Peluncuran Produk & Kerja Sama Modalku di Bulan September 2019

Bulan September 2019 adalah bulan yang penuh aktivitas bagi Modalku. Kami meluncurkan produk pinjaman dan melakukan kerja sama dengan beberapa pihak. Peluncuran dan kerja sama ini merupakan bentuk komitmen Modalku dalam mendukung inklusi keuangan di Indonesia. Semakin tinggi inklusi keuangan serta lapisan masyarakat yang memperoleh akses terhadap layanan finansial, maka pertumbuhan ekonomi akan meningkat. 

Peluncuran Modal Pasar

Modalku resmi mengumumkan Modal Pasar pada tanggal 4 September 2019. Modal Pasar adalah layanan pembiayaan yang diperuntukkan bagi pedagang-pedagang pasar lokal. Dengan produk ini, pedagang pasar bisa mendapat pinjaman usaha hingga Rp 25 juta tanpa agunan dengan tenor singkat yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan peminjam.

Pada tahun 2019 ini, Modalku memperluas cakupan pembiayaan ke segmen mikro. Selain melayani pedagang mikro dan warung, Modalku juga melakukan penetrasi ke pedagang pasar yang jumlahnya signifikan dan berpotensi untuk berkembang. Sejak April 2019, Modal Pasar mulai dites dan dijalankan. Anggota tim Modalku secara langsung memberi edukasi bagi para pedagang di pasar-pasar tradisional.

Modal Pasar bertujuan agar arus kas pedagang pasar semakin lancar. Sama seperti usaha-usaha mikro, pedagang pasar juga menghadapi tantangan keuangan berupa arus kas macet. Struktur Modal Pasar memungkinkan pembayaran cicilan per minggu sehingga dapat memudahkan pedagang.

Lebih lanjut tentang berita ini di Kompas, Berita Satu, Bisnis.com

Kerja Sama Modalku dengan Zilingo

Untuk memberikan solusi pendanaan bagi para merchant online melalui proses digital yang efisien, pada tanggal 11 September 2019 Modalku memulai kerja sama dengan Zilingo, salah satu platform e-commerce terkemuka.

Sektor e-commerce di Indonesia tumbuh dengan cukup pesat di antara semua pasar Asia Tenggara. Menurut data Google TEMASEK (e-Conomy SEA 2018), Indonesia mengungguli negara lainnya dengan pencapaian hingga USD 12 miliar di tahun 2018. Inilah gambaran besarnya potensi e-commerce di Indonesia. Sayangnya, dari total 63 juta Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air, hanya 26% yang dianggap memenuhi syarat untuk mengakses pendanaan. Fakta inilah yang mendorong Modalku untuk meningkatkan akses pinjaman usaha bagi UMKM lokal.

Melalui kerja sama ini, Modalku dapat memberikan keputusan penilaian kredit menggunakan data alternatif sehingga keputusan dibuat berdasarkan informasi yang lebih menyeluruh dan struktur pinjaman lebih bertanggung jawab. Di saat yang sama, para merchant online dapat mengakses modal usaha secara tepat waktu agar mereka dapat segera membeli kebutuhan usaha serta mengembangkan bisnisnya.

Berita lengkap lihat di Marketeers, Bisnis.com, Warta Ekonomi,

Modalku dan BPR Berkolaborasi

Pada tanggal 18 September 2019, PT Mitrausaha Indonesia Grup (Modalku) menandatangani kerja sama dengan PT BPR Varia Centralartha (Bank Varia), PT BPR Bekasi Binatanjung Makmur (BPR BBTM), dan PT BPR Sukawati Pancakanti (BPR Kanti). Penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Co-Founder & CEO Modalku, Reynold Wijaya, Direktur Utama Bank Varia, Paulus Rasubala, Direktur Utama BPR BBTM, Hiras Lumban Tobing, dan Direktur Utama BPR Kanti, Made Arya Amitaba. Joint Financing atau pendanaan bersama dipilih sebagai bentuk kerja sama ini. Jadi, keempat pihak bersama-sama mengumpulkan dana untuk membiayai peminjam UMKM.

Sistem joint financing dijalankan saat nilai pinjaman yang diajukan peminjam terlalu besar untuk dibiayai satu bank atau satu institusi keuangan. Jadi beberapa institusi keuangan secara kolektif mendanai pinjaman tersebut. Kolaborasi ini menjadi yang pertama di antara suatu bank dan platform teknologi finansial (FinTech) di Indonesia.

Partnership ini adalah bukti bahwa FinTech memperkaya ekosistem keuangan Indonesia. Tak hanya memperluas jangkauan layanan keuangan bagi masyarakat dan usaha kecil yang underserved, kolaborasi FinTech dengan institusi finansial seperti bank pun dapat melengkapi layanan yang diberikan bank.

Selengkapnya di Republika, Kontan, Bisnis.com

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply