Arus Kas Bisnis Lebih Lancar dengan Pinjaman Online Invoice Financing

Saat menjalankan bisnis, ada banyak tantangan yang harus Anda hadapi, salah satunya tersendatnya arus kas. Kelancaran arus kas bisnis diperlukan untuk kemajuan bisnis secara keseluruhan. Itulah kenapa lamanya waktu yang dibutuhkan pelanggan untuk melunasi invoice bisa jadi masalah. Sebagai solusi, Anda bisa memanfaatkan pinjaman online invoice financing.

Cocok dipakai untuk UKM, invoice financing membantu kelancaran bisnis tanpa perlu repot mengajukan dana pinjaman ke bank. Anda bisa menggunakan dana yang diperoleh dari pinjaman online ini untuk mengembangkan bisnis. Bagaimana caranya? Berikut informasinya.

Apa itu Invoice Financing?

Ditujukan untuk UKM, invoice financing merupakan jenis pinjaman modal kerja yang menjadikan invoice pelanggan yang belum dibayar sebagai jaminan. Seperti yang disebutkan sebelumnya, pelanggan yang butuh waktu cukup lama untuk melunasi tagihan invoice bisa menghambat arus kas bisnis. Padahal, dana tersebut dibutuhkan untuk menjalankan bisnis seperti biasa dan kebutuhan lainnya.

Ingin tahu Invoice Financing di Modalku? Klik di sini!

Lewat invoice financing, Anda bisa memperoleh pinjaman dana untuk menjalankan operasional bisnis dan memperlancar arus kas bisnis yang sempat tersendat karena pelanggan belum membayar invoice. Sejumlah dana yang Anda peroleh dari invoice financing dapat dipakai untuk kebutuhan bisnis selagi menunggu pelanggan melunasi invoice yang belum terbayar.

Bagaimana Cara Kerja Invoice Financing?

Cara kerja pinjaman online invoice financing cukup sederhana. Anda hanya butuh invoice yang belum terbayar dan menggunakannya sebagai jaminan untuk memperoleh dana. Sebelum mengajukan invoice financing, berbagai dokumen bisnis seperti NPWP, SIUP, hingga akta perusahaan harus Anda kirimkan. Lender (pemberi pinjaman) kemudian akan melakukan analisis data untuk memutuskan persetujuan invoice financing.

Apabila pengajuan invoice financing Anda disetujui, umumnya jumlah limit dan bunga pinjaman akan ditetapkan oleh lender. Bunga yang dipungut oleh lender berada pada kisaran 1-2% per bulan. Sebagai peminjam, Anda bisa berdiskusi mengenai limit dan bunga pinjaman tersebut dan jika tercapai kesepakatan, Anda dapat mengajukan pinjaman.

Saat Anda mengajukan pinjaman online invoice financing, lender akan melakukan verifikasi invoice terhadap pelanggan. Sebanyak 70-80% dari total invoice akan dicairkan oleh pihak lender jika pelanggan membenarkan invoice tersebut. Setelah nantinya pelanggan melunasi invoice, Anda bisa melunasi invoice financing kepada lender dengan bunga awal yang telah disepakati.

Apa Saja Manfaat Mengajukan Invoice Financing?

Invoice financing bermanfaat bagi bisnis untuk memperoleh dana yang dibutuhkan demi kelancaran usaha. Selain itu, invoice financing juga menawarkan banyak keuntungan lain. Salah satunya adalah prosesnya yang mudah dan tidak memakan waktu lama.

Umumnya, proses invoice financing relatif lebih cepat daripada jenis pinjaman lain. Dalam waktu dua hari saja, proses invoice financing bisa selesai dan dana akan langsung cair sehingga dapat dipakai untuk biaya operasional bisnis selagi menunggu pelanggan melunasi invoice.

Selain itu, pinjaman online invoice financing juga membantu arus kas bisnis lebih lancar. Kelancaran arus keuangan bergantung pada pembayaran invoice pelanggan sehingga invoice financing berperan menutup biaya operasional agar bisnis tetap bisa berjalan dengan baik.

Arus kas bisnis makin lancar dengan Invoice Financing!

Manfaat invoice financing selanjutnya yang tidak kalah penting adalah proses pengajuan pinjaman yang lebih mudah. Beda dari bank yang biasanya mewajibkan agunan berupa aset tetap, pinjaman invoice financing hanya memerlukan invoice sebagai jaminan pinjaman.

Mempertimbangkan berbagai manfaat invoice financing, Anda sebagai pemilik usaha sekarang bisa mengajukan pinjaman online dengan mudah. Pastikan saja Anda teliti dalam memilih penyedia invoice financing. Pilih penyedia invoice financing yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar aman dan bisa diandalkan.

Di Mana Anda Bisa Mendapatkan Invoice Financing? 

Tidak perlu bingung mencari penyedia invoice financing yang aman karena sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK, Anda bisa memilih layanan layanan invoice financing dari Modalku. Sebagai platform pendanaan digital bagi UMKM berbasis teknologi finansial di Indonesia yang melayani invoice financing, Anda tidak perlu ragu untuk mengajukan pinjaman kepada Modalku.

Dana yang bisa Anda peroleh dari invoice financing Modalku mencapai Rp 2 miliar dengan tenor 15-90 hari, mengikuti siklus dan tenggat waktu invoice pada umumnya. Jadi, pikirkan baik-baik tentang kemampuan Anda untuk membayar pinjaman sebelum jatuh tempo. Klik tombol di bawah ini untuk mendapatkan Invoice Financing!

Dapatkan Invoice Financing!

Mengingat fungsi utama invoice financing adalah membantu arus kas usaha agar mampu berkembang sebagaimana mestinya, Anda perlu tegas dalam memastikan pelanggan tepat waktu membayar invoice. Jangan sampai Anda jadi terlilit utang karena pelanggan yang telat membayar invoice bisa membuat Anda terlambat melunasi pinjaman online invoice financing

Sudah yakin menggunakan pinjaman online invoice financing untuk kelancaran arus kas bisnis Anda? Pastikan Anda menggunakannya dengan bijaksana. Semoga bermanfaat!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. 

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply