Penyebab Pinjaman Online Tanpa Agunan Ditolak

pinjaman tanpa agunan

Pinjaman online tanpa agunan adalah pinjaman dana usaha yang mudah didapat karena tidak mengharuskan Anda menjaminkan aset apa pun kepada peminjam. Pinjaman online tanpa jaminan ini diajukan untuk beragam alasan, misalnya untuk biaya pendidikan anak, kebutuhan renovasi rumah, atau modal usaha. Meskipun menawarkan syarat pengajuan yang mudah dan cepat, masih ada saja nasabah yang ditolak saat mengajukan pinjaman. Mengapa hal ini bisa terjadi? Simak beberapa penyebabnya berikut ini!

Mungkinkah Ajukan Pinjaman Tanpa Kartu? 

Anda yang tidak memiliki kartu kredit mungkin bertanya-tanya, mungkinkah untuk mengajukan pinjaman tanpa kartu? Jawabannya, sangat mungkin, sebab sekarang sudah banyak perusahaan fintech yang menyediakan pinjaman online tanpa agunan seperti Modalku. Platform pinjaman modal usaha untuk UMKM ini menyediakan pinjaman online yang utamanya bertujuan untuk mendukung usaha agar semakin berkembang dengan pembiayaan tanpa jaminan. Jadi, tanpa syarat kepemilikan kartu kredit, Anda tetap bisa mengajukan pinjaman.

Kemungkinan Penyebab Pinjaman Online Tanpa Agunan Ditolak

Meski syarat dan proses pengajuannya tergolong sangat mudah, ada beberapa pengguna yang mengalami penolakan saat mengajukan pinjaman online tanpa jaminan. Biasanya, hal ini disebabkan oleh beberapa hal berikut.

1. Syarat dan Berkas Tidak Lengkap

Kemungkinan pertama mengapa pinjaman online yang Anda ajukan ditolak adalah karena tidak lengkapnya syarat dan berkas yang dilampirkan. Berbagai dokumen yang wajib Anda lampirkan saat mengajukan pinjaman online adalah KTP dan slip gaji. Dua syarat ini tentu tidak boleh ada yang terlewat. 

Anda juga harus memastikan tulisan dalam dokumen dapat terbaca dengan jelas jika mengirim foto atau menggunakan fotocopy dari dokumen tersebut. Ketidaklengkapan atau ketidakjelasan dokumen kerap berakhir pada penolakan pinjaman online.

2. Jumlah Nominal Pinjaman Tidak Sesuai

Anda juga harus menyesuaikan jumlah nominal pinjaman dengan penghasilan. Ketidaksesuaian antara jumlah penghasilan tahunan  dengan jumlah nominal yang diajukan kerap menjadi penyebab paling utama pengajuan pinjaman online tanpa agunan ditolak. Oleh karena itu, penting untuk membaca seluruh syarat pengajuan pinjaman online sedetail mungkin sebelum melakukan pengajuan. Pastikan juga usia Anda sudah memenuhi ketentuan peminjaman. 

3. Punya Catatan Kredit yang Buruk

Catatan kredit yang buruk juga krusial saat mengajukan pinjaman online tanpa jaminan karena salah satu pertimbangan utama penyedia pinjaman sebelum meluluskan adalah sejarah kredit calon peminjam melalui proses BI Checking. Dalam BI Checking, tercatat sejarah dan riwayat kredit Anda, baik terhadap lembaga bank maupun nonbank. Jika Anda memiliki rekam jejak kredit yang baik, peluang pengajuan pinjaman online Anda diterima akan lebih besar, begitu pula sebaliknya. 

Selain itu, penting juga untuk melunasi utang kartu kredit atau lainnya sebelum mengajukan pinjaman online. Tunggakan kartu kredit menyebabkan reputasi Anda kurang baik di mata pemberi pinjaman karena hal ini mengindikasikan bahwa Anda akan sering menunggak cicilan pembayaran pinjaman online. Oleh karena itu, usahakan Anda menghemat kebutuhan dan pengeluaran sehari-hari agar dapat membayar pinjaman tepat waktu sampai lunas.

Yuk, Ajukan Pinjaman Online Tanpa Agunan di Modalku!

Nah, Anda yang ingin mengajukan pinjaman online tanpa agunan sekarang tidak perlu bingung karena sudah ada Modalku. Modalku hadir untuk membuat siapa pun dapat memulai bisnis dengan mudah, khususnya bagi Anda yang terkendala modal usaha. Platform Modalku hadir agar Anda bisa mengajukan pinjaman tanpa kendala. 

Sebagai platform penyedia pinjaman online tanpa jaminan yang fokus untuk membangun UMKM dengan memberikan dana, Modalku terus berupaya mendukung pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Modalku juga terus fokus menciptakan manfaat dengan aksi nyata dan hasil yang jelas, salah satunya dengan menyediakan berbagai produk pinjaman online tanpa agunan bagi pebisnis yang membutuhkan dana tanpa harus memberikan jaminan berupa harta atau aset.

Di samping memberikan proses pengajuan pinjaman yang lebih praktis dan mudah, Modalku juga memberikan keamanan karena sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Platform yang sudah berdiri sejak 2015 ini juga sudah beroperasi di empat negara, yaitu Singapura (2015), Indonesia (2016), Malaysia (2017), dan Thailand (2020) telah membuktikan kualitasnya.

Dalam upaya membantu perkembangan UMKM di tanah air, Modalku menawarkan tenor yang panjang. Hal ini memungkinkan UMKM menjadi lebih leluasa dalam mengembangkan bisnisnya. Cara kerja Modalku yang sederhana memberikan kemudahan berupa:

  • Pengajuan pinjaman modal bagi UMKM hanya dengan cara mendaftar di website Modalku;
  • Proses aplikasi pinjaman akan dikerjakan oleh tim Modalku dalam waktu singkat setelah Anda mengajukan pinjaman;
  • Dengan proses urun dana, pinjaman UMKM akan diberikan oleh pendana pada peminjam;
  • Setelah proses urun dana selesai, pinjaman akan diterima oleh UMKM bagi peminjam.

Itulah tadi informasi mengenai berbagai penyebab pinjaman online tanpa agunan Anda ditolak. Sebagai solusi, Anda dapat mengajukan pinjaman online tanpa jaminan dari Modalku, platform pinjaman dana usaha dan pendanaan untuk UMKM di Indonesia yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Modalku mempunyai reputasi dan pelayanan yang baik bagi nasabahnya sehingga tentunya siap membantu Anda. Mari klik di sini apabila Anda butuh informasi lebih lengkap tentang berbagai layanan Modalku.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan