5 Cara Jualan Online Laris

cara jualan online laris untuk kembangkan

Internet membuka peluang ke ekonomi baru dan telah mengubah persepsi tentang cara tradisional melakukan bisnis. Perusahaan besar seperti Alibaba dan Amazon telah berhasil menaklukkan pasar ritel online dan menjadi contoh sukses berjualan online. Bisnis online sendiri adalah bisnis yang dilakukan sepenuhnya di internet, dapat mencakup penjualan barang dan jasa, serta solusi SaaS.

Untuk bisa sukses di industri bisnis online, ada beberapa cara jualan online laris yang harus Anda lakukan agar bisnis dapat berkembang. Apa saja cara berjualan online agar cepat laku tersebut? Simak informasi berikut!

1. Buat Tampilan yang Menarik

Cara jualan online laris yang pertama adalah membuat tampilan toko online semenarik mungkin karena visual dapat menarik perhatian konsumen. Sulit membuat calon pembeli untuk melirik bisnis online Anda jika tampilan bisnis online Anda saja sudah tidak mencuri perhatian. Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam membuat tampilan yang menarik, di antaranya adalah logo, banner, dan foto produk. 

Salah satu cara jualan online laris ini akan membuat orang betah berlama-lama berada di dalam halaman toko online Anda. Pastikan tampilan toko online yang menarik diimbangi dengan penyusunan kategori produk yang tepat. Dengan begitu, calon pelanggan yang datang ke toko online Anda bisa dengan mudah mencari produk yang diinginkan.

Baca juga: Tampilan Produk dengan Kemasan yang Menarik

2. Tampilkan Foto Produk yang Eyecatching

Untuk mengatasi salah satu kekurangan jualan online, yaitu pelanggan tidak bisa melihat produk atau barang yang ingin dibeli secara langsung, Anda dapat memberikan foto produk yang jelas dan eyecatching. Anda bisa menampilkan dua atau tiga foto dengan angle yang berbeda untuk menampilkan detail produk.

Sebaiknya, Anda juga menggunakan foto pribadi, bukan menampilkan foto dari internet untuk memberikan kesan lebih tepercaya kepada calon pembeli. Cara berjualan online agar cepat laku ini tidak perlu menggunakan kamera profesional. Cukup potret menggunakan smartphone dengan pencahayaan yang terang agar foto produk jelas dan menarik.

3. Cantumkan Deskripsi yang Jelas

Sulit membuat calon pembeli yakin untuk membeli produk Anda jika deskripsi produknya saja sudah tidak jelas. Oleh karena itu, usahakan untuk menamakan judul halaman produk dengan tepat. Cara jualan online laris ini juga akan membuat halaman produk Anda menjadi lebih mudah dicari oleh calon pembeli. Anda juga dapat menggunakan teknik Search Engine Optimization (SEO) untuk membuat judul yang mudah dicari oleh pengguna internet.

Deskripsi produk yang jelas, berisi informasi tentang bahan yang digunakan dan manfaat dari produk dapat membuat calon pembeli memperoleh informasi yang dibutuhkan, khususnya jika Anda menjual produk elektronik. Menampilkan spesifikasi dan fitur yang dimiliki produk sangat penting agar calon pembeli mendapat semua informasi yang dibutuhkan untuk memutuskan pembelian produk.

Baca juga: Pentingnya Digital Marketing untuk Bisnis

4. Tetapkan Harga yang Kompetitif

Tentu saja Anda tidak bisa menurunkan harta tanpa perhitungan karena hal ini dapat membuat Anda rugi. Jadi, coba lakukan riset sebelum menentukan harga dan jika memungkinkan potong sedikit keuntungan supaya memberikan harga yang lebih murah. Lebih baik untung sedikit tapi banyak yang beli agar bisnis Anda bisa berjalan terus dengan lancar.

Sebagai salah satu elemen yang sangat penting dalam berjualan online, penting agar Anda menetapkan harga yang kompetitif. Jika Anda menjual produk dengan harga yang lebih terjangkau dibanding toko online lain dengan kualitas yang sama, Anda bisa menarik lebih banyak pelanggan. 

5. Berikan Promo 

Cara berjualan online agar cepat laku terakhir yang tidak kalah penting adalah memberikan promo. Strategi pemasaran yang tidak ada matinya ini merupakan hal yang selalu diburu oleh pelanggan. Ada banyak jenis promo yang bisa Anda berikan untuk menarik perhatian pelanggan, mulai dari gratis ongkir, giveaway, diskon, paket bundling, dan lain-lain. Memberikan promo di waktu yang tepat, yaitu di saat orang-orang sedang memiliki niat belanja yang tinggi dapat memberikan Anda keuntungan yang besar. 

Baca juga: Cara Promosi dengan Tiktok

Itu tadi beberapa cara jualan online laris yang bisa Anda coba untuk mengembangkan bisnis. Jika Anda baru mau memulai bisnis online dan butuh bantuan modal untuk mengeksekusi cara berjualan online agar cepat laku, ajukan pinjaman modal usaha tanpa jaminan di Modalku. Modalku telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga aman bagi bisnis Anda. Selain itu, Modalku juga memiliki reputasi dan pelayanan yang baik bagi nasabahnya. Yuk, tombol di bawah ini untuk ajukan pinjaman!

Pinjam Sekarang!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan