Begini Cara Ajukan Pinjaman untuk Modal Usaha Awal di Modal Kawan Mikro Modalku

inilah cara mendapat pinjaman untuk modal usaha awal

Bagi Anda yang hendak memulai bisnis, pinjaman untuk modal usaha awal menjadi faktor penting untuk mengembangkan usaha. Kabar baiknya, saat ini sudah banyak platform financial technology yang menawarkan pinjaman tersebut dengan proses cepat, mudah, dan aman. Salah satunya adalah Kawan Mikro dari Modalku. Seperti apa pinjaman modal usaha ini, persyaratan, hingga keuntungannya? Anda bisa simak pada artikel berikut ini.

Apa Itu Modal Kawan Mikro?

Modal Kawan Mikro merupakan layanan pinjaman untuk modal usaha awal dengan bentuk berupa dana tunai. Dana berasal dari para pemberi pinjaman yang menyerahkannya sebagai alternatif investasi melalui Modalku. Lalu, sebagai platform pendanaan digital untuk UMKM, Modalku akan mencairkan dana tersebut kepada peminjam, yakni para pemilik UMKM yang membutuhkan modal untuk mengembangkan usahanya.

Melalui Modal Kawan Mikro, Anda bisa mendapatkan pinjaman modal usaha hingga Rp250 juta. Adapun suku bunga yang akan dikenakan kepada peminjam juga cukup ringan, yakni mulai 2% per bulannya. Pembayaran cicilan ini dapat dilakukan oleh peminjam kepada bank yang menjadi mitra Modalku seperti Bank Sinarmas dan BCA.

Nikmati Manfaat dari Modal Kawan Mikro

Pinjaman untuk modal usaha awal melalui Modal Kawan Mikro memiliki banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan. Salah satunya adalah pinjaman tanpa agunan atau dengan kata lain, Anda tak perlu menyerahkan jaminan aset untuk mendapatkan modal usaha.

Menariknya lagi, semua UMKM di Indonesia dapat mengajukan pinjaman modal usaha awal ini. Termasuk bagi UMKM yang memasarkan dan menjual produknya melalui marketplace maupun platform transportasi online. Tentu Anda yang menjalankan bisnis secara offline juga bisa mengajukan pinjaman. Dengan catatan, pelayanan transaksinya menggunakan mesin atau sistem kasir digital yang berlaku di Indonesia seperti Moka, Majoo, Gobiz, Spot, dan sebagainya.

Persyaratan Mudah, Proses Cepat!

Lalu, bagaimana persyaratan dalam mengajukan pinjaman untuk modal usaha awal di Modal Kawan Mikro? Tak perlu khawatir, sebab semua prosesnya dilakukan secara cepat. Selain itu, penilaian usahanya pun dilakukan secara menyeluruh. Adapun persyaratan dalam pengajuan pinjaman Modal kawan Mikro di antaranya adalah:

  • Memiliki bisnis online yang berskala UMKM atau offline dengan menggunakan sistem kasir digital seperti Moka, Majoo, Gobiz, Spot, dan sebagainya.
  • Lokasi usaha berada di kawasan Jawa, Batam, Medan, Makassar, Palembang, Medan, dan Bali.
  • Usaha yang dimiliki sudah berjalan selama lebih dari enam bulan pada saat mengajukan pinjaman.
  • Pendapatan bulanan yang dihasilkan mulai dari kisaran Rp6 juta.
  • Unit usaha yang dijalankan bukan termasuk kategori dropshipper maupun reseller
  • Menyerahkan dokumen identitas peminjam. Dalam hal ini seperti foto KTP calon peminjam, foto selfie calon peminjam, mutasi rekening bank selama tiga bulan terakhir, foto NPWP, dan laporan penjualan yang ada di marketplace. Jika usaha dijalankan secara offline, maka wajib mencantumkan laporan penjualan pada sistem kasir digital yang digunakan.
  • Usia calon peminjam adalah 21-45 tahun.
  • Asesmen, verifikasi, dan penilaian permohonan pinjaman modal Kawan Mikro akan dilakukan selama maksimal waktu 3×24 jam pada hari kerja. Proses akan dilakukan apabila dokumen yang dimaksud sudah diserahkan secara lengkap.

Cara Mengajukan Pinjaman untuk Modal Usaha Awal

Jika sudah menyiapkan seluruh persyaratan di atas, Anda bisa mempelajari langkah-langkah pengajuan pinjaman modal usaha melalui Modal Kawan Mikro berikut ini. Anda juga bisa menonton langsung video panduannya di bawah ini:

  1. Daftarkan diri Anda

Daftarkan diri secara online dengan klik tautan ini, lalu lanjutkan dengan klik “Daftar”. Isilah formAjukan Sekarang” berdasarkan data diri Anda sebagai calon peminjam. Masukkan nomor telepon yang masih aktif dan Anda akan menerima kode OTP untuk lanjut ke proses berikutnya. Masukkan kode OTP dan Anda akan diarahkan untuk memasukkan nominal uang yang akan dipinjam.

  1. Lengkapi Persyaratan dan Informasi Diri

Tunggu beberapa saat hingga muncul form informasi data diri. Isilah data diri seperti nama lengkap, tanggal lahir, alamat, dan sebagainya. Pastikan saat mengisinya, data sudah benar-benar valid agar proses ke tahapan selanjutnya lebih mudah.

  1. Isi informasi usaha Anda

Setelah Anda berhasil mengisi data diri, maka isilah informasi mengenai usaha yang dijalankan. Pada tahapan ini, akan terdapat form yang bisa Anda pilih sesuai dengan bisnis. Berdasarkan informasi usaha yang diberikan tadi, akan muncul perkiraan jumlah pinjaman maupun besaran persentase bunga yang akan dibayarkan nantinya.

  1. Lengkapi Dokumen Tambahan yang Diperlukan

Setelah semua proses selesai, Anda akan diarahkan untuk mengisi dan melengkapi dokumen tambahan yang diperlukan. Tujuannya agar proses pencairan pinjaman untuk modal usaha awal berjalan lebih cepat. Dokumen-dokumen yang dimaksud di antaranya adalah foto selfie calon peminjam, mutasi rekening bank selama tiga bulan terakhir, dan laporan penjualan e-Commerce maupun dari sistem kasir digital.

NoLangkah Pengajuan Pinjaman
1Daftarkan Diri Anda, klik tautan ini
2Lengkapi Persyaratan dan Informasi Diri
3Isi Informasi Diri Anda
4Lengkapi Dokumen Tambahan yang Diperlukan
Langkah Mengajukan Pinjaman Modal Usaha Awal

Itu dia ulasan singkat mengenai cara ajukan pinjaman untuk modal usaha awal dari platform Modal Kawan Mikro Modalku. Dengan pinjaman modal dari Modalku, Anda pun bisa mengembangkan usaha secara lebih mudah sehingga usaha dapat terus bersaing di era global. Selamat mencoba!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Tinggalkan Balasan