1

4 Tips Ampuh untuk Memiliki Mobil Pertama

Memiliki mobil pertama menjadi impian bagi banyak orang. Apalagi ketika Anda bisa menggunakan mobil tersebut untuk keluarga atau mendatangkan keuntungan yang lebih untuk menambah isi dompet. Jadi dengan memiliki mobil, Anda tidak hanya dapat merasakan alat transportasi yang nyaman, tetapi juga sekaligus bisa menambah penghasilan. Mobil bisa menjadi investasi, singkatnya.

Agar mobil pertama yang Anda impikan semakin cepat terwujud, Ada baiknya Anda memperhatikan tips di bawah ini:

Tetapkan Tenggat Waktu

Hal yang pertama harus Anda lakukan adalah menetapkan deadline atau tenggat waktu. Anda harus berpikir, kira-kira kapan Anda mau mendapatkan mobil tersebut. Setelahnya, hitung berapa uang yang harus Anda tabung per bulan agar setidaknya cukup untuk DP mobil tersebut. Bila Anda tak memberi waktu, pengeluaran yang lain akan cenderung menghabiskan penghasilan hingga akhirnya tak ada sisa untuk menabung demi mobil impian.

Segera Simpan Ketika Mendapat Gaji

Setelah tahu berapa uang yang Anda butuhkan demi mobil pertama, Anda harus langsung menyimpannya ketika gaji turun. Jangan menunda karena penundaan satu hari saja bisa berujung pada penundaan satu bulan. Hasilnya, Anda pun tak jadi menabung. Langsung ambil jumlah uang yang Anda butuhkan dan masukkan ke tempat penyimpanan khusus untuk tabungan mobil impian.

Buat Satu Akun Bank Khusus untuk Tabungan

Bila Anda merasa bahwa cara menabung tradisional itu merepotkan, Anda bisa membuat satu akun bank baru khusus untuk tabungan mobil pertama. Dengan begitu, ketika mendapat gaji, Anda bisa langsung mentransfer uang yang dibutuhkan untuk tabungan mobil tersebut. Jika pergi ke ATM dan melakukan transfer juga masih merepotkan untuk Anda, gunakan fasilitas m-Banking saja. Kalau bisa, aturlah supaya setiap bulan jumlah uang yang harus ditabung untuk mobil dapat secara otomatis ditransfer dari akun gaji ke akun tabungan mobil. Intinya, jangan menunda tabungan ini sedikit pun.

KPM pun Bisa Membantu Anda

Kredit Pemilikan Mobil atau KPM bisa membantu Anda untuk semakin cepat mendapatkan mobil impian. Namun, bukan berarti semua KPM bisa Anda pilih secara asal. Anda harus cermat memilih siapa yang memberikan KPM tersebut. Cara untuk memilih KPM yang baik adalah dengan melihat institusinya. Apakah institusi yang mengisukan KPM terpercaya atau tidak?

Kedua, Anda harus membandingkan harganya. Beberapa memiliki bunga yang lebih tinggi, ada juga yang memiliki jangka waktu pelunasan yang lebih panjang. Pilih yang paling cocok untuk kondisi keuangan Anda saat ini. Bila Anda memang tidak masalah dengan mobil bekas, Anda bisa mencari KPM untuk kendaraan jenis tersebut yang disediakan oleh beberapa bank dan asuransi di Indonesia.

Dilema Kendaraan Pribadi

Meski memiliki kendaraan pribadi menjadi impian banyak orang, ada juga yang merasakan ganjalan ketika menggunakannya. Pasalnya, penggunaan kendaraan pribadi menambah potensi kemacetan dan polusi, terutama di kota besar dan hal ini lah yang ingin diselesaikan oleh pemerintah Indonesia.

Di beberapa negara maju seperti Jepang, para pemilik kendaraan pribadi sangat jarang menggunakannya  karena mereka terbiasa menggunakan transportasi umum. Kendaraan tersebut hanya digunakan seperlunya saja, seperti ketika ingin berwisata sekeluarga atau hal-hal darurat seperti hendak ke rumah sakit di saat jam terakhir kereta sudah lewat.

Namun, di tengah kondisi transportasi umum yang fasilitasnya masih cenderung pas-pasan seperti di Indonesia, menggunakan kendaraan pribadi memang bisa menjadi opsi yang lebih nyaman. Kurangnya jam terbang yang teratur untuk transportasi di Indonesia juga menjadi salah satu alasan mengapa kendaraan pribadi masih sangat diminati di tanah air.


Memiliki mobil pertama tidaklah sesusah yang dibayangkan walau memang membutuhkan usaha. Selama Anda bisa menabung dengan benar atau memilih KPM yang baik, Anda akan bisa mendapatkan mobil tersebut dengan lebih cepat. Ketika sudah memilikinya, Anda juga tak sebaiknya menggunakannya untuk keperluan yang remeh agar bensin tak cepat habis dan polusi yang seharusnya bisa dihindari tak dibuat. Semoga Anda bisa segera memiliki mobil pertama Anda!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, platform peer-to-peer (P2P) lending nomor 1 di Indonesia. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Comments 1

  1. Pingback: Menjaga Agar Smartphone Terus Awet – Modalku

Leave a Reply