Syarat Pinjaman Online yang Harus Dipenuhi Agar Cepat Cair

Pengajuan pinjaman akan berjalan lancar jika seluruh syarat pinjaman online di bawah ini sudah dilengkapi. Apalagi di era modern ini, saat mengajukan pinjaman, Anda tidak perlu lagi mengantre atau disibukkan dengan proses fotocopy dan legalisir dokumen. Semua proses pengajuan pinjaman dilakukan dengan sistem online yang bisa diakses bahkan dari smartphone Anda.

Anda bisa mendaftarkan diri ke platform pinjaman online kapan saja dan di mana saja, selama Anda terhubung dengan internet. Data dan dokumen yang dibutuhkan tinggal difoto lalu diunggah di laman pengajuan. Beberapa pinjaman online juga menawarkan keringanan dengan memberikan opsi pinjaman tanpa jaminan. Sekarang, mari catat syarat-syarat pinjaman online yang harus Anda penuhi.

Terdaftar Sebagai WNI

Syarat yang pertama dan yang paling penting adalah Anda terdaftar sebagai Warga Negara Indonesia (WNI). Untuk membuktikan kebenaran status warga negara Anda, akan ada dokumen resmi yang harus dilampirkan. Dokumen ini bisa berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Izin Mengemudi (SIM), atau paspor.

Platform pinjaman online dari Indonesia sendiri umumnya memang menghindari memberikan pinjaman bagi Warga Negara Asing (WNA). Ini karena ada potensi kendala yang sangat besar di tahap pelunasan dana pinjaman. Hal ini dapat membuat platform pinjaman kesulitan dalam menjangkau atau memverifikasi kebenaran data WNA.

Cukup Usia Saat Melengkapi Syarat Pinjaman Online

Syarat pinjaman online yang berikutnya adalah usia yang sudah dianggap sesuai. Sesuai di sini dalam artian Anda sudah memiliki KTP serta dianggap cukup dewasa untuk mengambil keputusan. Batas usia bisa saja berbeda antara satu platform dengan platform yang lain. Namun, umumnya batasan usia yang dijadikan tolok ukur legalitas pengajuan adalah 21 tahun.

Karenanya, pastikan Anda sudah genap berusia 21 tahun atau lebih sebelum melakukan pengajuan. Selain itu, ada beberapa platform juga yang memberikan batas maksimum usia pengajuan, biasanya di batas usia 60 tahun. Alasannya karena usia 60 tahun dianggap sebagai usia pensiun di Indonesia; tidak lagi bekerja dan dianggap tidak memenuhi syarat untuk mengajukan pinjaman.

Sudah Memiliki NPWP

Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) menjadi salah satu dokumen penting yang wajib Anda miliki sebelum mengirimkan pengajuan pinjaman. Dengan memiliki nomor ini, Anda dianggap sudah mapan dan bertanggung jawab dengan memenuhi kewajiban pajak dengan tertib. Ini jadi tolok ukur kelayakan Anda juga sebagai orang yang hendak mengajukan pinjaman.

Selain itu, NPWP akan jadi sarana bagi penyedia dana untuk memeriksa kebenaran data Anda juga. Termasuk memeriksa pendapatan dan kemampuan finansial Anda, apakah sudah sesuai dengan besaran dana pinjaman yang akan Anda terima. Dengan kata lain, memiliki NPWP bisa jadi jaminan kalau Anda pasti akan membayar kembali dana pinjaman tersebut.

Pendapatan Sesuai dengan UMR

Tidak hanya NPWP. Syarat pinjaman online yang terkait dengan informasi pendapatan lainnya juga mewajibkan Anda memiliki pendapatan sesuai dengan UMR. Ini artinya sebelum merintis bisnis, Anda diharapkan memiliki pekerjaan tetap dengan penghasilan yang tetap pula. Untuk membuktikan keabsahan data yang satu ini, biasanya Anda akan diminta untuk melampirkan slip gaji terakhir.

Pemilihan pendapatan sesuai UMR pun bukan tanpa alasan. Pemilik platform pinjaman online ingin memastikan bahwa selain Anda cukup mampu membayarkan kembali dana pinjaman, Anda juga masih dapat memenuhi kebutuhan hidup lainnya. Dengan begitu, akan semakin sedikit kemungkinan dana pinjaman disalahgunakan untuk kepentingan pribadi.

Rekening Bank Sesuai KTP

Satu lagi syarat pinjaman online yang tidak boleh terlewat. Beberapa pengajuan sering ditolak karena rekening bank yang didaftarkan saat pengajuan pinjaman berbeda dengan informasi pada KTP. Anda tidak bisa mendaftarkan rekening bank yang nama pemiliknya berbeda dengan KTP yang didaftarkan. Jadi, Anda perlu memerhatikan kebenaran data dengan teliti saat mendaftar.

Tujuan penerapan peraturan ini adalah untuk menghindari kasus penipuan. Bisa saja ada orang lain yang mendaftarkan pinjaman dengan nama Anda. Jelas ini patut diminimalisir sebisa mungkin oleh penyedia pinjaman online. Jadi, sebaiknya Anda siapkan benar semua persyaratan yang sudah dibaca agar memperlancar proses pengajuan.

Nah, jika Anda butuh tambahan modal bisnis Anda tinggal mengajukan pinjaman online ke Modalku. Modalku menyiapkan proses pendaftaran serta pengajuan yang ringkas dan mudah dipahami, kurang lebih seperti yang sudah Anda baca di atas. Selama syarat pinjaman online terpenuhi, Modalku akan memproses pengajuan dengan cepat dan Anda bisa menerima dana lebih dini guna pengembangan bisnis Anda.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Leave a Reply