Photo by freepik (Freepik.com)
Saat Anda ingin memulai sebuah bisnis, tapi bingung harus mencoba ide seperti apa, cobalah melihat kembali apa passion Anda. Misalnya, kalau Anda adalah pecinta hewan, Anda bisa mempertimbangkan ide bisnis pet shop. Apalagi, hewan peliharaan membutuhkan perawatan yang rutin. Tidak mengherankan kalau prospek bisnisnya menjanjikan. Namun, apa saja yang harus dilakukan untuk memulai bisnis Pet Shop?
1. Buat Rencana Bisnis secara Lengkap
Sebelum memulai bisnis, perencanaan merupakan aspek yang paling penting. Pasalnya, rencana bisnis tidak sederhana dan harus disiapkan dengan matang supaya nanti eksekusinya berjalan sesuai dengan ekspektasi. Beberapa hal yang perlu Anda cantumkan dalam rencana bisnis, terutama pet shop, meliputi konsep bisnis, proyeksi finansial, target pasar, dan strategi marketing.
2. Lakukan Riset Pasar Terlebih Dahulu
Sama halnya dengan berbagai jenis lain, penting untuk melakukan riset sebelum membuka pet shop. Anda perlu mengidentifikasi dengan detail terkait preferensi para owner hewan peliharaan di daerah sekitar. Contohnya, jenis hewan peliharaan yang paling populer, produk makanan hewan yang paling banyak dibeli, dan harga saing yang kompetitif.
3. Pilih Lokasi yang Strategis
Mengingat pet shop umumnya adalah offline store, maka menentukan lokasi pembukaan store akan sangat penting untuk menjangkau konsumen yang tepat. Anda bisa memilih lokasi yang strategis di area yang ramai pemukiman. Sebab, area pemukiman memungkinkan lebih banyak owner hewan peliharaan.
4. Penuhi Persyaratan Hukum yang Ada
Membuka pet shop harus melalui perizinan hukum yang berlaku. Baik perizinan lokasi atau dari aspek lain. Misalnya, Anda ingin membuka toko bersamaan dengan klinik hewan, maka pastikan ada tenaga medis hewan yang juga terlibat di situ.
5. Pilih Supplier yang Berkualitas
Para pecinta hewan biasanya sangat selektif dengan makanan untuk hewan peliharaannya. Oleh sebab itu, sebagai pemilik pet shop, Anda juga harus selektif dalam memilih produk yang berkualitas. Pastikan Anda terhubung dengan supplier terpercaya yang bisa memberikan stok dengan konsisten dan berkualitas.
6. Pastikan Space Toko Memadai
Tidak hanya dalam penggunaan aplikasi, user experience juga sama pentingnya dalam bisnis dengan bentuk pertokoan. Salah satu cara meningkatkannya, yaitu dengan cara menyiapkan ruang toko yang luas dan penempatan stock yang teratur. Selain itu, jika Anda juga menyediakan fasilitas perawatan hewan, maka sediakan ruangan khusus dan pisahkan dengan rak-rak barang. Dengan begitu, baik ruang belanja dan pelayanan tidak saling terganggu satu sama lain.
7. Rekrut Ahli Hewan yang Tepat
Target konsumen mikro pet shop adalah hewan, sedangkan target konsumen makro adalah pemilik hewan itu sendiri. Oleh sebab itu, Anda tetap harus membangun kepercayaan dan kepuasan pelanggan dengan target konsumen makro. Cara yang paling utama adalah dengan merekrut staf yang paham betul soal hewan peliharaan. Kalau perlu, khususkan bagi para pecinta hewan. Dengan begitu, para staf bisa memberikan informasi yang solutif saat pelanggan bertanya tentang produk yang dibutuhkan.
8. Perluas Jangkauan Layanan Yang Ditawarkan
Saat ini, layanan pet shop sudah mulai berkembang, tidak hanya sekedar menjual makanan saja. Namun, ada layanan tambahan lain, seperti grooming, klinik hewan, atau pet hotel. Anda juga bisa mengikuti perkembangan ini supaya semakin banyak konsumen yang membutuhkan produk maupun jasa Anda.
9. Lakukan Pendekatan Ke Komunitas Pecinta Hewan
Salah satu teknik paling mudah untuk menjangkau konsumen adalah melalui komunitasnya. Dengan melakukan pendekatan proaktif pada komunitas pecinta hewan, maka toko Anda bisa lebih dikenal. Misalnya, Anda bisa bergabung dengan acara yang diselenggarakan dan mengajukan diri sebagai sponsor sebagai bentuk promosi. Anda juga bisa memberikan informasi promosi produk di toko Anda lewat grup media sosial komunitas ataupun datang ke acara komunitas secara langsung.
Sebelum mengeksekusi tips di atas, tentunya modal yang cukup diperlukan untuk memulai bisnis pet shop Anda, kan? Kalau butuh bantuan modal, Anda bisa menggunakan layanan yang ditawarkan oleh Modalku! Modalku adalah platform pendanaan terpercaya yang menyediakan layanan pendanaan modal usaha untuk impian bisnis Anda. Tunggu apa lagi? Ayo segera dapatkan dana usahamu di Modalku!