Hari Kesehatan Mental Sedunia 2022 #WorldMentalHeatlhDay

Hari Kesehatan Mental

Hari Kesehatan Mental Sedunia diperingati untuk meningkatkan kesadaran bagi seluruh dunia untuk peduli tentang pentingnya kesehatan jiwa dan turut ambil peran untuk jangka panjang. Bertepatan dengan Hari Kesehatan Mental Sedunia 2022, World Health Organization (WHO) meluncurkan tema dan slogan tahun ini Menjadikan Kesehatan & Kesejahteraan Mental sebagai Prioritas Global.

Pandemi COVID-19 telah mengakibatkan krisis kesehatan mental di seluruh dunia, menyebabkan jutaan orang mengalami stres jangka pendek maupun jangka panjang yang mempengaruhi kesehatan mental mereka. Oleh karena itu, kita harus menyadari keadaan kesehatan mental kita, karena umumnya kecemasan dan keputusasaan adalah faktor penyebab yang paling umum di seluruh dunia.

Berikut adalah 5 tips manajemen stres yang mungkin berguna untuk Anda dalam beradaptasi dengan kehidupan normal yang baru:

  • Jadikan olahraga sebagai bagian dari rutinitas harian Anda. Olahraga merupakan salah satu cara terbaik untuk merilekskan tubuh dan pikiran Anda. Baik berjalan cepat, bersepeda, atau bahkan berolahraga di dalam ruangan dapat membantu meningkatkan kesehatan dan rasa sejahtera dalam diri Anda.
  • Makan makanan yang sehat dan seimbang dapat membantu mengendalikan suasana hati dan meningkatkan energi Anda. Pastikan untuk tidak melewatkan waktu makan dan makan snack secara teratur untuk menghindari kelelahan dan lekas marah.
  • Temukan hal-hal kecil yang dapat membuat Anda bahagia. Misalnya, memikirkan tentang hal-hal yang membuat Anda bahagia atau ciptakan momen-momen yang dapat membuat Anda merasa puas.
  • Pastikan Anda tetap terhubung dengan orang yang Anda percayai. Hal ini dapat membantu Anda untuk mengekspresikan perasaan dari hal-hal yang mengganggu pikiran Anda, serta dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan.
  • Tingkatkan kualitas tidur Anda dengan istirahat yang cukup di malam hari. Kualitas tidur yang baik memiliki dampak yang besar pada kesehatan Anda, baik secara fisik maupun mental.

Berkaitan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan ke-3 dari inisiatif United Nations Department of Economic and Social Affairs (UNDESA)’s terkait pentingnya untuk memastikan kehidupan fisik dan mental yang sehat dan sejahtera untuk semua kalangan, Funding Societies | Modalku (FSMK) memberikan dukungan kesehatan fisik dan mental kepada para karyawannya dengan melakukan beberapa inisiatif, diantaranya:

  • Akses ke platform MindFi.co, aplikasi kesehatan dan kesejahteraan mental karyawan yang memberikan rekomendasi perawatan diri yang dipersonalisasi dengan konselor bersertifikat, dan juga kelas master interaktif.
  • Webinar dan masterclass FSMK Wellness Wednesday yang berfokus pada berbagai tema kesehatan dan kesehatan mental selama masa-masa sulit ini.
  • Sesi FSMK Workout agar semua orang tetap sehat dan bugar serta dapat  meningkatkan kesehatan otak.

Untuk info lebih lanjut tentang Hari Kesehatan Mental Sedunia 2022, silakan cek di sini.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. 

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan