Kondisi ekonomi dalam negeri maupun global tidak akan selamanya stabil. Selalu ada saat naik turunnya. Begitu pula dengan kondisi keuangan pribadi. Stabilitas finansial yang Anda miliki saat ini belum tentu bisa Anda nikmati beberapa tahun kemudian bila Anda menyia-nyiakan kondisi tersebut. Salah satu cara yang banyak dilakukan oleh masyarakat kita adalah menabung. Selain menabung, juga disarankan melakukan aktivitas investasi ataupun alternatif investasi.

Untuk membuat rencana keuangan pribadi yang sesuai, Anda perlu memikirkan apa sebenarnya tujuan jangka panjang Anda. Apa saja yang bisa didapatkan dari uang dan aset yang Anda miliki ke depannya?

Kebebasan Finansial

Semua orang pasti menginginkan kebebasan finansial. Kebebasan finansial merupakan saat ketika Anda tidak perlu khawatir dengan kondisi finansial Anda karena telah berhasil membuat uang bekerja untuk Anda. Hal ini tentu tak dapat dicapai dalam waktu singkat, tapi juga bukan berarti tidak mungkin. Anda dapat memanfaatkan uang dan aset yang Anda miliki sekarang ini untuk membangun kebebasan finansial di kemudian hari. Misalnya dengan membeli properti untuk disewakan atau menjadi pemberi pinjaman untuk usaha kecil sukses.

Memiliki Rumah

Ini adalah tujuan yang hampir diinginkan oleh setiap orang. Harga properti yang kian lama makin melonjak naik membuat orang ingin memilikinya secepat mungkin. Salah satu usaha yang bisa dilakukan adalah dengan KTA.

Karena mendapatkan pinjaman dana tunai bukan hal yang mudah saat ini, ada baiknya Anda menabung. Lalu, begitu uang sudah terkumpul hingga jumlah tertentu, belilah rumah dengan sistem KPR dengan jangka waktu pinjaman tidak lebih dari 10 tahun. Setelah 10 tahun, aset ini bisa menjadi milik Anda secara utuh dan Anda pun tidak perlu mencari pinjaman uang untuk membelinya di masa depan dengan harga yang sudah sangat mahal.

Membangun Bisnis

Menabung memang bagus, tapi akan lebih baik lagi jika Anda bisa membuat uang tersebut bertambah. Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan memulai usaha baru. Tak perlu yang besar, usaha kecil menengah pun bisa menjadi langkah awal Anda dalam memanfaatkan tabungan yang ada. Daripada pinjam uang di bank, lebih baik memakai uang tabungan sendiri karena Anda tidak akan terbebani dengan bunga ke depannya.

Selain itu, bisnis internet pun juga bisa Anda coba. Untuk yang satu ini, Anda tidak memerlukan modal usaha terlalu banyak. Banyak usaha online modal kecil yang bisa Anda pilih seperti menawarkan jasa menulis atau desain grafis jika itu memang hobi Anda.

Pensiun

Anda tidak akan selamanya bekerja, bukan? Menginjak usia tertentu, perusahaan akan memberhentikan Anda dengan sejumlah pesangon. Pesangon ini tentunya tidak cukup untuk menutup kebutuhan hidup. Begitu pun jika Anda seorang pegawai negeri yang akan mendapatkan uang pensiunan berkala. Untuk menyiapkan kondisi finansial agar tetap stabil setelah pensiun, ada baiknya Anda melakukan alternatif investasi ketika masih muda. Hal ini bisa Anda lakukan dengan membuka usaha sampingan tertentu atau menjadi pemberi pinjaman peer-to-peer (P2P) lending.


Manfaatkan uang dan aset yang Anda miliki untuk mendapatkan manfaatnya di kemudian hari. Kelola uang dengan cermat. Menjadi seorang yang cerdas finansial itu perlu karena dampaknya akan Anda rasakan untuk sekeluarga.

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, platform peer-to-peer (P2P) lending nomor 1 di Indonesia. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.