1

Menjadi Pemilik Modal yang Bijak dalam Berinvestasi

Bagi para investor, Indonesia adalah surganya investasi. Hal ini disebabkan karena Indonesia merupakan salah satu pasar paling potensial di kawasan Asia. Bahkan pada tahun 2018 ini, tren investasi di Indonesia juga mengalami peningkatan. Status Indonesia sebagai negara berkembang semakin meningkatkan dorongan investasi dari dalam maupun luar negeri. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mulai investasi apabila Anda sudah memiliki modal.

Banyak orang yang masih ragu dalam berinvestasi karena takut menanggung risiko. Memang, semua investasi memiliki risiko. Tetapi keuntungan yang dihasilkan oleh investasi dapat mengungguli tingkat risikonya. Jadi, menggunakan modal yang Anda miliki untuk berinvestasi adalah keputusan yang baik bagi keuangan pribadi Anda. Anda hanya perlu menjadi pemilik modal yang bijak dalam berinvestasi. Bagaimana caranya? Berikut informasi lengkapnya!

Cara Bijak Menggunakan Modal untuk Berinvestasi

Saat memiliki sejumlah dana untuk modal investasi, Anda harus mengelolanya dengan bijaksana. Jika tidak, modal yang Anda punya justru bisa jadi sumber bencana. Anda bisa saja merugi karena menginvestasikannya dengan cara yang salah. Bukannya bertambah, modal yang Anda berikan bahkan bisa menghilang. Oleh karena itu, sudah seharusnya Anda memilih cara berinvestasi yang tepat untuk memanfaatkan modal yang Anda punya.

Berinvestasi bukanlah hal yang mudah, namun tidak sulit untuk dipelajari. Anda hanya perlu mencari celah untuk melakukan investasi yang tepat. Berikut beberapa cara bijak menggunakan modal untuk berinvestasi yang bisa Anda ikuti:

  • Jangan letakkan semua modal dalam satu jenis investasi

Anda harus bijak dalam menggunakan modal, salah satunya adalah dengan tidak menghabiskan seluruh modal pada satu jenis investasi. Menghabiskan modal untuk satu jenis investasi memiliki risiko tinggi. Jika gagal, modal yang Anda keluarkan akan hilang begitu saja. Hal ini disampaikan oleh Warren Buffet dan menjadi panduan bagi banyak investor dalam mengantisipasi risiko investasi.

  • Mulai sejak dini

Jangan menghabiskan waktu untuk ragu-ragu. Jika Anda sudah memiliki modal yang cukup, tidak perlu terlalu lama menunggu. Mulailah sedini mungkin investasi, bangun pengalaman dengan nilai investasi kecil-kecilan. Yang penting adalah membangun pengalaman dan rasa percaya diri dalam berinvestasi agar ke depannya Anda lebih mudah meraih keuntungan.

  • Buat strategi

Jangan mudah tergiur menanamkan modal karena iming-iming untung besar. Bisa saja itu penipuan. Dalam investasi, semakin tinggi potensi keuntungan, maka semakin tinggi tingkat risikonya. Anda harus pintar dan bijak dalam mempertimbangkan risiko yang ada. Mulailah berinvestasi dengan bekal pengetahuan, analisis, dan strategi yang tepat agar investasi Anda berhasil.

P2P Lending  Bisa Menjadi Pilihan 

Alternatif investasi peer-to-peer (P2P) lending dapat menjadi pilihan menarik bagi Anda. Dalam platform alternatif investasi ini, Anda dapat “mengendalikan” risiko dengan melakukan diversifikasi pemberian pinjaman. Selain itu, Anda juga dapat membantu para UMKM mengembangkan usahanya. Jika tertarik melakukan alternatif investasi online P2P lending, Anda dapat memanfaatkan platform terpercaya seperti Modalku. Berikut beberapa informasi mengenai Modalku yang perlu Anda ketahui:

Lebih lanjut: “Seperti Apa Alternatif Investasi Modalku?”

  • Merupakan platform P2P lending terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara.
  • Sebagai alternatif investasi, Modalku terbukti mampu menghasilkan return yang menjanjikan, hingga 20% per tahun.
  • Jika Anda tertarik membantu usaha UMKM berkualitas di Indonesia, maka Anda layak mencoba alternatif investasi satu ini. Dengan langkah screening yang ketat terhadap para calon peminjam, Modalku dapat mempertahankan kepercayaan yang diberikan para pemberi pinjaman.

Jadilah pemilik modal yang bijak dalam berinvestasi agar Anda dapat menghasilkan keuntungan maksimal. Jika tidak dikelola dengan baik, modal yang Anda miliki justru bisa menjadi sumber bencana. Ikutilah beberapa tips memanfaatkan modal yang bijak dalam berinvestasi agar Anda dapat meraih hasil yang diharapkan. Semoga bermanfaat!

Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan bunga menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Subscribe

* indicates required

Comments 1

  1. Pingback: Part 1: Berinvestasi di Bisnis Teman, Pilihan Menarik dan Bermanfaat - Modalku

Tinggalkan Balasan