Grup Modalku Ekspansi ke Vietnam

Modalku ekspansi ke Vietnam

Jakarta, 10 Mei 2022 – Grup Modalku atau Funding Societies di Singapura, Malaysia, dan Thailand, resmi meluncurkan Funding Societies di Vietnam. Langkah ini menandai ekspansi pasar kelima dari Grup Modalku. Sejalan dengan visi Funding Societies di negara-negara lain, Funding Societies Vietnam juga berupaya membuka akses pendanaan bagi UMKM-UMKM di sana. Diharapkan dengan layanan tersebut, kesenjangan finansial terhadap UMKM di Vietnam dapat diatasi. 

Menurut Kementerian Perencanaan dan Investasi Vietnam, 98% bisnis yang beroperasi di Vietnam pada tahun 2020 adalah UMKM. Sektor ini telah memberikan lapangan pekerjaan terhadap lebih dari 5,6 juta orang dan menyumbang lebih dari USD 241 miliar atau 40% dari produk domestik bruto (PDB) Vietnam. Meskipun demikian, kesenjangan antara jumlah UMKM terdaftar dengan jumlah bisnis yang beroperasi terus meningkat setiap tahunnya. Hanya 54% UMKM terdaftar yang aktif pada tahun 2019. Akses ke pendanaan tetap menjadi salah satu hambatan terbesar bagi pertumbuhan UMKM Vietnam dan hal ini juga diperburuk oleh pandemi COVID-19.

Reynold Wijaya, Co-Founder & CEO Modalku, mengatakan, “Sejak didirikan pada tahun 2015, visi kami adalah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat di Asia Tenggara dengan membentuk dunia keuangan yang lebih inklusif. Oleh karena itu, Vietnam selalu menjadi bagian dari rencana ekspansi kami. Kondisi pandemi yang sudah mulai menurun merupakan saat yang tepat untuk membangun tim yang solid dengan veteran FinTech lokal, Ryan Galloway, dan mengamankan investasi dari raksasa teknologi VNG. Kami percaya bahwa Vietnam akan menjadi salah satu pasar terbesar kami melihat potensinya yang sangat besar.”

Senada dengan Reynold, Ryan Galloway, Country Director Funding Societies Vietnam, juga mengungkapkan tentang potensi pasar Vietnam. Menurutnya, meski UMKM Vietnam tidak memiliki akses yang setara ke badan usaha permodalan (venture capital) seperti di kawasan Asia Tenggara lainnya, tetapi Vietnam memiliki pangsa pasar yang sama kompetitifnya. Jadi, kami bersemangat untuk mendukung sektor UMKM yang sedang berkembang di negara ini. 

Kelly Wong, Vice President of Game Entertainment and Lead Game Business VNG, juga mengungkapkan pentingnya peran UMKM bagi pertumbuhan ekonomi di Asia Tenggara. Oleh karena itu, mendanai Grup Modalku yang berfokus pada UMKM, sama artinya dengan berkontribusi pada ekonomi Asia Tenggara. “Investasi kami di Grup Modalku sangat sejalan dengan visi misi kami untuk memberikan peluang bagi para pelaku UMKM serta mendorong perkembangan mereka, ujar Kelly Wong. 

Lebih lanjut tentang berita ini di : 


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Tinggalkan Balasan