3

Manfaat Crowdfunding bagi Pendukung

Adanya crowdfunding mempermudah banyak pihak untuk mengumpulkan dana demi proyek mereka. Hal ini jelas menguntungkan para pencipta proyek karena kelangsungan proyek mereka akan terjamin berkat adanya suntikan dana. Belum lagi adanya manfaat crowdfunding lainnya seperti meningkatnya popularitas proyek itu sendiri sehingga bisa meluaskan daya pikat masyarakat.

Dana yang terkumpul melalui crowdfunding akan digunakan oleh para pencipta untuk melangsungkan proyeknya, namun bagaimana dengan pendukung? Manfaat apa yang akan mereka dapatkan dengan memberikan donasi pada proyek crowdfunding?

Penanaman Modal dengan Cara Baru

Ada empat tipe crowdfunding yang biasa dilakukan. Tiga di antaranya memungkinkan para pendukung untuk mendapatkan imbalan atas dana yang diberikan kepada pencipta proyek. Imbalan tersebut bentuknya bermacam-macam. Pada jenis reward-based crowdfunding, misalnya, pendukung akan mendapat imbalan berupa plakat, tiket gratis menuju event, ucapan terima kasih yang disebar melalui media sosial, dan lain sebagainya.

Di sisi lain, crowdfunding juga dapat berfungsi sebagai sarana penanaman modal dalam cara baru. Adalah model equity-based crowdfunding yang didasarkan pada saham. Sama seperti jenis penanaman modal lain, saham akan naik apabila proyek atau usaha yang didanai berjalan sukses. Sedangkan debt crowdfunding memungkinkan pendukung menerima uang mereka kembali dengan bunga. Tipe satu ini bisa juga disebut dengan pinjaman peer-to-peer lending.

Memperluas Networking

Ketika memutuskan untuk memberikan dana pada proyek crowdfunding tertentu, Anda akan berhubungan dengan para pencipta proyek. Secara otomatis, networking Anda pun semakin luas. Bukan tidak mungkin pula Anda akan bertemu dan berkenalan dengan sesama pendukung yang memberikan dana pada proyek sama. Terlebih jika misalnya proyek yang Anda danai meraih kesuksesan dan pihak pencipta mengundang Anda untuk datang pada event tertentu, hal tersebut dapat menjadi kesempatan bagi Anda untuk bertemu dengan banyak orang dari berbagai bidang. Anda akan memiliki semakin banyak kenalan baru.

Menyalurkan Passion

Anda tidak mungkin berpartisipasi dalam sesuatu yang tidak menarik minat dan perhatian Anda, bukan? Hal tersebut hanya akan membuang tenaga dan waktu. Oleh sebab itu, berikan dana Anda untuk mendukung proyek crowdfunding yang sesuai dengan passion atau bidang kesukaan Anda. Misalnya, Anda memiliki passion terhadap bidang sastra. Ada sekumpulan orang yang hendak mengadakan event sastra dengan tujuan meningkatkan tingkat baca di Indonesia, namun proyeknya terhalang isu finansial sehingga mereka mendaftarkan diri untuk mengadakan crowdfunding.

Anda bisa memberikan dana untuk mendukung proyek event tersebut. Selain membantu melalui aspek finansial, event tersebut juga bisa menjadi sarana untuk menyalurkan passion Anda terhadap bidang sastra. Jangan ragu menggunakan ilmu sastra yang Anda punya untuk memberi masukan, feedback, atau membantu pencipta proyek menentukan keputusan.


Manfaat crowdfunding tidak hanya dirasakan oleh pencipta proyek, tetapi juga para pendukung sebagai pemberi dana. Lebih dari keuntungan dalam bentuk finansial, berbagai kesempatan positif yang akan terbuka berkat pemberian dana crowdfunding tidak akan membuat Anda menyesal. Apakah Anda menjadi tertarik untuk memberikan dana pada proyek crowdfunding?

Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan bunga menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

close

Dapatkan Info Terbaru dari Blog Modalku

Comments 3

  1. Pingback: Keuangan Pribadi di Era Millennial – Modalku

  2. Pingback: Penasaran dengan Dunia Crowdfunding dan P2P Lending? Inilah Berbagai Istilah yang Perlu Anda Tahu – Modalku

  3. Pingback: Penasaran dengan Dunia Crowdfunding dan P2P Lending? Inilah Berbagai Istilah yang Perlu Anda Tahu - Modalku

Leave a Reply