Pinjaman UKM Modalku

pinjaman UKM Modalku

Pinjaman UKM Modalku (atau disebut juga Pinjaman Modal Usaha Modalku) adalah layanan kredit dengan jangka waktu fleksibel yang melayani Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Pinjaman UKM Modalku memiliki struktur di mana sejumlah uang dicairkan bagi peminjam selama jangka waktu yang sudah ditetapkan (di antara 3 – 24 bulan). Peminjam menyetujui untuk membayar kembali pokok pinjaman dengan bunga setiap bulannya hingga lunas. Pinjaman UKM Modalku bersifat tanpa agunan.

Pinjaman ini melewati proses pendanaan oleh para pemberi pinjaman yang terdaftar di platform Modalku.

Apakah Keuntungan Pinjaman UKM Modalku?

Pinjaman Modalku bertujuan untuk menyediakan modal usaha bagi UKM yang ingin berkembang dan mengadakan ekspansi. Karena itu, pinjaman modal usaha Modalku disesuaikan dengan kebutuhan UKM.

Pada saat permintaan dari pasar meningkat, UKM berkesempatan mengembangkan usahanya. Namun, UKM membutuhkan tambahan modal usaha untuk menjawab permintaan tersebut dan membiayai ekspansi.

UKM yang mendaftar untuk pinjaman modal usaha pertamanya seringkali menghadapi kesulitan karena tidak memiliki cukup agunan atau riwayat kredit sehingga aplikasi pinjaman sulit disetujui. Karena situasi ini, banyak UKM yang belum dapat dilayani oleh ekosistem keuangan yang ada. Sedangkan di Modalku, penilaian untuk pinjaman lebih fokus pada kesehatan usaha dan laporan arus kas UKM dibandingkan keberadaan aset dan agunan.

Melalui Modalku, UKM bisa mendapatkan pinjaman modal usaha hingga Rp 2 miliar dengan jangka waktu 3 – 24 bulan. 

Keuntungan lain dari pinjaman UKM Modalku adalah proses yang simpel dan cepat. Peminjam dapat menyelesaikan formulir pendaftaran dan menyerahkan dokumen secara online. Waktu memproses aplikasi pinjaman hingga pencairan dalam hitungan minggu, bukan bulan – lebih cepat dibandingkan institusi keuangan konvensional.

Fitur-fitur Pinjaman UKM Modalku:
●        Nilai pinjaman: Rp 50 juta – Rp 2 miliar
●        Tenor pinjaman: 3 – 24 bulan
●        Bersifat tanpa agunan
●        Ada opsi pelunasan lebih awal

Bagaimana Cara Kerja Pinjaman UKM Modalku?

Calon peminjam perlu registrasi dengan membuat akun Modalku, lalu melengkapi formulir pendaftaran dan menyerahkan dokumen yang diperlukan melalui website kami. Dokumen yang diminta biasanya termasuk laporan keuangan, fotokopi/scan NPWP dan kartu identitas (KTP/SIM), serta laporan lain yang dibutuhkan dalam analisis kredit.

Modalku akan melakukan penilaian terhadap aplikasi peminjam dan menganalisis informasi dari dokumen-dokumen yang diserahkan. Bila pinjaman disetujui, Modalku akan menyerahkan surat penawaran pinjaman yang dapat ditandatangani oleh peminjam sebagai bentuk persetujuan. 

Berdasarkan kesepakatan tersebut, pinjaman lalu masuk proses crowdfunding di platform Modalku untuk ditawarkan kepada para pemberi pinjaman yang telah terdaftar. Setelah crowdfunding selesai, Modalku akan mencairkan pinjaman ke rekening bank peminjam.

Untuk melunasi pinjaman UKM Modalku, setiap bulan peminjam harus membayar kembali pokok pinjaman beserta bunganya sesuai dengan jangka waktu yang telah disepakati. Distribusi pengembalian ke pemberi pinjaman difasilitasi oleh Modalku.

Untuk lebih jelasnya, silakan lihat ilustrasi berikut:

Sedikit informasi tentang opsi pelunasan lebih awal:

Peminjam memiliki kemudahan untuk melakukan pelunasan pinjaman sebelum jatuh tempo jika diinginkan. Namun, peminjam tidak diperbolehkan membayar sebagian saja (contoh: tidak boleh membayar angsuran untuk 1,5 bulan, 2,5 bulan, dst).

Pelunasan sebelum jatuh tempo akan dikenakan penalti terhadap sisa saldo pinjaman, dengan biaya mulai dari 2%.

Di bawah adalah rumus pelunasan lebih awal Modalku:

Total pelunasan dipercepat  = Sisa saldo pinjaman + [penalti pelunasan dipercepat (%) x sisa saldo pinjaman] + bunga bulan berjalan.

Apakah Pinjaman UKM Modalku Solusi Kredit Terbaik Bagi Saya?

Kecocokan pinjaman UKM Modalku dengan bisnis Anda tergantung dari tiga faktor utama, yaitu: (1) skala usaha, (2) riwayat kredit, dan (3) tujuan pinjaman.

  1. Bila bisnis Anda usaha kecil hingga menengah, bila Anda ingin ekspansi usaha, atau bila Anda membutuhkan modal usaha tambahan namun kurang agunan dan/atau riwayat kredit padahal bisnis Anda sehat secara keuangan, maka pinjaman UKM Modalku cocok bagi Anda.
  2. Bila Anda mencari pinjaman cepat dengan jumlah kecil untuk membantu arus kas, ada beberapa solusi kredit jangka pendek lainnya yang dapat membantu Anda, contohnya invoice financing (pembiayaan anjak piutang atau pembiayaan berdasarkan tagihan).
  3. Bila Anda memerlukan jumlah pinjaman yang lebih besar atau perjanjian kredit jangka panjang, pinjaman UKM Modalku kurang cocok bagi Anda. Bila usaha Anda sudah memiliki riwayat kredit yang baik, mungkin Anda sudah memenuhi syarat untuk mengajukan pinjaman bank.

Biaya Pinjaman UKM Modalku

Ada dua jenis biaya yang harus Anda pertimbangkan saat mengajukan pinjaman UKM Modalku, yaitu bunga pinjaman dan biaya administrasi. Tim Modalku dapat membantu Anda melakukan perhitungan tersebut jika dibutuhkan. 

Sedikit tentang biaya administrasi Modalku:

Biaya administrasi pinjaman UKM Modalku adalah biaya yang perlu ditanggung peminjam dan berlaku sekali pungut sebesar 3% x jumlah pinjaman yang disetujui.

Total biaya administrasi akan secara otomatis dipotong dari jumlah pinjaman yang akan dicairkan bagi peminjam.

Modalku tidak memungut biaya pendaftaran. Kami hanya mulai mengenakan biaya saat pinjaman telah disetujui dan akan dicairkan. Berhati-hatilah terhadap pihak yang mengaku sebagai Modalku tetapi mengenakan biaya pendaftaran di awal atau pada saat proses pengajuan.

Seperti produk kredit lain, keterlambatan pembayaran akan dikenakan biaya penalti.

Studi Kasus

Seorang pemilik restoran merasa bahwa ini saat yang tepat untuk membuka cabang baru. Karena modal usaha saat ini hanya cukup untuk menjaga agar restoran-restoran yang ada tetap beroperasional, ia mendaftar untuk pinjaman UKM Modalku sebesar Rp 500 juta. Aplikasinya disetujui dengan limit Rp 500 juta, suku bunga 12% per tahun, dan biaya administrasi 3% dengan tenor pinjaman 12 bulan.

Biaya administrasi Rp 15 juta akan dipotong secara otomatis dari pinjaman yang dicairkan. Si pemilik restoran mendapatkan pinjaman bersih sebesar Rp 485 juta dan menggunakannya untuk membangun cabang restoran baru. Selama 12 bulan ke depan, ia akan melunasi pinjaman dengan membayar pokok beserta bunga setiap bulan.

Rangkuman Pinjaman UKM Modalku:

  • Pinjaman UKM Modalku/Pinjaman modal usaha Modalku adalah produk kredit berjangka untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang membutuhkan modal usaha dengan tujuan mengembangkan bisnisnya namun memiliki agunan terbatas dan/atau riwayat kredit tidak cukup.
  • Anda bisa mendaftar untuk pinjaman sebesar Rp 50 juta – Rp 2 miliar, dengan tenor 3 – 24 bulan.
  • Pinjaman Modalku bersifat tanpa agunan karena penilaian kredit Modalku fokus ke kesehatan usaha dan arus kas.
  • Pinjaman Modalku didanai melalui proses crowdfunding oleh pemberi pinjaman yang telah terdaftar di platform Modalku.
  • Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum mendaftar untuk pinjaman UKM Modalku adalah (1) besar usaha, (2) riwayat kredit dan keberadaan agunan, dan (3) tujuan pinjaman.
  • Pinjaman UKM Modalku cocok bagi Anda bila satu atau lebih dari pilihan di bawah ini benar:
    1. Ini pertama kali Anda mendaftar untuk pinjaman modal usaha.
    2. Anda tidak memiliki agunan cukup, tetapi keuangan usaha sehat dan arus kas lancar.
    3. Bisnis Anda tergolong UKM.
    4. Tujuan pinjaman adalah memperkuat modal kerja dan mengembangkan usaha.
  • Sebaliknya, Anda mungkin harus mencari produk kredit lain bila satu atau lebih dari pilihan di bawah ini benar:
    1. Usaha Anda sudah memiliki riwayat kredit yang baik
    2. Anda membutuhkan pinjaman dengan jumlah besar (corporate loan)
    3. Anda membutuhkan pinjaman cepat dengan jumlah lebih kecil untuk melancarkan arus kas
    4. Anda membutuhkan kredit jangka panjang

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, platform peer-to-peer (P2P) lending nomor 1 di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) 


Leave a Reply