Promosi adalah hal yang sangat penting jika itu berkaitan dengan konser musik. Tanpa penonton yang ramai, budget untuk membayar kru, artis, dan logistik mungkin tidak bisa tertutup bahkan balik modal. Akan tetapi, sebenarnya seperti apa cara mempromosikan music concert supaya ramai pembeli? Berikut adalah enam cara yang bisa Anda lakukan sebagai promotor, termasuk rekomendasi pendanaannya!
Cara Mempromosikan Konser Musik
Selalu ada cara untuk mempromosikan sesuatu, termasuk konser musik. Berikut enam tips event marketing yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan audiens yang sesuai keinginan.
1. Fokuskan lineup dan konsep utama konser dalam konten promosi
Ketika Anda akan menyelenggarakan music concert, perhatikan siapa target market-nya. Dari sana, Anda bisa memutuskan siapa saja musisi yang akan diundang untuk memeriahkan acara. Setelah memutuskan bintang tamu yang sesuai dengan selera dan minat penonton, pastikan lineup ini tersampaikan dengan jelas di mata mereka. Anda bisa mengumumkan lineup secara bertahap melalui konten media sosial. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan deretan bintang tamu dengan tema yang Anda usung tahun ini.
2. Pertimbangkan merchandise eksklusif
Bukan hanya menampilkan musisi-musisi papan atas, konser musik juga seharusnya menawarkan pengalaman lain yang lebih kaya kepada penonton. Salah satunya lewat penjualan merchandise eksklusif, seperti kaus, totebag, sampai CD dengan tanda tangan langsung dari penyanyinya. Siarkan penjualan ini di media sosial music concert. Tambahkan juga apabila merchandise tersebut hanya bisa didapatkan secara langsung saat pelaksanaan konser. Hal ini tentu akan memancing minat fans untuk membeli tiket konser.
3. Manfaatkan kekuatan media sosial
Strategi promosi di masa ini bisa dilaksanakan dengan bantuan teknologi, termasuk media sosial. Ketika Anda ingin membuat penonton antusias dengan music concert Anda, lakukan promosi di akun media sosial dengan FOMO marketing.
Selain para musisi yang akan hadir di acara konser tersebut, Anda juga bisa menggandeng sejumlah influencer dengan banyak pengikut dan punya pengaruh cukup baik untuk mempromosikan konser Anda.
4. Cari sponsor dan media partner yang tepat
Menggandeng sponsor dan media partner pun menjadi langkah yang tak kalah penting ketika Anda ingin mempromosikan konser musik. Ketika ada sponsor yang masuk, otomatis dana yang Anda peroleh semakin besar. Hal ini bisa membuat upaya Anda mempromosikan acara dengan lebih maksimal karena dananya tidak terbatas.
Di sisi lain, media partner berperan untuk menyampaikan kabar eksklusif seputar konser yang akan Anda adakan. Bersama mereka, music concert Anda dapat dimuat di berbagai media secara gratis, bahkan sebelum pelaksanaan acara. Hal semacam itu akan memudahkan Anda dari segi promosi acara.
5. Tawarkan diskon dan paket tiket khusus
Kita biasanya menjumpai strategi penjualan tiket konser yang lebih murah di awal dan semakin mahal di akhir. Anda bisa menerapkan diskon semacam ini bagi pembeli yang lebih cepat mengambil keputusannya. Dengan begitu, Anda bisa mengupayakan balik modal, bahkan sebelum konser mendekati tanggal pelaksanaannya.
Bukan hanya diskon, penyelenggara konser juga bisa menjual paket bundling antara tiket dan merchandise khusus. Anda pun dapat mengatur penjualan tiket yang dipadukan dengan pengalaman meet and greet bersama musisi bintang tamu. Hal ini tentu akan menarik perhatian fans berat dari acara Anda maupun musisi itu sendiri.
6. Adakan pre-show untuk membangun antusiasme
Cara berikutnya untuk mempromosikan music concert adalah dengan menggelar pre-show event, seperti meet and greet di dekat venue, interview eksklusif jauh sebelum tanggal acara, atau sekadar tanya jawab online yang diselenggarakan di media sosial konser Anda.
Hal ini akan membantu menyemarakkan event dan membuat penonton aware serta selalu ingat dengan apa yang Anda rencanakan. Jangan lupa juga untuk meliput pre-show event ini dan mengunggahnya di media sosial konser supaya banyak orang semakin tahu tentang acara Anda.
Rekomendasi Pendanaan untuk Promosi Konser Musik
Di awal sudah disebutkan bahwa pendanaan adalah aspek penting dalam mendukung kesuksesan konser musik. Tapi, bagaimana jika Anda butuh modal promosi? #UntungAdaModalku! Modalku menyediakan berbagai jenis pendanaan seperti invoice financing, pendanaan PO, dan pendanaan berjangka untuk mendukung kesuksesan acara musik Anda. Jumlah pendanaan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda membuat solusi modal usaha tambahan ini sangat diandalkan. Apalagi, Anda juga bisa memilih proses pencairan dan tenor cicilan sesuai kemampuan.
Promosi ternyata tak hanya penting untuk bisnis, melainkan juga untuk mendukung kesuksesan acara konser musik. Bagi Anda yang sedang membutuhkan pendanaan untuk acara serupa, #UntungAdaModalku! Anda kini bisa ajukan pendanaan hingga Rp 2 Miliar sesuai kebutuhan dengan membuka link website Modalku dan unggah seluruh persyaratannya!

