B20 Summit Indonesia 2022: Memajukan Pertumbuhan Inovatif, Inklusif, dan Kolaboratif

B20 Summit

Bali, 13 – 14 November 2022 – B20 merupakan grup resmi bagian dari G20 yang mewakili komunitas bisnis global. Tugas B20 adalah merumuskan rekomendasi kebijakan yang dapat ditindaklanjuti pada prioritas utama yang ditetapkan oleh masing-masing kepresidenan, yang kemudian akan disampaikan ke Presidensi G20. B20 Summit Indonesia 2022 mengusung tema “Memajukan Pertumbuhan Inovatif, Inklusif, dan Kolaboratif” dan mengangkat isu-isu seputar pertumbuhan dan pembangunan ekonomi, sekaligus membahas berbagai isu global yang kritis, seperti pertumbuhan pasca krisis, kesiapsiagaan darurat kesehatan, perubahan iklim, dan digitalisasi.

Lebih dari 69 negara menghadiri B20 Summit Indonesia di Bali

Tahun ini, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN Indonesia) menjadi tuan rumah B20 Summit Indonesia 2022. Bertempat di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Konferensi ini mengumpulkan lebih dari 3.000 delegasi dari 69 negara, para pemimpin bisnis dan negara terkemuka, serta peserta dari komunitas bisnis global di berbagai industri. Konferensi yang berlangsung selama dua hari ini juga diikuti oleh lebih dari 45.000 peserta daring, menyaksikan lebih dari 50 pertemuan dan puluhan penandatanganan MoU, dengan 103 pembicara kompeten yang berbagi wawasan mereka. B20 Summit Indonesia 2022 yang netral karbon juga menetapkan standar baru untuk sejarah B20, diawali dengan penampilan pembukaan yang spektakuler dan diakhiri dengan pidato penutup Presiden Joko Widodo.

Joko Widodo, Presiden Indonesia pada upacara penutupan B20 Summit Indonesia 2022

Pembicara kompeten dari berbagai negara membagikan wawasan mereka di B20 Summit Indonesia 2022

Perwakilan dari Grup Modalku yang hadir dalam B20 Summit Indonesia 2022 adalah Iwan Kurniawan selaku Co-Founder dan COO Modalku dan Annette Aprilana selaku Sustainability and ESG Lead. Keduanya menghadiri sesi panel utama beserta beberapa acara lainnya yang berlangsung selama pekan B20/G20 di Bali.


Iwan Kurniawan, Co-Founder dan COO Modalku mewakili Grup Modalku di B20 Summit Indonesia 2022

Topik selama Konferensi yang berlangsung dua hari tersebut antara lain ‘Memungkinkan Kewirausahaan, Pertumbuhan Bisnis, dan Penciptaan Lapangan Kerja dengan fokus pada UMKM dan Bisnis yang Dipimpin Wanita’, ‘Berinvestasi dalam Pertumbuhan Inklusif untuk Masa Depan yang Tangguh’ dan ‘Menciptakan Ekonomi Tangguh Berkelanjutan melalui Inovasi’. Terdapat banyak sesi yang membahas ESG dan keberlanjutan, ekonomi hijau dan perubahan iklim. Hal ini menunjukkan bahwa pentingnya isu tersebut dalam menentukan arah yang akan dituju dalam bisnis. Bersamaan dengan isu-isu ke depan yang dibahas, Konferensi juga memberikan update terkait kegiatan dan rekomendasi kebijakan gugus tugas B20. Tahun ini, sebanyak 6 Gugus Tugas dan 1 Dewan Aksi secara kolektif membuat 25 rekomendasi untuk G20 bergerak maju. Rekomendasi tersebut meliputi bidang inovasi, pemberdayaan UMKM dan kelompok rentan, serta kolaborasi antara negara maju dan berkembang.


Justin Trudeau, Perdana Menteri Kanada, yang menyampaikan tentang peran ekonomi digital dan industri 4.0 dalam mempercepat transisi energi yang berkeadilan.

Pesan khusus tentang Membuka Potensi Penuh Wanita dalam Ekonomi oleh Anne Hathaway, Duta Besar UN Women Goodwill

Sanda Ojiambo, Asisten Sekretaris Jenderal dan CEO United Nations Global Compact (UNGC) yang berpidato di B20 tentang mengadopsi kebijakan yang bertanggung jawab secara sosial dan berkelanjutan dalam bisnis untuk memacu pertumbuhan ekonomi.

Grup Modalku pernah menjadi anggota Satuan Tugas Keuangan dan Infrastruktur dan Women in Business Action Council. Grup Modalku diwakili oleh Annette Aprilana, yang bergabung dalam pertemuan gugus tugas bulanan bersama dengan perwakilan perusahaan lainnya dari seluruh dunia untuk merumuskan rekomendasi kebijakan. Sebagai sebuah perusahaan, kami berkomitmen untuk mendukung pengembangan gugus tugas dan struktur dewan tindakan, dimana fokus utama kami adalah untuk menyampaikan dan memperkuat rekomendasi kebijakan melalui perspektif kami sebagai platform pendanaan digital bagi para UMKM atau bisnis.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan