5 Investasi yang Menguntungkan untuk Gen Z 2022

investasi yang menguntungkan untuk Gen Z

Investasi kini menjadi topik menarik di kalangan Gen Z Indonesia. Berdasarkan data dari hasil survei yang dilakukan oleh Katadata, kini mulai banyak Gen Z yang menaruh minatnya pada kegiatan investasi. Survei tersebut dilakukan terhadap 806 investor saham dan 613 investor reksa dana. Sebanyak 48,1% dari para investor tersebut merupakan kelompok Gen Z.

Maraknya investasi yang dilakukan Gen Z ini membuat pengetahuan mengenai investasi yang menguntungkan menjadi amat diperlukan. Salah satu rekomendasi investasi sendiri dapat dibaca di sini. Tentu sebelum berinvestasi, Anda perlu menggali ilmu terlebih dahulu agar kegiatan investasi yang dilakukan dapat meminimalisir kerugian yang mungkin diterima, bahkan dapat mengantarkan Anda untuk memperoleh keuntungan yang diidamkan.

Agar dapat meraup keuntungan dari kegiatan investasi, kelompok Gen Z pada 2022 ini perlu memperhatikan lima jenis investasi yang menguntungkan berikut ini.

1. Reksa dana

Salah satu jenis investasi yang menguntungkan adalah reksa dana. Tidak dapat dimungkiri bahwa reksa dana merupakan jenis investasi yang diminati oleh Gen Z. Adanya peran Manajer Investasi menjadi salah satu alasan mengapa reksa dana menjadi investasi favorit Gen Z, terutama mereka yang pemula. Manajer Investasi inilah yang bertugas mengatur dana investor untuk dialokasikan ke aset yang paling sesuai dengan tujuan finansial dan profil risiko investor.

Dari sejumlah jenis reksa dana yang tersedia, reksa dana pasar uang menjadi salah satu yang banyak dipilih. Alasannya karena reksa dana pasar uang memiliki tingkat risiko yang relatif paling rendah di antara jenis lainnya, tapi potensi keuntungan yang ditawarkan masih di atas deposito bank. Selain reksa dana pasar uang, jenis-jenis reksa dana lain yang tersedia adalah reksa dana saham, reksa dana pendapatan tetap, dan reksa dana campuran.

2. Saham

Investasi lain yang ramai diminati sekaligus menjadi favorit Gen Z adalah saham. Agar terhindar dari potensi kerugian, tentu Anda perlu tahu terlebih dahulu cara agar saham menjadi investasi yang aman dan menguntungkan. Hal ini penting agar Anda terhindar dari risiko yang merugikan.

Terdapat setidaknya tiga jenis saham yang menarik minat Gen Z dalam berinvestasi, yakni saham finansial, pertambangan, dan juga barang konsumsi atau consumer goods. Kini proses investasi atau pembelian saham pun dapat dilakukan dengan mudah, yakni dengan memanfaatkan berbagai platform investasi yang marak bermunculan. Bahkan kini Gen Z bisa berinvestasi saham melalui smartphone mereka!

3. Emas

Investasi yang menguntungkan lain yang menjadi pilihan Gen Z adalah investasi dalam bentuk emas. Hingga saat ini, umumnya emas pun masih menjadi jenis investasi yang dipilih oleh banyak orang, tak terkecuali kelompok Gen Z. Persepsi tentang emas yang mudah dijual menjadi daya tarik tersendiri bagi Gen Z untuk melakukan investasi emas itu sendiri. Terlebih, harga jual emas juga relatif mengalami kenaikan tiap tahunnya.

4. Deposito

Selain berinvestasi dengan reksa dana, saham, dan emas, deposito juga dapat menjadi pilihan jenis investasi yang menguntungkan. Deposito sendiri merupakan kegiatan menyimpan uang dalam jangka waktu tertentu, dengan simpanan bisa dilakukan dalam jangka waktu mulai dari 1, 3, 6, hingga 12 bulan.

Biasanya, investasi dengan cara deposito ini ditawarkan oleh pihak bank kepada para nasabahnya. Gen Z selaku nasabah bisa menyetorkan sejumlah dana untuk kemudian disimpan sebagai dana investasi.

5. Jadi pemberi pinjaman di Modalku

Jenis investasi yang menguntungkan lainnya adalah dengan menjadi pemberi pinjaman di Modalku. Dengan menjadi pemberi pinjaman di Modalku, Gen Z dapat melakukan investasi yang menguntungkan sekaligus menghindari risiko yang besar.

Berinvestasi dengan menjadi pemberi pinjaman di Modalku akan memberikan banyak manfaat. Salah satunya adalah dari segi keamanan. Anda tidak perlu khawatir saat menjadi pemberi pinjaman di Modalku karena adanya fitur pinjaman terproteksi yang memungkinkan pendanaan Anda menjadi terlindungi dan tentu terhindar dari risiko gagal bayar.

Selain itu, keuntungan lain adalah tingkat risikonya yang relatif rendah sekaligus adanya potensi untuk mendapatkan bunga dengan nilai 8 hingga 12 persen per tahun. Dengan menjadi pemberi pinjaman di Modalku, Anda juga telah memberikan dukungan untuk menunjang kesuksesan UMKM. Sehingga, proses investasi yang Anda lakukan telah membantu mengembangkan perekonomian di Indonesia.

Jadi, tunggu apa lagi, sudah siap untuk mulai berinvestasi pada tahun 2022 ini? Yuk, mulai investasi yang aman dan menguntungkan sekarang juga! Masa muda merupakan waktu tepat untuk berinvestasi. Semakin dini Anda memulainya, semakin besar potensi keuntungan yang bisa Anda dapatkan pada masa depan nanti!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? KlikĀ di sini.

Referensi:

https://market.bisnis.com/read/20211207/189/1474710/daftar-investasi-yang-cocok-untuk-generasi-z-dan-y-saham-finansial-jadi-favorit

https://www.beritasatu.com/ekonomi/863665/investasi-saham-makin-populer-di-kalangan-gen-znbsp

https://katadata.co.id/lavinda/finansial/61ae0bc88cfc9/ada-tiga-sektor-saham-yang-jadi-incaran-investor-milenial-dan-gen-z

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan