Serba-serbi Pinjaman Online Cepat Cair: Aman atau Tidak?

pinjaman online cepat cair

Pinjaman online cepat cair sangat menggiurkan bagi banyak orang, terutama yang memiliki kebutuhan mendesak. Bagaimana tidak, Anda bisa memperoleh dana tambahan dalam sehari saja! Tapi, banyak juga yang mempertanyakan apakah model pinjaman ini aman atau tidak. Agar tidak menjadi bumerang bagi Anda, mari pelajari segala hal tentang pinjol langsung cair di bawah ini.

Aneka Ragam Pinjol Langsung Cair

Pinjaman online cepat cair hadir dalam berbagai bentuk. Pilihlah jenis yang paling tepat untuk Anda dengan memperhatikan daftar di bawah ini.

1. Pinjaman dengan KTP

Berbeda dari pinjaman uang pada umumnya, Anda cukup menyertakan KTP untuk mengajukan pinjol langsung cair satu ini. Namun, untuk menyeimbangkan kemudahan yang ditawarkan, tenor pinjamannya terhitung cukup singkat dan nominalnya juga lebih rendah. Umumnya, dari sini Anda hanya akan memperoleh pinjaman tunai maksimum sebesar Rp6 juta saja yang harus dilunasi dalam waktu dua atau tiga bulan.

2. P2P lending

Anda selaku pemilik usaha kecil bisa mengajukan pinjaman online cepat cair melalui P2P lending. Caranya, Anda harus mengirimkan proposal bisnis kepada sekelompok calon investor yang bersedia mendanai usaha tersebut. Apabila proposal disetujui, pengusaha yang bersangkutan akan memperoleh suntikan dana hingga jutaan rupiah dan harus membagi keuntungan mereka dengan para investor.

3. Kredit tanpa agunan

Nah, salah satu jenis pinjaman online cepat cair yang tidak kalah populer dengan dua tipe sebelumnya adalah KTA atau kredit tanpa agunan. Pasalnya, Anda sama sekali tidak perlu menyerahkan aset yang dimiliki sebagai jaminan saat ingin meminjam uang. Akan tetapi, sama seperti pinjaman dengan KTP, besaran pinjaman KTA juga relatif kecil.

Anda juga dapat mengajukan kredit tanpa agunan di Modalku. Klik tombol di bawah ini:

Ajukan Sekarang!

5 Risiko Pinjaman Online Cepat Cair

Keuntungan pinjaman online yang dapat dicairkan secara instan memang menarik. Namun, Anda harus tetap berhati-hati dengan risiko berikut yang bisa saja muncul.

1. Besaran pinjaman lebih kecil

Tidak ada salahnya mengajukan pinjaman online cepat cair kalau Anda sedang membutuhkan biaya cepat untuk kebutuhan urgen. Tapi, perlu diperhatikan bahwa plafon pinjol langsung cair pada umumnya tidak mencapai Rp6 juta. 

Selain itu, beberapa platform bahkan memberlakukan sistem limit yang lebih kecil untuk pemohon baru, dan pemohon hanya bisa meningkatkan limit tersebut setelah melunasi pinjaman berikutnya.

2. Suku bunga lebih tinggi

Untuk mencegah pemohon gagal bayar, biasanya pinjaman online cepat cair akan memberlakukan suku bunga yang lebih tinggi dan tenor pembayaran yang lebih singkat dari pinjaman lainnya. Sebagai gambaran, bisa saja Anda akan mendapatkan pinjaman instan dengan suku bunga mulai dari 10% per bulannya. Jadi, biaya yang harus Anda lunasi juga akan lebih mahal, bahkan jika besaran pinjaman yang Anda peroleh relatif kecil.

3. Adanya biaya tambahan

Tidak hanya suku bunga, biaya ekstra yang harus Anda perhatikan saat mengajukan pinjaman online cepat cair adalah penalti pelunasan lebih awal. Bisa saja Anda berpikir lebih baik melunasi pinjol langsung cair sebelum tenor yang ditentukan, tapi Anda akan dikenakan biaya administrasi tambahan dan biaya penalti. Dengan demikian, Anda hanya bisa membayar cicilan selama jangka waktu yang sudah ditentukan.

4. Penyebaran data pribadi

Sayangnya, tidak semua aplikasi pinjol langsung cair yang beredar bersifat legal. Ada kalanya Anda akan menemukan aplikasi pinjaman online yang juga meminta akses ke daftar kontak serta file galeri. Pada aplikasi tidak berizin, pihak peminjam bisa saja menghubungi semua orang yang ada di kontak Anda dan menyebarkan foto KTP Anda untuk mendesak Anda agar segera membayar. Akibatnya, kerahasiaan data pribadi Anda jadi tidak terkendali. 

5. Didatangi debt collector

Walaupun metode penagihan utang pinjaman online cepat cair lebih sering terbatas pada chat dan telepon, tidak menutup kemungkinan pihak peminjam akan mengerahkan debt collector untuk mengunjungi lokasi bisnis atau tempat tinggal Anda. 

Biasanya, itu merupakan langkah terakhir setelah melaporkan nasabah agar dimasukkan ke black list biro kredit yang menaungi semua aplikasi fintech. Maka dari itu, Anda harus mampu melunasi pinjaman yang diajukan dengan tepat waktu.

Jika Anda sedang mempertimbangkan sumber dana tambahan dari pinjaman online cepat cair, sebaiknya lakukan riset secara mendalam untuk melindungi diri dari bahaya. Pastikan Anda memilih pinjaman yang legal dan sesuai dengan kemampuan finansial. Bagaimana jika Anda butuh solusi modal tambahan yang mudah dan aman untuk pengusaha baru? Klik tombol di bawah ini:

Ajukan Sekarang!

Pinjaman tanpa agunan dari Modalku akan membantu Anda mengembangkan bisnis dengan suntikan dana sebesar jutaan hingga miliaran rupiah, dan tenor pembayarannya dapat diatur sesuai dengan kondisi serta kebutuhan bisnis. Ingin merasakan langsung manfaatnya? Ajukan sekarang juga!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi dana.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. 

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Meta Desc:

Meta Tags:

Primary keyword: pinjaman online cepat cair

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan