihi 30 menit agar tidak membuat audiens menjadi bosan atau kehilangan minat. Gunakan waktu dengan efektif dan pastikan konten yang disampaikan menarik dan relevan.

3. Pancing ketertarikan dengan diskon dan promosi

TikTok Shop menawarkan berbagai fitur yang memungkinkan Anda untuk memberikan diskon dan promosi khusus kepada pengguna TikTok. Manfaatkan fitur ini untuk menarik minat calon pembeli dengan penawaran yang menarik. Diskon khusus atau hadiah gratis dapat menjadi pemicu bagi pengguna TikTok untuk melakukan pembelian.

4. Promosikan produk dengan singkat, padat, dan jelas 

Ketika Anda melakukan siaran langsung di TikTok Shop, pastikan untuk mempromosikan produk Anda dengan jelas dan singkat. Berikan informasi penting seperti deskripsi produk, harga, dan cara pembelian. Jangan lupa juga untuk menyertakan katalog produk yang tersedia dan metode pembayaran yang didukung. Semakin jelas dan mudah dipahami informasi yang Anda sampaikan, semakin tinggi kemungkinan calon pembeli akan tertarik dengan produk Anda.

5. Jangan takut bereksperimen dengan jenis konten yang berbeda 

Agar siaran langsung Anda tetap menarik dan tidak monoton, jangan takut untuk bereksperimen dengan jenis konten yang berbeda. Selain promosi produk, Anda dapat mengadakan sesi tanya jawab, melakukan review produk, ikut dalam tantangan TikTok, atau bahkan mengadakan acara langsung spesial untuk pengguna TikTok. Jenis konten yang unik dan bervariasi akan membantu Anda membangun hubungan yang kuat dengan audiens dan meningkatkan peluang penjualan.

Bagaimana, Anda sudah tertarik berjualan di TikTok Shop? Setelah mendaftar, ikuti cara live di TikTok yang sudah disebutkan dan padukan strategi tersebut dengan keunikan bisnis Anda! Beberapa jenis konten video yang lebih unik, misalnya event khusus, pastinya perlu modal. Tidak perlu khawatir, Anda bisa mengajukan modal tambahan dari Modalku! Klik tombol di bawah ini untuk ajukan kredit:

Ajukan Sekarang!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan kredit modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi dana.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan