Kemajuan teknologi informasi wajib dimanfaatkan oleh semua orang, termasuk Anda yang sedang dalam proses membangun sebuah UKM. Salah satu aspek yang dapat Anda manfaatkan adalah internet. Seperti yang kita tahu, saat ini kemajuan teknologi membawa internet menjadi salah satu kebutuhan paling utama. Sebagai pengusaha UKM, ini saatnya Anda melebarkan pasar Anda. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa Anda sebagai pengusaha UKM harus memahami pentingnya internet bagi kemajuan usaha Anda.

Kemudahan dalam penjualan

Melakukan penjualan melalui internet cenderung lebih mudah. Anda tidak perlu mengatur kapan waktunya buka toko atau repot mengatur gaji lembur untuk karyawan Anda. Selain itu, melakukan penawaran produk melalui internet dipandang sangat nyaman untuk para pelanggan. Mereka dapat “melihat-lihat” produk Anda melalui toko online Anda kapan pun dan di manapun, sekaligus memesannya ketika mereka sudah merasa nyaman dengan produk Anda.

Jangkauan pasar yang lebih luas

Internet membuat segala yang jauh menjadi lebih dekat, begitu juga dengan penjualan produk. Anda dapat menjual produk Anda ke manapun hingga ke pelosok negeri tanpa perlu membuka cabang sehingga target market Anda menjadi lebih luas. Bukan tidak mungkin Anda juga dapat membuka pintu ekspor produk Anda melalui jaringan distributor di negara-negara lain.

Hemat biaya

Menjual produk UKM melalui internet menghabiskan dana lebih sedikit daripada harus membuka toko cabang fisik. Anda tidak perlu membeli atau menyewa toko untuk menjual produk Anda. Toko online Anda juga tidak perlu membeli stok display untuk setiap toko Anda. Dengan demikian, Anda dapat menyesuaikan stok pesanan sesuai dengan permintaan sehingga pengeluaran kebutuhan setiap bulan dapat ditekan seminimal mungkin.

Personalisasi pasar

Dengan mengenal internet, Anda tak hanya dapat menjual produk Anda ke pasar yang lebih tepat, tetapi juga mengetahui tren pasar terkini. Pemantauan produk dapat Anda lakukan dengan melihat produk apa yang paling laku terjual, serta melihat riwayat pembelian seseorang. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui apa yang menjadi kesukaan pelanggan Anda serta mampu menciptakan strategi pemasaran berikutnya.

Hubungan dengan pelanggan yang lebih intens

Internet dapat membangun hubungan dengan pelanggan yang lebih intens. Pelanggan dapat bebas bertanya mengenai produk Anda tanpa perlu Anda awasi setiap saat. Ketika pelanggan telah membeli produk Anda, Anda dapat mengirimkan email follow-up yang berisi konfirmasi transaksi serta ucapan terima kasih kepada pelanggan. Dengan mengirimkan email kepada para pelanggan, maka akan tercipta hubungan yang lebih dekat dengan mereka. Para pelanggan yang merasa nyaman berbelanja di UKM Anda akan mengulangi pembelian serta memberikan review pelanggan yang bagus sehingga dapat membantu Anda membangun ketertarikan publik terhadap produk Anda.


Itulah beberapa alasan mengapa UKM harus sadar internet. Dengan memahami teknologi yang ada, diharapkan Anda mampu memanfaatkan hal tersebut untuk mengembangkan pasar serta mencari sumber pendapatan baru untuk UKM Anda.

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, platform peer-to-peer (P2P) lending nomor 1 di Indonesia. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.