5 Cara Jualan Online Tanpa Modal yang Menguntungkan

Cara jualan online tanpa modal

Banyak orang ingin membangun bisnis sendiri, tapi merasa ragu karena terhalang modal yang besar. Kabar baiknya, kini Anda tak perlu khawatir karena internet bisa menjadi solusinya. Cara jualan online tanpa modal sangat mungkin terjadi di era digital. Misalnya, Anda bisa mulai buka usaha dan menawarkannya lewat media sosial Anda. Tidak ada lagi keterbatasan ruang dan waktu untuk Anda yang ingin membuka usaha tanpa modal.

Terlebih, masyarakat juga semakin berminat dengan kemudahan yang ditawarkan bisnis online karena mereka tidak perlu keluar rumah untuk membeli sesuatu. Bagi Anda yang masih bingung untuk membuka usaha tanpa modal, simak beberapa cara jualan online tanpa modal berikut ini. Beberapa di antaranya sangat mudah untuk dijalani!

baca juga; “Cara Jualan Online Paling Laris di Saat Pasar Sedang Lesu”

Menjadi reseller online

Menjadi reseller merupakan cara jualan online tanpa modal pertama yang bisa Anda coba. Pada usaha tanpa modal ini, Anda membeli produk dalam jumlah besar sehingga bisa mendapatkan harga yang lebih terjangkau, kemudian menjualnya kembali dengan harga normal atau lebih tinggi sesuai keinginan Anda. 

Memang, ada beberapa bisnis reseller yang membutuhkan modal terlebih dahulu. Namun, jika Anda rajin mencari tahu dan belajar, banyak yang menawarkan program reseller tanpa modal sepeser pun. Biasanya, menjadi reseller perusahaan jasa tidak membutuhkan modal. Beberapa contohnya seperti jasa pendaftaran domain website, jawa penyewaan web hosting, jasa pembuatan web, jasa percetakan, dan lain sebagainya.

Anda juga bisa mengakalinya dengan membuka sistem pre-order, di mana pembeli Anda sudah memberikan uangnya terlebih dahulu, baru setelah itu Anda menggunakan uangnya untuk membeli produk atau jasa yang mereka inginkan.

Dapatkan tips mulai bisnis dengan jadi Reseller

Menekuni usaha dropship

Anda juga bisa menekuni usaha dropship. Menjadi dropshipper berarti Anda menjual suatu produk milik toko, distributor, atau bisnis lainnya, kemudian pesanannya akan diproses oleh toko dan dikirimkan kepada pemesan tanpa melibatkan Anda. Tugas Anda sebagai dropshipper adalah mencari dan mengelola pelanggan yang memesan lewat Anda, lalu meneruskan pesanan tersebut ke toko pilihan Anda. Sederhananya, Anda menjual produk atas nama Anda, tetapi barangnya dikirimkan oleh pihak lain.

Bergabung dengan afiliasi

Serupa dengan usaha dropship, afiliasi adalah cara jualan online tanpa modal di mana Anda menjual produk milik toko lain. Perbedaannya terletak pada sumber penghasilan yang Anda peroleh. Penghasilan yang Anda dapatkan melalui afiliasi berasal dari komisi penjualan produk. Persentase komisi yang didapatkan tergantung dari kesepakatan Anda dengan penjual produk, misalnya 20% hasil penjualan tiap produk diberikan untuk Anda. Itulah penghasilan yang Anda dapatkan. 

Menjual kemampuan 

Selain menjual produk, Anda juga bisa menjual kemampuan Anda sebagai salah satu cara jualan online tanpa modal. Apabila Anda mahir menggambar dan desain, misalnya, Anda bisa menawarkan jasa pembuatan logo, pamflet, dan desain grafis lainnya kepada pelanggan. Atau jika Anda mahir membuat website, Anda bisa menjual kemampuan Anda kepada orang yang memerlukan website.

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat menjual kemampuan Anda adalah hargailah diri Anda dengan layak. Tetapkanlah tarif yang sesuai dengan kemampuan Anda dan tingkat kesulitan pekerjaannya. Anda juga perlu memperhatikan kepuasan pelanggan dan jangan terlalu berorientasi kepada profit. Keuntungan memang penting, tetapi harus diseimbangi dengan kualitas pekerjaan dan kepuasan pelanggan terhadap layanan Anda.

Tawarkan jasa konsultasi online 

Usaha tanpa modal lainnya adalah menjadi konsultan. Anda bisa menawarkan jasa konsultasi online yang sesuai dengan bidang keahlian Anda. Misalnya, apabila Anda mengerti soal SEO atau Search Engine Optimization, Anda bisa menawarkan jasa konsultasi secara online di bidang ini. Tanpa mengeluarkan modal sedikit pun, Anda bisa mendapatkan keuntungan dengan berbagi ilmu Anda kepada orang yang membutuhkan.

Masih ada macam-macam cara jualan online tanpa modal lainnya yang bisa Anda coba, seperti menjadi youtuber, influencer, berjualan buku elektronik, menjadi blogger, membuka kursus online, dan lain sebagainya. Cukup dengan berpikir kreatif dan manfaatkan peluang yang ada, usaha tanpa modal pun sangat memungkinkan untuk Anda dalami.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat ModalkuĀ di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply